Home » Cara Mengganti Tabung Pompa Air

Cara Mengganti Tabung Pompa Air

cara+mengganti+tabung+pompa+air
Cara Mengganti Tabung Pompa Air

Cara Mengganti Tabung Pompa Air – Penggunaan pompa air yang sudah lama, biasanya tabung mengalami kebocoran. Kebocoran tabung pompa air dapat diperbaiki dengan cara ditambal menggunakan lem berkualitas tinggi. Namun, biasa hal ini tidak bertahan lama. Untuk itu, jika tabung pompa air sudah tidak layak pakai sebaiknya diganti. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengganti tabung pompa air.

Tabung pompa air merupakan bagian yang berfungsi untuk memberikan tekana balik pada ruang pompa agar tugas pressure switch lebih ringan. Umumnya, komponen ini hanya terdapat pada jenis pompa air otomatis. Sebagai salah satu komponen penting, maka ketika tabung pompa air mengalami kebocoran, sebaiknya segera diperbaiki atau mengganti dengan yang baru.

Untuk melakukan penggantian tabung pompa air, kita harus tahu bagaimana cara melepas dan memasang tabung pompa air dengan benar. Karena jika pemasangannya yang salah atau miring dapat menyebabkan kebocoran baru. Nah, berikut merupakan langkah-langkah mengganti tabung pada mesin pompa air.

Cara Mengganti Tabung Pompa Air

Sebelum melakukan penggantian tabung pompa air, sebaiknya pastikan dulu mesin pompa air dalam keadaan mati atau tidak tersambung pada sumber listrik. Selain itu, siapkan juga peralatan yang dibutuhkan, seperti kain, sealtape, dan lainnya. Ada pun langkah-langkah mengganti tabung mesin pompa air adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, buanglah air di dalam pompa air dengan cara membuka kran air dan biarkan air mengalir sampai habis. Tujuannya adalah agar air yang berada di dalam tabung benar-benar kosong ketika dilepas.
  • Jika air sudah habis, peganglah tabung dengan kedua tangan secara kuat, bila perlu gunakan kain agar tidak licin. Kemudian putarlah ke kiri (berlawanan dengan jarum jam) sampai terlepas.
  • Setelah tabung terlepas, bersihkan ulir sampai bersih, kemudian balut dengan sealtape untuk menghindari kebocoran.
  • Setelah itu, pasanglah tabung yang baru dengan memutar ke arah kanan (searah jarum jam) hingga benar-benar kencang agar tidak terjadi kebocoran.
  • Cobalah menghidupkan mesin pompa air dan pastikan tidak ada kebocoran. Jika terdapat kebocoran, ulangilah dari awal sampai kebocoran teratasi.
Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Mesin Bor Dan Fungsinya

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah mengganti tabung pompa air. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top