Home » Cara Memilih Genset Untuk Rumah

Cara Memilih Genset Untuk Rumah

cara+memilih+genset+untuk+rumah
Cara Memilih Genset Untuk Rumah

Cara Memilih Genset Untuk Rumah – Genset merupakan mesin pembangkit energi listrik populer saat ini. Mengingat banyaknya variasi type dan harga, maka kita harus dapat memilih genset yang tepat sesuai kebutuhan.

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diketahui ketika memilih genset. Misalnya kita harus tahu type mesin, jenis bahan bakar, hingga kapasitas daya listrik genset.

Banyak sekali brand terkenal yang ada di pasaran. Sehingga, harus dapat memilih genset yang benar. Jangan sampai salah memilih, karena dapat mengakibatkan genset tidak optimal saat digunakan.

Mengenal Itu Mesin Genset

Generator set atau genset adalah mesin yang memanfaatkan energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik yang dihasilkan oleh sebuah mesin pengerak, akan memutar generator hingga menghasilkan energi listrik.

Pada umumnya, genset menggunakan mesin bensin dan mesin diesel. Genset bensin menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki kapasitas daya listirk mulai dari 500 watt sampai 5.000 watt. Karena tergolong ramah lingkungan, genset ini sering digunakan untuk rumah.

Sedangkan genset diesel menggunakan bahan bakar solar. Genset diesel dapat mencapai kapasitas daya listrik hingga 2.000.000 watt. Oleh sebab itu genset ini banyak digunakan untuk keperluan sound system, perkantoran, dan industri.

Cara Memilih Genset Untuk Rumah

Setelah sedikit dijelaskan mengenai apa itu mesin genset, berikut akan diberikan informasi mengenai apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih genset untuk rumah.

Baca Lainnya :  Ciri-Ciri AVR Genset Rusak

1. Melihat Kapasitas Daya Listrik

Sebelum memilih genset untuk rumah, sebaiknya lihat dulu daya listrik yang akan diperlukan. Apakah akan digunakan untuk memenuhi seluruh energi listrik di rumah.

Setelah menghitungnya, pilihlah genset yang memiliki kapasitas di atas daya listrik sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan agar memiliki ruang toleransi daya listrik, sehingga genset dapat bekerja lebih optimal.

Jangan sampai memiliki genset dengan kapasitas listrik di bawahnya. Hal itu dapat menjadikan genset cepat rusak atau malah tidak dapat digunakan.

2. Menentukan Type Mesin

Umumnya, terdapat dua type genset, yakni open dan silent. Untuk jenis open tidak memiliki penutup atau peredam suara. Sedangkan silent memiliki penutup yang dapat meredam kebisingan mesin.

Nah, sebelum memilih genset, sebaiknya kita lihat kondisi sekitar. Jika lingkungannya memungkinkan,kita dapat memilih genset type open yang harganya relatif lebih murah.

Namun, jika kondisi sektar tidak memungkinkan, memilih genset silent sangat tepat untuk digunakan di rumah. Hal ini karena genset silent tidak begitu bising, sehingga tidak mengganggu kenyamanan.

3. Perhatikan Jenis Bahan Bakar

Selain type mesin, kita juga harus memperhatikan bahan bakar yang digunakan genset. Pilihlah genset yang menurut Anda paling mudah untuk menemukan bahan bakarnya.

Di beberapa daerah, banyak yang kesulitan untuk membeli bahan bakar. Oleh sebab itu, tentukan apakah akan memilih genset bensin aatau genset diesel.

Baca Lainnya :  Cara Service Mesin Genset Bensin

Selain itu, perhatikan juga cara pengoperasiannya. Jika tidak begitu paham cara menghidupkan genset, sebaiknya pilih genset yang sudah memiliki system dinamo starter.

4. Memilih Produk Yang Tepat

Banyak sekali brand dari genset yang menawarkan produk dengan keunggulannya masing-masing. Mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal.

Meskipun begitu, sebaiknya pilih brand yang sudah terkenal dengan kualitasnya. Jangan sampai tergiur dengan harga murah, tetapi kualitasnya tidak bagus.

5. Ketersediaan Spare Part

Seperti yang kita tahu bahwa komponen sebuah mesin lambat laun pasti akan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, ketersediaan spare part genset sangat penting untuk ditanyakan sebelum memilihnya.

Pastikan juga toko penjual memiliki tempat service yang memadai. Sehingga jika sewaktu-waktu genset mengalami kerusakan, akan lebih mudah memperbaikinya.

6. Adanya Garansi

Garansi sangat penting pada pembelian produk apa saja. Oleh karena itu, pastikan genset yang kita pilih memiliki garansi keruskan atau service.

Tujuan dari hal ini adalah sebagai jaminan apakah kualitas genset benar-benar terjamin. Sehingga jika genset tiba-tiba mengalami kerusakan sebelum batas garansi, masih dapat dipertanggung jawabkan oleh toko penjual.

Demikianlah informasi mengenai beberapa tips cara memilih genset untuk keperluan rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top