Home » Bisnis » Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Lingkungan

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Lingkungan

iklan+bahasa+jawa+tentang+lingkungan
Iklan Bahasa Jawa Tentang Lingkungan

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Lingkungan – Salah satu bentuk penyampaian pesan kepada khalayak umum adalah melalui iklan. Pada umumnya, iklan berisi tentang promosi produk/jasa, namun dapat juga berisi suatu gagasan dalam upaya mengajak masyarkat untuk melakukan sesuatu. Contohnya seperti iklan tentang kebersihan lingkungan yang biasanya diterbitkan oleh lembaga masyarakat.

Dalam pembuatannya, iklan selalu dibuat dengan bahasa yang menarik yang biasanya dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi. Bahasa yang digunakan juga beraneka ragam, seperti bahasa formal maupun non-formal. Yang lebih unik lagi adalah iklan yang menggunakan bahasa daerah, salah satunya adalah bahasa jawa yang paling sering dijumpai.

Bahasa jawa memang sering digunakan dalam iklan. Tak hanya pada iklan layanan masyarakat, tetapi bahasa jawa juga sering digunakan pada iklan lainnya seperti produk makanan dan minuman. Nah, kali ini akan diberikan contoh beberapa iklan menggunakan bahasa jawa tentang lingkungan lengkap beserta gambar dan penjelasannya.

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Lingkungan

Lingkungan merupakan suatu tempat yang harus kita jaga kelestariannya bersama-sama. Sehingga akan tercipta suasana yang bersih dan sehat. Nah, berikut merupakan beberapa contoh iklan bergambar tentang lingkungan hidup dan kesehatan yang dituliskan dengan menggunakan bahasa jawa.

1. Iklan Bahasa Jawa Tentang Lingkungan

contoh+iklan+bahasa+jawa+tentang+lingkungan
Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Lingkungan

Gambar di atas merupakan contoh iklan layanan masyarakat tentang lingkungan. Iklan tersebut dituliskan dengan menggunakan bahasa jawa yang berbunyi: “Ijokna Maneh Bareng-Bareng Kanggo Masa Depan Bumi Kita”. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah hijaukan kembali bersama-sam untuk masa depan bumi kita.

Pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut mengajak kita untuk menghijaukan kembali hutan yang gundul dengan menanam pohon yang telah ditebangi. Sehingga masa depan bumi tetap terjaga kelestariannya.

contoh+iklan+bahasa+jawa+tentang+pencemaran+lingkungan
Iklan Bahasa Jawa Tentang Pencemaran Lingkungan

Berikutnya adalah gambar iklan tentang pencemaran lingkungan hidup. Iklan tersebut dituliskan dengan menggunakan bahasa jawa yang bunyinya: “Jaga Lan Sayangi Banyu, Banyu Kui Sumbere Penguripan.” Arti iklan tersebut adalah jagalah dan sayangi air,air itu adalah sumber kehidupan.

Pesan yang disampaiakan di dalam iklan tersebut adalah agar selalu menjaga kebersihan air dari pencemaran yang disebabkan oleh berbagai macam limbah. Sehingga air tetap terjaga kebersihannya dan tidak menganggu habitat yang ada di dalamnya.

2. Iklan Bahasa Jawa Tentang Kebersihan

iklan+bahasa+jawa+tentang+kebersihan+lingkungan
Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Kebersihan

Gambar di atas adalah contoh iklan tentang menjaga kebersihan lingkungan. Iklan tersebut juga dituliskan denagan bahasa jawa yang bunyinya: “Uncalan Sampah Ing Sawijining Panggonan”. Kalita tersebut dalam bahasa Indonesia artinya adalah buanglah sapah pada tempatnya.

Pesan yang ditujukan pada iklan tersebut mengajak kita untuk selalau menjaga lingkungan sekitar dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Sehinga tercipta lingkungan yang bersih, sehat, indah, dan nyaman.

Iklan Bahasa Jawa Tentang Kebersihan Lingkungan

Untuk gambar selanjutnya merupakan contoh iklan layanan masyarakat dengan tema kebersihan. Pada iklan tersebut dituliskan dengan menggunakan bahasa jawa yang berbunyi: “Sampah Kui Dudu Warisan Kanggo Putune Dewek”. Dalam bahasa Indonesia, artinya adalah sampai itu bukan warisan untuk anak cucu kita. Jadi kita harus tetap menjaga kebersihan dengan tidak mencemari lingkungan dengan sampah.

3. Iklan Bahasa Jawa Tentang Kesehatan

contoh+iklan+bahasa+jawa+tentang+kesehatan
Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Kesehatan

Di atas merupakan iklan bergambar menggunakan bahasa jawa tentang kesehatan. Iklan tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa jawa: “Ayo, Ngumbah Tangan Kanggo Sabun Ben Kumane Ilang. Iklan tersebut artinya: Ayo, mencuci tangan pake sabun, biar kuman hilang.

Isi iklan tersebut tersebut menghimbau agar selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Tujuannya adalah menghindari kuman agar tidak masuk ke dalam tubuh, sehingga kesehatan pun akan tetap terjaga dengan baik.

Nah, itulah beberapa contoh iklan menggunakan bahasa jawa tentang tema lingkungan, yang meliputi, menjaga lingkungan hidup, pencemaran lingkungan, kebersihan, dan kesehatan yang dilengkapai dengan gambar beserta penjelasannya. Contoh iklan bahasa jawa lainnya dapat dilihat di sini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top