Home » Tehnik » Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Mati Total

Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Mati Total

cara+memperbaiki+mesin+gerinda+mati
Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Mati

Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Mati Total – Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin gerinda adalah mesin mati atau tidak bisa dihidupkan. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara memperbaiki mesin gerinda yang mati total.

Mesin gerinda adalah mesin yang digunakan untuk memotong, meratakan, serta membentuk benda kerja. Mesin ini menggunakan energi listrik. Sehingga, jika mesin gerinda mati, maka kemungkinan besar disebabkan oleh komponen elektriknya yang bermasalah.

Permasalahan mesin gerinda yang mati total dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kabel putus, saklar tidak berfungsi atau kerusakan pada komponen elektrik lainnya. Cara memperbaiki mesin gerinda mati total akan dijelaskan berikut ini.

Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Mati Total

Berikut merupakan beberapa penyebaba mesin gerinda mati total dan cara memperbaikinya.

1. Kabel Power Putus

Kabel power pada mesin gerinda merupakan media penghubung antara mesin gerinda dengan sumber listrik. Jika kabel power putus, maka aliran listrik tidak sampai ke mesin. Sehingga mesin gerinda pun tidak dapat hidup.

Jika kabel power mesin gerinda putus, maka untuk memperbaikinya yaitu dengan cara menyambungkan kembali kabel tersebut. Atau bisa juga mengganti dengan kabel yang baru.

2. Saklar Tidak Berfungsi

Penyebab kedua mesin gerinda mati total adalah saklar tidak berfungsi. Saklar merupakan alat yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutus arus listrik. Pada mesin gerinda, saklar digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin.

Baca Lainnya :   Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

Jika saklar pada mesin gerinda mengalami kerusakan, maka aliran listrik yang berasal dari sumber listrik tidak akan sampai ke mesin gerinda. Sehingga mesin gerinda pun tidak dapat dihidupkan.

Untuk mengatasi masalah mesin gerinda mati total yang disebakan oleh saklar, maka untuk memperabikinya yaitu dengan mengganti saklar yang rusak dengan saklar yang baru.

3. Carbon Brush Habis

Penyebab selanjutnya dari kerusakan mesin gerinda mati total adalah carbon brush habis. Carbon brsuh merupakan komponen penghantar arus listrik dari stator ke rotor. Jika carbon brush pada mesin gerinda habis, maka aliran listrik tidak akan sampai ke rotor.

Jika terjadi masalah seperti itu, maka mesin gerinda tidak akan bisa dihidupkan. Untuk mengatasi masalah seperti ini sangat sederhana, yaitu dengan mengganti carbon brush yang telah habis dengan carbon brush yang baru.

4. Rotor Dan Stator Terbakar

Penyebab lainnya dari mesin gerinda mati total adalah rotor dan stator terbakar. Rotor dan stator yang terbakar dapat ditandai oleh lapisan rotor atau stator hangus. Bisa juga ditandai oleh adanya bekas gesekan pada dinding rotor dan stator.

Gesekan antara rotor dan stator akan mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek yang mengakibatkan kedua bagian tersebut terbakar. Penyebab gerakan rotor dan stator bergesekan biasanya disebabkan oleh adanya bearing rotor yang rusak yang mengakibatkan putaran rotor tidak stabil.

Baca Lainnya :   Power Tools Produk Jepang

Untuk mengatasi masalah mesin gerinda mati total yang disebabkan oleh rotor dan stator yang terbakar, kita dapat mengganti kedua komponen tersebut dengan yang baru.

Namun, jika kondisi rotor dan stator telah terbakar, sebaiknya membeli mesin gerinda yang baru. Karena biaya untuk mengganti kedua komponen tersebut hampir sama dengan harga mesin gerinda baru.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara memperbaiki mesin gerinda yang mati total. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top