Home » Tehnik » Penyebab Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik

Penyebab Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik

penyebab+genset+et-950+tidak+keluar+listrik
Penyebab Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik

Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik – Genset dengan tipe ET-950 merupakan mesin genset berkapasitas sekitar 650 watt. Sebagai sebuah mesin, bukan tidak mungkin mesin genset mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah tidak keluar arus listrik.

Mesin genset yang tidak keluar arus listrik, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, umumnya karena kesalahan penggunaan yang mengakibatkan komponen mengalami kerusakan.

Untuk memperbaiki mesin genset ET-950 sebenarnya tidak begitu sulit. Karena genset tipe ini memiliki komponen yang tidak begitu rumit. Meskipun begitu, kita harus tetap mengetahui apa saja penyebab genset ET-950 tidak keluar arus listrik.

Penyebab Genset ET-950 Tidak Keluar Listrik

Secara sederhana, untuk mengetahui penyebab mesin genset tidak keluar listrik adalah dengan meneliti semua komponen kelistrikan. Namun, beberapa komponen dapat menjadi penyebabnya, diantaranya yaitu:

1. Kabel Putus

Ketika mesin genset tidak mengeluarkan arus listrik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah meneliti jalur kabel. Mungkin bisa jadi karena terdapat kabel putus yang keluar dari jalur generator.

Periksa dengan seksama seluruh jalur kabel yang ada, jika mendapati kabel yang putus, segera perbaiki dengan menyambung ulang dan bungkus dengan isolatif.

2. Circuit Breaker Rusak

Circuit breaker merupakan saklar otomatis yang berfungsi sebagai pengaman. Ketika pemakaian daya listrik melebihi kapasitas genset, maka tombol circuit breaker akan memutuskan arus listrik.

Baca Lainnya :   Cara Memasang CDI Genset Bensin

Ketika terjadi masalah arus listrik genset tidak keluar, cobalah tekan tombol circuit breaker. Namun jika tidak kembali seperti semula, maka artinya circuit breaker rusak dan harus diganti.

3. Kapasitor Rusak

Sama halnya dengan circuit breaker, jika pemakaian daya listrik berlebihan, maka akan mengakibatkan kapasitor genset rusak. Kerusakan kapasitor biasanya ditandai oleh fisik yang mengembang atau meleleh.

Kapasitor pada genset ET-950 biasanya berbentuk kotak dan terletak dibagian belakang papan panel. Jika sampai kapasitor rusak, maka sebaiknya diganti dengan ukuran yang sesuai.

4. Resistor Gulungan Generator Putus

Resistor pada genset ET-950 terletak di dalam gulungan generator atau tepatnya di bagian lilitan kawat tembaga. Jika resistor putus, maka aliran listrik dari gulungan generator tidak dapat mengalir keluar.

Nah, untuk mengatasi masalah genset ET-950 tidak keluar arus listrik yang disebabkan oleh kerusakan resistor, sebaiknya ganti resistor yang putus tersebut dengan yang baru sesuai ukurannya.

5. Generator Terbakar

Penyebab paling fatal mesin genset tidak keluar listrik adalah generator terbakar. Generator yang terbakar dapat ditandai oleh adanya asap yang keluar dari generator. Selain itu, bisa juga terlihat dari gulungan lilitan tembaga yang berubah menjadi gelap.

Jika generator terbakar, silahkan diperbaiki dengan cara digulung ulang pada bengkel dinamo. Namun, ada juga beberapa dealer genset yang menyediakan generator untuk genset ET-950.

Baca Lainnya :   Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Mati Total

Demikianlah informasi mengenai faktor apa saja menyebabkan mesin genset tipe ET-950 tidak keluar arus listrik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top