Home » Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air

Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air

cara+mengganti+mekanikal+seal+pompa+air
Mekanikal Seal Pompa Air

Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air – Mekanikal seal merupakan salah satu komponen penting pada pompa air. Jika komponen ini rusak, maka dapat menyebabkan air tidak dapat naik. Ketika mekanikal seal rusak, maka harus segera diganti. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengganti mekanikal seal pada pompa air.

Pada umumya, kerusakan awal pada komponen mekanikal seal dapat ditandai oleh adanya tetesan air yang keluar pada poros yang menuju ruang pompa. Jika hal tersebut dibiarkan, maka dapat mengakibatkan air tidak dapat naik ke permukaan atau mesin pompa air tidak dapat menghisap air dari sumbernya.

Jika pompa air mengalami gejala seperti di atas, maka dapat dipastikan bahwa mekanikal seal rusak. Untuk mengganti mekanikal seal yang rusak, maka harus dilakukan dengan benar. Karena jika pemasangannya salah, maka masalah tidak akan teratasi. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah yang benar mengganti mekanikal seal pada mesin pompa air.

Baca Lainnya :  Pompa Air Untuk Rumah 2 Lantai

Cara Mengganti Mekanikal Seal Pompa Air

Untuk melakukan penggantian mekanikal seal, kita harus membongkar beberapa komponen mesin pompa air. Oleh sebaba itu, sebelum melakukan pembongkaran, pastikan telah memahami cara kerja dan bagian-bagian pada mesin pompa air. Sehingga tidak terjadi masalah baru ketika melakukan penggantian. Adapun langkah-langkah mengganti mekanikal seal pompa air adalah sebagai berikut:

  • Mulailah dengan membukan cover impeller pompa air dengan melepas baut penguncinya. Kemudian lepaskan cover dengan cara mengetuk pada sisinya secara bergantian. Lepaskan jugat o-ringnya (karet pelapis).
  • Setelah cover impeller terlepas, lepaskan impeller dengan menggunakan tracker bearing. Jika impeller sudah terlepas, ambil spi (bantalan penahan) impeller yang terletak pada poros.
  • Kemudian lepaskan snap ring (ring penahan) mekanikal seal. Setelah itu, ambil mekanikal sealnya. Untuk pasangan mekanikal seal bagian dalam, kita dapat melepasnya dengan menggunakan ujung obeng pipih.
  • Setelah mekanikal seal terlepas, bersihkan tempatnya sampai bersih.
  • Pastikan mekanikal seal yang akan dipasang, memiliki ukuran sama.
  • Pasanglah mekanikal seal bagian dalam terlebih dahulu. Jika susah, silahkan olesi dengan oli atau grace agar lebih mudah memasangnya.
  • Setelah itu, pasanglah pasangan mekanikal seal sesuai alurnya. Perhatikan posisinya jangan sampai terbalik.
  • Setelah mekanikal seal terpasang, pasangkembali snap ringnya. Kemudian, pasang juga spi impeller.
  • Pasanglah impeller dengan posisi seperti semula dan jangan sampai terbalik.
  • Pasang kembali cover impeller dan pastikan o-ringnya juga terpasang dengan benar. Kemudian kencangkan baut penguncinya.
Baca Lainnya :  Cara Mengatasi Genset Diesel Tidak Mau Hidup

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengganti mekanikal seal pada mesin pompa air. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top