Home » Tehnik » Penyebab Genset Tidak Keluar Listrik

Penyebab Genset Tidak Keluar Listrik

penyebab+genset+tidak+keluar+listrik
Penyebab Genset Tidak Keluar Listrik

Penyebab Genset Tidak Keluar Listrik – Genset sering digunakan sebagai pengganti sumber listrik ketika terjadi pemadaman listrik. Dalam penggunaannya, terkadang mesin ini mengalami masalah. Salah satunya permasalahan yang sering terjadi yaitu genset tidak keluar listrik.

Permasalahan genset yang tidak keluar arus listrik bisanya disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan. Namun, bisa juga disebabkan oleh kerusakan komponen yang mengakibatkan arus listrik genset tidak keluar.

Untuk memperbaiki genset yang tidak mengeluarkan arus listrik, kita harus mampu menganalisa komponen mana yang mengalami kerusakan. Berikut akan diberikan informasi mengenai apa saja penyebab genset yang tidak keluar listrik.

Penyebab Genset Tidak Keluar Listrik

Berikut merupakan beberapa penyebab yang mungkin menjadi penyebab permasalahan genset tidak mengeluarkan arus listrik dan cara memperbaikinya.

1. Mesin Penggerak Bermasalah

Generator genset umumnya digerakan oleh mesin bakar, seperti mesin bensin atau diesel. Jika mesin performa mesin menurun, maka putaran generator tidak maksimal yang menyebabkan genset tidak dapat mengeluarkan listrik.

Jika kondisi performa mesin penggerak genset menurun, sebaiknya lakukan service agar mesin dapat bekerja secara normal. Lakukan penggantian busi dan oli pelumas secara rutin untuk menjaga performa mesin agar tetap optimal.

2. Kabel Output Putus

Pada mesin genset, terdapat bagian generator yang berfungsi sebagai penghasil arus listrik. Arus yang keluar dari generator akan dialirkan oleh kabel out put menuju lubang stop kontak. Jika kondisi kabel out put tersebut putus, maka arus listrik dari generator akan terputus.

Baca Lainnya :   Macam-Macam Power Tools Beserta Fungsinya

Untuk memperbaiki masalah seperti ini cukup mudah, yaitu dengan menelusuri jalur kabel yang keluar dari generator dengan menggunakan multitester. Jika menemukan kabel putus, segeralah sambung kembali dan tutup dengan isolatip.

3. Kapasitor Genset Terbakar

Mesin genset yang memiliki kapasitas daya listrik di bawah 2500 watt umumnya menggunakan kapasitor. Kapasitor genset berfungsi sebagai pengontrol arus listrik yang keluar dari generator. Ketika pemakaian listrik genset melebihi kapasitas, maka kapasitor akan meleleh atau terbakar.

Jika kapasitor genset terbakar, maka genset tidak dapat mengeluarkan arus listrik. Untuk mengatasi kapasitor genset yang terbakar yaitu dengan mengganti kapasitor yang baru sesuai ukurannya.

4. AVR Mati

Penyebab selanjutnya dari genset tidak keluar arus listrik yaitu kondisi AVR putus atau rusak. AVR (Automatis Voltage Regulator) merupakan komponen genset yang berfungsi sebagai pengatur keluarnya arus listrik dari generator. AVR biasanya dimiliki oleh genset yang berkapasitas daya listrik di atas 2500 watt.

Untuk mengetahui AVR genset yang rusak, kita dapat melihat tanda-tanda fisiknya, seperti bagian dioda terbakar, body AVR meleleh, sambungan kabel AVR tidak terhubung, atau terdapat retakan pada fisik AVR.

Jika kondisi AVR rusak, maka lakukanlah penggantian AVR baru. Dalam penggantian AVR, perhatikanlah bentuk dan kapasitas daya listrik genset. Pastikan sesuai dengan AVR yang akan diganti.

5. Generator Terbakar

Mesin genset yang tidak keluar arus listriknya juga dapat disebabkan oleh generator terbakar. Generator yang terbakar dapat ditandai oleh keluarnya asap atau bau gosong yang keluar dari bagian generator.

Baca Lainnya :   Panduan Service Power Tools

Untuk mengatasi generator yang terbakar yaitu dengan menggulung ulang ke jasa tukang gulung dinamo. Namun, jika ingin lebih praktis, silahkan ganti komponen generator yang bermasalah (rotor atau stator) dengan yang baru.

Demikianlah informasi mengenai penyebab genset tidak keluar listrik dan cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top