Home » Tehnik » Cara Memasang AVR Pada Mesin Genset

Cara Memasang AVR Pada Mesin Genset

cara+memasang+avr+genset
Cara Memasang AVR Genset

Cara Memasang AVR Pada Mesin Genset – AVR (Automatic Voltage Regulator) merupakan komponen yang terdapat pada mesin genset yang berfungsi untuk mengatur tegangan arus listrik yang keluar. Pada umumnya, mesin genset yang menggunakan AVR berkapasitas daya listrik 2500 watt ke atas.

Fungsi AVR pada mesin genset itu sendiri yaitu untuk mengontrol kesetabilan tegangan arus listrik. Jika rpm mesin penggerak genset menurun, maka AVR ini akan menaikan tegangan listrik yang keluar. Begitu sebaliknya, jika rpm genset naik, maka AVR akan menurunkan tegangan listrik yang keluar dari generator.

Dalam beberapa kasus penggunaan, mesin genset sering dipaksa untuk daya listrik yang melebihi kapasitasnya. Akibatnya AVR pada mesin genset akan terbakar dan arus listrik akan hilang. Jika terjadi masalah seperti itu, maka AVR harus diganti. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara memasang AVR pada mesin genset yang benar.

Cara Memasang AVR Pada Mesin Genset

Perlu diketahui, bahwa AVR genset umumnya terletak berdekatan dengan generator. Untuk itu, ketika akan melakukan penggantian AVR, maka kita hanya perlu membongkar cover penutup generator. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan cover generator dengan membuka baut penguncinya. Biasanya menggunakan kunci 8 mm atau 10 mm. Namun, ada juga yang baut dengan kepala obeng plus (+)
  • Setelah cover berhasil terbuka, lepaskan AVR dengan membuka baut penguncinya
  • Lepaskan semua sambungan kabel (konektor) yang tersambung dengan AVR
  • Setelah AVR terlepas, pasang AVR baru pada tempatnya. Pastikan bentuk dan jalur kabelnya sama
  • Kemudian pasang kabelnya pada jalurnya masing-masing
  • Untuk kabel yang menuju carbon brush, jangan sampai salah dalam menghubungkan antara kabel plus (+) dan kabel min (-). Biasanya terdapat tanda plus pada kabel AVR dan pada dudukan carbon rush
  • Setelah AVR terpasang dengan benar, cobalah untuk menghidupkan mesin genset. Jika tegangan listrik telah keluar, maka matikan kembali mesin genset dan pasang kembali cover generatornya
  • Jika tegangan listrik yang keluar belum tepat di 220 Volt, maka putarlah baut pengatur yang terdapat pada AVR sampai tegangan listrik yang keluar tepat pada angka 220 Volt.
Baca Lainnya :   Penyebab Kipas Angin Putarannya Lambat

Demikianlah informasi mengenai langkah-langkah memasang AVR pada mesin genset. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top