Home » Tehnik » Manfaat Kipas Angin Bagi Manusia

Manfaat Kipas Angin Bagi Manusia

manfaat+kipas+angin
Manfaat Kipas Angin

Manfaat Kipas Angin – Kipas angin merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menghasilkan angin. Alat ini memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja manfaat kipas angin bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum memberikan informasi mengenai manfaat kipas angin, perlu diketahui bahwa cara kerja kipas angin yang ada di zaman modern ini adalah menggunakan dinamo yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Ketika listrik mengalir pada dinamo, maka kumparan besi akan berputar. Putaran tersebut kemudian memutar baling-baling.

Baling-baling kipas angin yang berputar dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan angin yang sejuk, meningkatkan sirkulasi udara, dan menghilangkan bau pengap pada ruangan. Untuk mengetahui apa saja manfaat kipas angin lainnya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Sejarah Perkembangan Kipas Angin

Menurut sejarahnya, kipas angin telah ditemukan sekitar 4000 tahun silam di sebuah makam raja Mesir yang bernama Raja Tutankhamen yang digali pada tahun 1922. Pada masa itu, kipas angin memiliki berbagai macam manfaat, diantarnya yaitu sebagai alat upacara keagamaan dan lambang kekuatan raja.

Perkembangan kipas angin juga terjadi di Eropa. Italia merupakan negara pertama yang memproduksi kipan angin pada tahun 1500. Pada masa itu, kipas angin difungsikan sebagai simbol kemakmuran dan kelas sosial seseorang.

Pada tahun 1882, kipas angin dengan motoran listrik pertama ditemukan oleh Schuyler Skaats Wheelerm. Kemudian di kembangkan lagi oleh Philip H. Diehl yang dibuat pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah.

Baca Lainnya :   Bagian-Bagian Mesin Genset Dan Fungsinya

Diehl terus mengembangkan temuannya. Pada tahun 1904 Diehl menambahkan sendi split-ball pada kipas angin listriknya. Ide ini menjadi dasar penemuan kipas angin yang dapat menengok ke kanan kiri, sehingga hembusan angin dapat menyebar dan memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Manfaat Kipas Angin Bagi Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali manfaat yang diperoleh dari penggunaan kipas angin, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Menghasilkan Udara Yang Segar

Kipas angin mampu menghasilkan udara yang segar ketika cuaca panas. Meskipun tidak sesejuk AC, namun kipas angin dapat digunakan di ruangan yang terbuka. Sehingga pergantian udara tetap berjalan ketika menggunakan kipas angin. Berbeda dengan AC yang harus ditempatkan di ruangan tertutup.

2. Penurun Suhu Panas

Fungsi kipas angin selanjutnya yaitu sebagai penurun suhu panas. Hal ini biasanya diterapkan pada beberapa komponen elektrik yang temperatur suhunya harus dijaga. Agar temperatur suhu tetap stabil, maka dipasanglah kipas angin sebagai pendingin.

3. Sebagai Pengering

ipas angin juga dapat berfungsi sebagai pengering. Sebagai contoh, ketika kita sedang mengepel lantai, kemudian menghidupkan kipas angin. Maka lantai yang basah akan menjadi cepat kering oleh hembusan angin dari kipas angint.

4. Mempercepat Sirkulasi Udara

Kipas angin memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah exhouse fun yang sering dipasang pada dinding dapur atau kamar mandi. Dengan adanya exhouse fan, maka sirkulasi udara menjadi lebih cepat dan udara ruangan tetap terjaga kesegarannya.

Baca Lainnya :   Cara Membersihkan Kipas Angin Yang Benar

5. Lebih Hemat Listrik

Jika dibandingkan AC, kipas angin memiliki kapasitas daya listrik lebih kecil. Hal inilah yang menjadikan penggunaan kipas angin lebih hemat listrik. Sebagai contoh, kipas angin yang dipasang pada langit-langit ruangan hanya membutuhkan daya sekitar 75 watt. Lain halnya jika menggunakan AC, maka daya listrik yang dibutuhkan akan lebih besar.

6. Mengusir Nyamuk

Ketika akan tidur dan cuaca panas, serangan nyamuk tentu saja akan sangat mengganggu. Dengan menghidupkan kipas angin, maka nyamuk akan pergi dengan sendirinya terbawa oleh hembusan angin yang keluar dari kipas angin.

7. Menghilangkan Bau

Ketika ruangan berbau tak sedap, maka solusinya adalah dengan menghidupkan kipas angin. Hembusan angin kencang dari kipas angin mampu menjadikan pertukaran angin di dalam ruangan menjadi lebih cepat, sehingga segala bau pun akan cepat hilang terbawa oleh angin dari kipas angin.

Demikianlah pembahasan mengenai kegunaan kipas angin bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top