Home » Tehnik » Cara Melepas Mata Gerinda Tanpa Kunci

Cara Melepas Mata Gerinda Tanpa Kunci

cara+melepas+mata+gerinda
Cara Melepas Mata Gerinda

Cara Melepas Mata Gerinda Tanpa Kunci – Dalam melakukan penggantian mata gerinda, langkah awal adalah melepas mata gerinda dari tempatnya. Untuk melepas mata gerinda, umumnya menggunakan kunci pembuka flange (penjepit). Lalu, bagaimana jika kunci tersebut tidak ada?

Kunci mata gerinda merupakan sebuah alat yang memiliki desain khusus untuk melepas mata gerinda. Kunci ini memiliki dua tonjolan pada ujungnya. Tonjolan tersebut berfungsi untuk memutar flange atau penjepit mata gerinda.

Jika kunci tersebut tidak ada atau hilang, maka untuk melepas mata gerinda akan menjadi susah. Jika mengalami hal seperti itu, maka kita harus mencari cara untuk membuka mata gerinda. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara melepas mata gerinda tanpa kunci.

Cara Melepas Mata Gerinda Tanpa Kunci

Terdapat beberapa alternatif untuk melepas mata gerinda tanpa menggunakan kunci flange. Berikut merupakan alternatif yang dapat diterapkan untuk melepas mata gerinda tanpa menggunakan kunci.

1. Memutar Dengan Tangan

Alternatif pertama untuk melepas mata gerinda tanpa kunci yaitu memutar langsung dengan menggunakan tangan. Kita perlu menyiapkan kain atau sarung tangan yang tebal untuk memutar mata gerinda.

Cara melepas mata gerinda dengan tangan langkah-langkahnya adalah menekan tombol penahan putaran yang terletak di kepala mesin gerinda. Kemudian pegang mata gerinda dengan erat dan putar mata gerinda ke arah berlawanan jarum jam. Jika berhasil, maka flange pengunci akan terlepas dengan sendirinya.

Baca Lainnya :   Tanda-Tanda Otomatis Pompa Air Rusak

2. Menggunakan Tang Jepit

Jika memutar dengan tangan tidak membuahkan hasil, kita dapat menggunakan alternatif kedua, yaitu dengan menggunakan tang jepit. Tang jepit atau tang buaya adalah jenis tang yang memiliki pengunci.

Untuk melepas mata gerinda dengan menggunakan tang jepit, langkah-langkahnya adalah jepit flange mata gerinda dengan tang jepit, kemudian kunci tang agar tidak lepas. Sambil menekan tombol penahan putaran mata gerinda, putarlah flange ke arah berlawanan dengan arah jarum jam). Maka flange mata gerinda akan terbuka.

3. Menggunakan Pahat

Jika langkah-langkah di atas masih belum membuahkan hasil, maka cara yang terakhir adalah menggunakan pahat. Namun cara ini memerlukan dua orang untuk melakukannya. Satu orang bertugas menekan tombol penahan, sedangkan orang satunya lagi memutar flange menggunakan pahat.

Langkah-langkahnya adalah tekan tombol penahan, kemudian letakan ujung pahat pada salah satu lubang yang terdapat pada flange. Setelah itu, pukulan pahat secara perlahan ke arah berlawanan jarum jam. Setelah flange berputar, tinggal putar dengan tangan.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana melepas mata gerinda tanpa kunci. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top