Home » Tehnik » Cara Kerja Mesin Pompa Air Listrik

Cara Kerja Mesin Pompa Air Listrik

cara+kerja+mesin+pompa+air+listrik
Cara Kerja Pompa Air

Cara Kerja Mesin Pompa Air Listrik – Pompa air listrik merupakan jenis pompa air yang menggunakan mesin penggerak elektromotor. Melalui putaran yang dihasilkan oleh elektromotor, pompa air akan bekerja menghisap dan mendorong air. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara kerja mesin pompa air listrik.

Pada umumnya, prinsip kerja pompa air adalah memanfaatkan energi putar. Pada mesin pompa air listrik, putaran impeler digerakan oleh sebuah motor penggerak. Putaran impeller di dalam tabung akan menghasilkan tekanan fluida yang mampu menghisap air dari dasar menuju penampungan. Karena mendapat tekanan terus-menerus, akhirnya air di dalam penampungan akan terdorong keluar.

Proses terjadinya sirkulasi pemompaan air didukung penuh oleh kinerja dari komponen mesin pompa air itu sendiri . Berikut merupakan bagian-bagian mesin pompa air listrik yang mendukung cara kerja pompa air itu sendiri beserta fungsinya masing-masing.

1. Elektromotor

Elektromotor pada mesin pompa air merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghasil putaran. Putaran poros elektromotor akan diteruskan menuju impeler. Dengan begitu, impeler yang berada di dalam ruang pompa akan berputar dan menghasilkan daya hisap dan daya dorong.

2. Kapasitor

Pada mesin pompa air listrik terdapat sebuah kapasitor yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Energi listrik yang tersimpan pada kapasitor digunakan untuk membantu putaran awal ketika elektromotor dihidupkan.

3. Impeler

Impeler atau kipas atau baling-baling merupakan bagian pada mesin pompa air yang bertugas sebagai penghasil tekanan di dalam ruang pompa, sehinga terjadi daya hisap dan daya dorong.

4. Mekanikal Seal

Mekaniak seal merupakan jenis seal yang memiliki pegas. Mekanikal seal pada mesin pompa air berfungsi untuk mencegah kebocoran kompresi di dalam ruang pompa dari gerakan poros impeler.

5. Tabung Penampung

Mesin pompa air memiliki ruang penampung berupa tabung yang selalu terisi penuh oleh air. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk memberi tekanan air yang lebih besar dalam mendorong air. Dengan begitu, elektromotor akan lebih mudah menggerakan impeler ketika mesin pompa air dihidupkan.

6. Otomatis Pompa Air

Mesin pompa air listrik terbagi menjadi dua jenis, yakni type manual dan otomatis. Pada mesin pompa air listrik otomatis, terdapat komponen saklar yang dapat bekerja secara otomatis pengaruh dari tekanan air. Saklar otomatis ini berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika saluran keluar air ditutup dan akan menghubungkannya kembali ketika saluran keluar air dibuka.

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja mesin pompa air listrik dan bagian-bagian pendukungnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *