Home » Tehnik » Jenis-Jenis Mesin Gerinda Silindris Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Silindris Dan Fungsinya

jenis+jenis+mesin+gerinda+silindris
Jenis-Jenis Mesin Gerinda Silindris

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Silindris Dan Fungsinya – Mesin gerinda silindris atau silinder (cylindrical grinding machine) adalah jenis mesin gerinda yang berfungsi untuk menggerinda benda bentuk silindris, silindris bertingkat, tirus, dan lain sebagainya.

Prinsip kerjanya mesin gerinda silindris yaitu benda dicekam pada pencekam dan senter kepala lepas, kemudian berputar searah jarum jam dan bergesekan dengan roda gerinda yang berputar berlawanan dengan benda.

Mesin gerinda silindris dapat digunakan untuk menggerinda permukaan luar maupun permukaan dalam. Jenis mesin gerinda ini memiliki empat gerakan utama, yaitu gerak meja memanjang, gerak putar benda kerja, gerak putar roda gerinda, dan gerak pemakanan.

Jenis-Jenis Mesin Gerinda Silindris Dan Fungsinya

Berdasarkan fungsi dan cara pengoperasiannya, mesin gerinda silindris dibedakan menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut

1. Mesin Gerinda Silindris Luar (External Cylindrical Grinding)

mesin+gerinda+silindris+luar
Mesin Gerinda Silindris Luar

Mesin gerinda silindris luar merupakan mesin gerinda silindris yang digunakan untuk menghaluskan permukaan luar benda kerja yang berbentuk silinder atau tirus.

Gerakan penggerindaan dapat dilakukan secara memanjang (longitudinal) atau melintang (plunge). Untuk pengerjaan poros atau shaft dengan bentuk tertentu, penggerindaan dilakukan dengan menggunakan roda gerinda profil.

Baca Lainnya :  Mesin Gerinda Tangan: Fungsi, Bagian, Dan Penggunaan

Jarak motor penggerak dan penyangga (tailstock) dengan kepala spindel (spindle head) dapat diatur sesuai dengan panjang dan pendeknya benda kerja yang akan digerinda. Penentuan kedalaman penggerindaan dilakukan dengan cara memajukan roda gerinda.

2. Mesin Gerinda Silindris Dalam (Internal Cylindrical Grinding)

mesin+gerinda+silindris+dalam
Mesin Gerinda Silindris Dalam

Mesin gerinda silinder dalam merupakan jenis mesin gerinda silindris yang digunakan untuk menggerinda diameter dalam benda kerja yang berbentuk silinder dan tirus.

Gerakan yang terdapat pada mesin gerinda silinder dalam pada dasarnya sama dengan mesin gerinda silinder luar, karena menggunakan roda gerinda berukuran kecil. Namun, putaran roda gerinda pada mesin gerinda silindris dalam relatif lebih cepat.

3. Mesin Gerinda Silindris Luar Tanpa Center (Centreless Grinding)

mesin+gerinda+silindris+luar+tanpa+center
Mesin Gerinda Silindris Luar Tanpa Center

Mesin gerinda silindris luar tanpa center adalah jenis mesin gerinda silindris luar yang digunakan untuk menggerinda diameter luar dengan jumlah yang banyak, baik berukuran panjang maupun pendek.

Baca Lainnya :  Jenis-Jenis Mesin Genset Dan Kapasitasnya

Dalam penggunaannya, benda kerja diletakan dan digerakan diantara batang dudukan roda pengatur dan roda gerinda. Gerakan berputar dan maju benda kerja disebabkan oleh putaran yang pelan dan desakan yang ringan dari roda pengatur.

4. Mesin Gerinda Silindris Universal (Universal Grinding Machine)

mesin+gerinda+silindris+universal
Mesin Gerinda Silindris Universal

Mesin gerinda silindris universal merupakan jenis mesin gerinda silindris yang paling sempurna, karena dapat digunakan untuk menggerinda diameter luar dan diameter dalam benda berbentuk silindris.

Mesin gerinda universal dilengkapi dengan spindel yang dapat diatur. Spindel poros utama kepala gerinda terdiri dari komponen mekanik yang sangat presisi. Oleh karena itu, penggunaan mesin gerinda ini harus dilakukan sesuai dengan SOP.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis mesin gerinda silindris dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top