Home » Tehnik » Cara Memasang Mata Bor Pada Mesin Bor Yang Benar

Cara Memasang Mata Bor Pada Mesin Bor Yang Benar

cara+memasang+mata+bor
Cara Memasang Mata Bor

Cara Memasang Mata Bor Pada Mesin Bor – Mesin bor merupakan alat perkakas yang digunakan untuk mengebor. Dalam penggunaanya, mesin bor menggunakan mata bor sebagai alat pengikisnya. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memasang mata bor pada mesin bor yang benar.

Sebelum memasang mata bor pada mesin bor, kita juga harus menentukan jenis dan ukuran mata bor yang akan digunakan. Karena mesin bor memiliki beberapa jenis mata bor dengan fungsinya masing-masing. Misalnya jenis mata bor kayu untuk mengebor kayu, mata bor besi untuk mengebor logam, dan lain-lain.

Dengan memasang mata bor yang benar sesuai fungsinya, maka akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja, seperti mata bor tumpul hingga patah. Nah, bagi yang ingin tahu bagaimana cara memasang mata bor pada mesin bor, silahkan simak panduan berikut ini.

Cara Memasang Mata Bor Pada Mesin Bor

Sebelum menggunakan dan memasang mata bor, pastikan mesin bor yang akan digunakan dalam keadaan normal (tidak rusak). Dan berikut merupakan langkah-langkah memasang mata bor pada mesin bor yang benar.

  • Sebelum memasang mata bor, pastikan kabel power mesin bor tidak menancap pada sumber listrik agar lebih aman.
  • Pilihlah jenis dan ukuran mata bor sesuai dengan pekerjaan. Pastikan ukuran mata bor sesuai dengan diameter lubang dan mampu menjangkau kedalaman yang diinginkan.
  • Gunakan kunci mata bor untuk membuka chuck kepala bor. Caranya yaitu dengan memasukan kunci mata bor pada tempatnya dengan tepat. Kemudian putarlah ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) untuk membuka mulut rahang chuck bor.
  • Setelah mulut rahang chuck bor terbuka, masukan pangkal mata bor sampai ke dalam. Jangan sampai terbalik dalam memasang mata bor, pastikan bagian ujung mata bor berada di luar.
  • Setelah mata bor diletakan, kencangkan rahang chuck bor dengan menggunakan kunci mata bor ke arah kanan (searah jarum jam). Pastikan seluruh lubang pada chuck bor dikencangkan agar mulut rahang terkunci dengan sempurna.
  • Setelah mata bor terpasang, periksa kembali kekencangan mata bor sebelum menggunakan mesin bor untuk pengeboran.
  • Untuk memulai proses pengeboran, hubungkan kabel power mesin bor ke sumber listrik yang tersedia. Pastikan tegangan listriknya mampu untuk menghidupkan mesin bor.
  • Kemudian arahkan mata bor pada material yang akan di lubangi. Sebaiknya bagian yang akan dilubangi diberi tanda titik menggunakan dripp agar pengeboran tidak meleset.
  • Setelah itu, pegang mesin bor dengan kuat dan tekan saklarnya. Pastikan posisi mata bor tegak lurus dengan material atau sesuai kemiringan yang telah ditentukan.
  • Setelah selesai melakukan pengeboran, cabut kabel power dari sumber listrik. Kemudian, lepaskan mata bor dengan cara membuka mulut rahang chuck bor dengan menggunakan kunci mata bor ke arah kiri.
  • Setelah itu, bersihkan mesin bor dan mata bor dari sisa pengeboran, serta tempat di sekitarnya.
Baca Lainnya:   Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Dan Fungsinya

Demikianlah informasi mengenai cara memasang mata bor pada mesin bor yang benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.