Home » Tehnik » Bagian-Bagian Mesin Planer Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Planer Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+planer
Bagian-Bagian Mesin Planer

Bagian-Bagian Mesin Planer Dan Fungsinya – Mesin planer atau mesin serut kayu adalah perkakas modern yang digunakan untuk meratakan permukaan kayu. Sebelum menggunakan mesin ini, sebaiknya kita memahami fungsi bagian-bagiannya agar lebih mudah mengoperasikannya.

Mesin planer merupakan jenis alat pertukangan modern. Mesin ini juga sering dinamakan mesin ketam listrik. Dengan menggunakan mesin planer, pekerjaan perkayuan akan menjadi lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu, alat ini banyak digunakan oleh para pengrajin kayu untuk mempermudah pekerjaanya.

Cara kerja mesin planer sangat sederhana, yakni mengubah energi listrik menjadi gerak (putaran) yang didukung oleh bagian-bagiannya. Putaran tersebut akan menggerakan bagian mata serut yang bergerak sesuai putaran mesin. Melalui gesekan putaran mata serut, kayu terkikis dan terpangkas hingga rata.

Secara garis besar, mesin planer terdiri dari dua komponen utama, yaitu mesin penggerak dan roll pemangkas. Mesin penggerak tersebut berupa komponen dinamo listrik, sedangkan roll pemanagkasnya berupa mata serut. Antara kedua bagian tersebut dihubungkan oleh vanbelt. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai bagian-bagian mesin planer dan fungsinya.

Bagian-Bagian Mesin Planer Dan Fungsinya

Berikut adaalah bagian-bagain mesin planer atau mesin serut kayu dan fungsinya masing-masing.

1. Kabel Power

Kabel power merupakan bagian mesin planer yang berfungsi sebagai penghubung sumber listrik dengan mesin. Kabel power pada mesin mesin planer ini sangat rentan putus, karena penggunaan mesin planet yang memang selalu bergerak maju mundur.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Pompa Air Dan Kegunaannya

2. Saklar

Mesin planer atau mesin serut kayu dilengkapi dengan adanya sakar. Saklar pada mesin planer berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Dengan adanya saklar, penggunaan mesin planer menjadi lebih praktis dan efisien.

3. Carbon Brush

Carbon brush atau arang merupakan bagian mesin planer yang berfungsi sebagai penghantar tegangan listrik yang mengalir dari stator ke armature. Pada bagian ini terdapat pegas yang berfungsi untuk menekan carbon brush tersebut agar selalu menempel pada armature.

4. Armature Dan Stator

Armature dan stator merupakan merupakan bagian utama pada mesin planer yang memiliki peranan sangat penting. Kedua bagian ini merupakan komponen elektrik yang berfungsi sebagai penghasil putaran pada mesin planer.

5. Pully Penghubung

Terdapat dua buah pully pada mesin planer. Yang satu terpasang pada ujung armature dan yang satunya lagi terpasang pada mata serut. Melalui bantuan pully dan vanbelt penghubung, maka putaran dari armature dapat diteruskan ke roll mata serut.

6. Van Belt

Mesin serut kayu ini memiliki sebuah van belt berukuran kecil. Van belt pada mesin planer berfungsi sebagai pengubung antara pully pada armature dan pully pada roll mata serut.

7. Mata Serut

Mata serut merupakan bagian utama pada mesin planer yang berfungsi untuk memangkas permukaan kayu. Mata serut terbuat dari plat besi yang ujungnya terdapat lapisan baja. Lapisan baja itulah yang bergesekan langsung dengan permukaan kayu. Sehingga, kayu yang bergesekan dengan mata serut akan terpangkas.

Baca Lainnya :   Bagian-Bagian Mesin Gerinda Datar Dan Fungsinya

8. Knop Pengatur Mata Serut

Knop mata serut merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya posisi mata serut dalam pengikisan kayu. Dengan adanya knop pengatur, kita tidak perlu khawatir dengan ketebalan kayu yang akan diserut.

Demikianlah informasi mengenai bagian-bagian mesin planer dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top