Home » Tehnik » Perawatan Dan Pemeliharaan Mesin Genset

Perawatan Dan Pemeliharaan Mesin Genset

perawatan+dan+pemeliharaan+mesin+genset
Perawatan Dan Pemeliharaan Mesin Genset

Perawatan Dan Pemeliharaan Mesin Genset – Mesin genset adalah sebuah mesin yang dapat menghasilkan energi listrik. Sebagai peralatan yang sangat penting, maka perawatan dan pemeliharaan mesin genset harus benar-benar diperhatikan.

Tujuan dari perawatan pada mesin genset yaitu agar performanya tetap optimal. Selain itu, melakukan pemeliharaan mesin genset yang benar juga dapat mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi.

Nah, agar mesin genset yang kita miliki awet dan tetap optimal, berikut akan diberikan beberapa tips mengenai cara melakukan perawatan dan pemeliharaan pada mesin genset yang benar.

Perawatan Dan Pemeliharaan Mesin Genset

Berikut merupakan beberapa upaya untuk merawat dan melakukan pemeliharaan yang benar pada mesin genset.

1. Penggantian Oli Mesin Secara Teratur

Mesin genset umumnya memiliki penggerak mesin bensin dan mesin diesel. Kedua jenis mesin tersebut memiliki sistem pelumasan berupa oli (minyak pelumas).

Jika mesin genset digunakan untuk keperluan sehari-hari, maka perlu melakukan penggantian oli mesin secara teratur. Hal itu dikarenakan oli mesin memiliki batasan yang harus diganti agar performa mesin tetap optimal.

Jika oli mesin jarang diganti, maka performa mesin akan menurun. Oleh sebab itu, pengecekan dan pergantian oli mesin pada mesin genset harus dilakukan secara rutin. Umumnya, waktu ideal mengganti oli pada mesin genset yaitu 100 jam pemakaian.

2. Menghidupkan Genset Secara Berkala

Ketika mesin genset hanya digunakan sewaktu-waktu saja atau ketika terjadi pemadaman listrik, sebaiknya dipanasi secara berkala. Tujuannya adalah agar tidak muncul korosi pada komponen yang terletak di dalam mesin genset.

Baca Lainnya :   Cara Membersihkan Kipas Angin Yang Benar

Waktu yang disarankan untuk memanaskan mesin genset yaitu 2 kali seminggu selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Namun, jika mesin genset digunakan untuk keperluan sehari-hari, maka tidak perlu dipanaskan.

3. Jangan Menggunakan Genset Melebihi Kapasitas

Setiap mesin genset memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Jika akan menggunakan mesin genset, perhatikanlah kapasitasnya. Jangan sampai menggunakan mesin genset melebihi kapasitas yang tertera.

Menggunakan mesin genset dengan melebihi kapasitasnya akan menimbulkan kerusakan pada mesin genset itu sendiri. Oleh sebab itu, janganlah melebihi kapasitas yang tertera agar tidak terjadi permasalahan pada mesin genset.

4. Perhatikan Cara Mematikan Genset Yang Benar

Salah satu hal yang sering dilakukan pada saat mematikan mesin genset bensin yaitu menutup choke yang berada di karburator. Cara tersebut merupakan cara yang salah dalam mematikan mesin genset.

Jika menutup choke untuk mematikan mesin genset, akan mengakibatkan busi hitam dan menyebabkan mesin genset susah dihidupkan. Untuk itu, ketika akan mematikan mesin genset, sebaiknya langsung menekan tombol/saklar ke posisi off.

5. Melepas Aki Ketika Tidak Digunakan

Ketika mesin genset akan di simpan dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskan aki (batteray).Jika aki terus terpasang, maka aki akan mengalami penurunan voltase yang mengakibatkan tegangan arus berkurang.

Jika voltase aki menurun, maka aki tersebut tidak akan kuat menghidupkan mesin genset. Jika terjadi masalah seperti ini, maka lakukan pengecasan aki terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk menghidupkan mesin genset.

Baca Lainnya :   Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

Demikianlah informasi mengenai beberapa tips merawat dan memelihara pada mesin genset agar awet. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top