Home » Jenis-Jenis Bahan Bakar Genset

Jenis-Jenis Bahan Bakar Genset

jenis+jenis+bahan+bakar+genset
Jenis-Jenis Bahan Bakar Genset

Jenis-Jenis Bahan Bakar Genset – Sebelum memutuskan untuk membeli genset, sebaiknya perhatikan jenis bahan bakarnya. Apakah berbahan bakar solar atau bensin. Kesalahan pengisian bahan bakar dapat mengakibatkan genset tidak dapat digunakan.

Genset adalah mesin yang dapat menghasilkan energi listrik. Mesin ini merupakan gabungan dari mesin penggerak dan generator. Mesin penggerak pada genset ada yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, dan gas.

Sebagai mesin pembakaran, bahan bakar pada genset merupakan komponen yang sangat penting. Untuk itu, kita harus mengetahui apa saja jenis-jenis bahan bakar yang digunakan pada mesin genset.

Jenis-Jenis Bahan Bakar Genset

Berikut adalah jenis-jenis genset berdasarkan penggunaan bahan bakarnya.

1. Genset Bensin

Genset bensin adalah genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Genset bensin merupakan genset yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi maupun kepentingan umum.

Genset bensin umumnya memiliki kapasitas daya listrik antara 1000 watt sampai 5000 watt. Ciri khas dari genset bensin yaitu memiliki suara yang lebih halus dan lebih ramah lingkungan.

Baca Lainnya :  Cara Mengatasi Genset 2 Tak Susah Hidup

2. Genset Bensin Campur

Genset bensin campur atau genset 2 tak merupakan genset yang menggunakan bahan bakar bensin campur. Bensin campur merupakan perpaduan antara bensin dengan oli 2 tak. Genset jenis ini rata-rata memiliki kapasitas daya listrik kurang dari 1000 watt.

Dengan menggunakan mesin 2 tak, genset ini memiliki suara yang sedikit lebih keras dari genset bensin. Genset bensin campur banyak digunakan oleh para pengusaha kaki lima dan nelayan untuk penerangan di malam hari.

3. Genset Diesel

Genset diesel adalah genset yang menggunakan bahan bakar solar. Pada umumnya, genset diesel memiliki kapasitas daya listrik yang cukup besar. Mulai dari 5000 watt sampai dengan 2.000.000 watt. Genset jenis ini sering digunakan untuk perkantoran dan industri.

Karena kapasitas output daya listrik ynag besar, genset diesel rata-rata memiliki silinder antara 2 sampai 16 buah. Harga genset diesel lebih mahal dari genset bensin.

Baca Lainnya :  Ciri-Ciri AVR Genset Rusak

Genset diesel memiliki jenis silent portabel yang banyak digunakan untuk listrik perkemahan atau konser musik yang memang membutuhkan energi listrik yang besar.

4. Genset Berbahan Bakar Gas

Genset berbahan bakar gas merupakan inovasi dari genset bensin. Genset ini menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Gas yang digunakan antara lain LPG (Liquid Petroleum Gas) atau jenis CNG (Compressed Natural Gas).

Genset berbahan bakar gas tidak begitu familiar di masyarakat karena harganya yang relatif mahal. Meskipun begitu, genset ini memiliki kelebihan tersendiri jka dibandingkan dengan jenis genset lainnya, yakni mengeluarkan sisa pembakaran yang lebih sedikit.

Demikanlah informasi mengenai jenis-jenis bahan bakar yang digunakan pada genset. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top