Home » Tehnik » Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya

Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya

macam+macam+power+tools
Macam-Macam Power Tools

Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya – Power tools adalah peralatan bertenaga yang dioperasikan tidak dengan tenaga manusia, melainkan dioperasikan menggunakan sumber penyedia tenaga, seperti listrik, pneumatic, atau hidrolik.

Diantara fungsi power tools yaitu untuk mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan. Berbeda dengan penggunaan hand tools yang pada dasarnya memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Power tools memiliki beberapa jenis. Diantaranya yaitu hand grinder, impact, drill, dan lain-lain. Setiap jenis power tools memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut akan dibahas mengenai beberapa jenis power tools beserta gambar dan fungsinya.

Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya

Berikut merupakan macam-macam jenis power tools yang sering digunakan dalam pekerjaan dan fungsinya masing-masing.

1. Hand Drill

hand+drill
Hand Drill

Hand drill atau bor tangan adalah alat yang berfungsi untuk membuat lubang. Bor tangan sendiri memiliki beberapa jenis sesuai penggunaannya. Dalam penggunaanya, bor tangan tersedia dengan kabel, batrei, atau tenaga pneumetik.

2. Hand Grinder

hand+grinder
Hand Grinder

Hand Grinder atau gerinda tangan adalah alat yang berfungsi untuk berbagai jenis pekerjaan. Misalnya untuk memotong, meratakan, menghaluskan, dan proses finishing.

Dalam penggunaan mesin gerinda tergantung dari jenis mata gerindanya masing-masing. Mulai dari yang fungsinya sebagai pemotong, penggerus, ampelas, sampai bentuk kain untuk polishing.

3. Bench Grinder

bench+grinder
Bench Grinder

Bench grinder atau gerinda duduk adalah alat yang digunakan untuk menggerinda, baik meratakan maupun menghaluskan. Alat ini menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya.

Baca Lainnya :   Bagian-Bagian Mesin Gerinda Silindris Dan Fungsinya

Berbeda dengan hand grinder yang mudah dibawa kemana-mana, bench grinder umumnya tertanam pada meja kerja.

4. Portable Impact Wrench

portable+impact+wrench
Portable Impact Wrench

Portable impact wrench atau kunci impact adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan dan memengendurkan mur/baut dengan sangat kuat dan cepat.

Alat ini memiliki ukuran yang besar yang biasanya digunakan untuk mengendurkan baut/mur dengan sangat cepat.

Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Diantara jenis yang paling sering digunakan adalah bentuk pistol dan tuas.

5. Pneumetik Screwdriver

pneumetic+screwdriver
Pneumetic Screwdriver

Pneumetik screwdriver atau obeng penumetik adalah alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan mekanik. Obeng pneumetik digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan scrup yang memiliki tingkat kekencangan yang tinggi.

Bentuk obeng penumetik hampir sama dengan kunci impact, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil.

6. Air Chisel

air+chisel
Air Chisel

Air chisel adalah alat yang berfungsi sebagai pemahat. Cara kerjanya hampir sama dengan jackhammer (alat pelubang beton), tetapi memiliki cycling rate yang lebih cepat.

Bentuk air chisel menyerupai impact wrench dengan kepala socket yang berbeda. Sama seperti jenis power tools lainnya, air chisel memerlukan pelumasan yang teratur.

7. Air Duster

air+duster
Air Duster

Air duster atau air gun adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada celah-celah sempit dengan menyemprotkan angin bertekanan tinggi. Alat ini menggunakan tenaga pneumetik.

Contoh penggunaan air gun adalah pada proses servis mesin, membersihkan filter udara, dan lain-lain.

Baca Lainnya :   Cara Mengganti Carbon Brush Mesin Gerinda Tangan

Demikianlah informasi mengenai macam-macam power tools beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top