Home » Tehnik » Cara Mengganti Dan Memasang Otomatis Pompa Air

Cara Mengganti Dan Memasang Otomatis Pompa Air

cara+mengganti+dan+memasang+otomatis+pompa+air
Cara Mengganti Otomatis Pompa Air

Cara Mengganti Dan Memasang Otomatis Pompa Air – Salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan pada pompa air adalah otomatis. Kerusakan otomatis dapat ditandai oleh mesin yang terus nyala meskipun kran air ditutup. Jika pompa air mengalami gejala seperti itu, maka kita harus mengganti otomatis agar mesin normal kembali. Berikut akan akan dibahas tentang cara mengganti dan memasang otomatis pompa air.

Otomatis atau automatic pressure switch merupakan komponen yang terdapat pada jenis mesin pompa air otomaits. Fungsinya adalah untuk menghidupkan dan mematikan mesin secara otomatis. Secara singkat, cara kerja otomatis adalah menghidupkan mesin pompa air ketika kran air dibuka, serta mematikan mesin ketika kran air ditutup.

Untuk mengganti otomatis pompa air sebenarnya tidak begitu sulit. Hal penting yang harus diperhatikan adalah sambungan jalur kabel yang terhubung pada otomatis. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini mengenai bagaimana langkah-langkah mengganti dan memasang otomatis pada mesin pompa air.

Cara Mengganti Dan Memasang Otomatis Pompa Air

Sebelum melakukan penggantian otomatis yang rusak, pehatikan baik-baik kabel yang terhubung pada otomatis. Jika takut lupa, kita bisa memfotonya terlebih dahulu. Nah, berikut merupakan langkah-langkah mengganti dan memasang otomatis pompa air.

  • Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti otomatis pompa air baru, kunci inggris, sealtape, isolatip, gunting, obeng, dan lain-lain.
  • Pastikan sebelum melepas otomatis pompa air, kita mencabut kabel power pompa air dari sumber listrik.
  • Langkah pertama, buang seluruh air yang tersisa di dalam pompa air dengan cara membuka kran sampai air tuntas tidak mengalir.
  • Kemudian, potong kabel yang terhubung dengan otomatis (biasanya ada dua kabel dengan yang warnanya sama) menggunakan gunting, usakan ketika memotong jaraknya tidak terlulu pendek agar tidak kesusahan untuk menyambungnya.
  • Lepas otomatis pompa air dengan cara memutar ke arah kiri menggunakan kunci inggris.
  • Setelah otomatis terlepas, balut ulir dudukan otomatis menggunakan sealtape untuk menghindari kebocoran.
  • Pasang otomatis yang baru dengan memutar ke arah kanan, kemudian kencangkan dengan menggunakan kunci inggris.
  • Setelah otomatis terpasang, sambunglah kabel otomatis pompa air dengan kabel yang telah diputus sebelumnya. Untuk melakukan penyambungan kabel bebas dapat dilakukan secara bolak-balik.
  • kemudian bungkus sambungan kabel menggunakan isolatip. Pastikan kabel terbungkus dengan sempurna untuk menghindari konsleting atau efek kesetrum ketika pompa air dinyalakan.
  • Jika semua sudah terpasang dengan benar, silahkan untuk melalukan percobaan menghidupkan mesin. Lalukan buka tutup pada kran air. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah otomatis dapat bekerja dengan baik.
  • Jika terjadi masalah seperti mesin tidak hidup atau mesin tidak dapat dimatikan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada baut tekanan yang terdapat di dalam otomatis. Caranya yaitu dengan membuka cover otomatis, kemudian gunakan obeng untuk memutar baut pengatur tekanan ke arah kiri atau kanan sampai otomatis dapat bekerja dengan baik.
Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Mesin Genset Dan Kapasitasnya

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengganti dan memasang otomatis pada mesin pompa air. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top