Home » Tehnik » Mengenal Apa Itu Genset Dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu Genset Dan Fungsinya

apa+itu+genset
Mengenal Apa Itu Genset

Mengenal Apa Itu Genset Dan Fungsinya – Semakin berkembangkanya zaman, kebutuhan manusia selalu dimudahkan dengan berbagai tehnologi. Salah satunya adalah mesin genset. Apa itu genset?

Pengertian Genset

Genset atau generator set adalah sebuah mesin yang dapat menghasilkan enerhi listrik. Mesin ini sangat berguna ketika terjadi pemadaman listrik. Oleh sebab itu, banyak perkantoran yang memiliki genset sebagai sumber listrik cadangan.

Genset merupakan gabungan dari dua komponen mesin, yakni mesin penggerak dan generator listrik. Mesin penggerak akan memutar generator hingga menghasilkan energi listrik.

Berdasarkan jenis mesin penggeraknya, genset dapat dibedakan menjadi genset bensin dan genset diesel. Genset bensin adalah genset yang menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan genset diesel merupakan genset berbahan bakar solar.

Cara Kerja Genset

Bagiamana genset bekerja hingga menghasilkan energi listrik? Pertanyaan ini sering kali muncul di benak orang awam. Cara kerja genset adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Baca Lainnya :  Perbedaan Spray Gun F75 Dan F100

Berawal dari mesin berbahan bahan bakar (bensin atau solar) melakukan pembakaran. Proses pembakaranmesin menghasilkan energi kinetik berupa putaran. Putaran tersebut akan didistribusikan oleh poros utama untuk memutar generator.

Pada bagian generator, terdapat dua komponen utama bernama rotor dan stator. Rotor adalah komponen yang berputar, sedangkan stator merupakan komponen yang diam. Perputaran rotor di dalam stator akan menghasilkan gaya tarik menarik yang menyebabkan listrik mengalir.

Fungsi Genset

Sebagai mesin penyedia energi listrik cadangan, fungsi genset sudah sangat jelas, yakni sebagai alat pembangkit listrik. Mesin ini memiliki varian kapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 500 watt sampai 2 megawatt.

Selain digunakan untuk pengganti energi listrik ketika terjadi pemadaman listrik, genset juga sering digunakan digunakan untuk keperluas proyek industri. Misalnya digunakan untuk menyalakan peralatan listrik ketika jauh dari sumber listrik.

Baca Lainnya :  Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati

Selain itu, genset juga sering digunakan untuk penerangan di malam hari. Terutama oleh para pebisnis di luar lapangan yang memerlukan pencahayaan penuh.

Bagian-Bagian Genset

Pada dasarnya, genset terdiri dari dua bagian utama, yaitu mesin bakar berbahan bakar (bensin atau solar) dan generator. Kedua bagian tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.

Bagian mesin bakar bertugas sebagai penghasil energi kinetik, sedangkan bagian generator berfungsi sebagai penghasil energi listrik. Kedua bagian tersebut harus saling bekerjasama dalam menghasilkan listrik genset.

Secara umum, bagian-bagian genset terdiri dari:

  • Mesin Penggerak
  • Generatror
  • Sistem Pendingin
  • Sistem Pelumasan
  • Sistem pembuangan
  • Panel Kontrol
  • Frame

Demikianlah informasi mengenal apa itu genset dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top