Home » Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

cara+tranfer+uang+melalui+hp+android
Cara Transfer Uang Melalui HP

Cara Transfer Uang Melalui Hp Android – Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menjadikan semua kebutuhan manusia terpenuhi dengan mudah. Salah satunya yaitu kehadiran hp android yang mampu melakukan transaksi keuangan dengan mudah. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara transfer uang melalui hp android.

Melakukan transaksi secara online kini telah menjadi trend para pebisnis. Karena tidak perlu repot untuk pergi ke bank. Dengan menggunakan hp android saja, transaksi keuangan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Misalnya melakukan transfer uang sesama bank maupun antar bank dalam melakukan pembayaran online.

Hampir seluruh bank yang ada di Indonesia kini telah mengeluarkan berbagai jenis layanan perbankan yang dapat diakses melalui hp android. Semua jenis layanan keuangan tersebut, dapat kita gunakan untuk melakukan transfer uang melalui hp android dengan aman.

Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

Untuk saat ini, terdapat empat cara transfer uang yang dapat dilakukan melaui hp android. Semua cara tersebut merupakan kebijakan layanan yang telah dikeluarkan oleh masing-masing bank.

Adapun berbagai cara yang dapat digunakan untuk melakukan transfer uang melalui hp android yaitu sebagai berikut:

1. Melalui SMS Banking

SMS Banking merupakan layanan perbankan yang paling dulu hadir di antara layanan-layanan lainnya. Meskipun terkesan agak rumit, namun SMS Banking masih memiliki peran penting dalam melakukan transaksi keuangan. Misalnya ketika koneksi internet sedang mengalami gangguan, maka SMS Banking dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan transfer uang.

Baca Lainnya :  Iklan Media Cetak: Ciri-Ciri, Jenis, Dan Contohnya

Meskipun hanya sebatas SMS, tetapi SMS Banking juga memiliki berbagai layanan yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai keperluan, seeprti transfer uang, membayar tagihan, mengecek saldo, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, dengan hadirnya layanan-layanan perbankan yang baru, kini SMS Banking mulai ditinggalkan karena tergolong kurang efisien untuk digunakan. Karena harus memasukkan kode-kode tertentu saat melakukan transaksi keuangan. Jika salah dalam memasukan kode, maka transaksi akan gagal.

2. Melalui Mobile Banking

Cara kedua untuk melakukan tranfer uang melalui hp android adalah menggunakan mobile banking. Mobile banking adalah layanan perbankan yang telah disediakan oleh pihak bank untuk melakukan berbagai macam transaksi online lewat mobile app. Untuk menggunakan mobile banking, kita harus menginstall aplikasi mobile banking dan melakukan regristrasi ke bank terdekat agar dapat menggunakan fitur-fiturnya.

Dibandingkan SMS banking, menggunakan mobile banking lebih mudah dan praktis, karena tidak perlu memasukkan kode-kode tertentu seperti yang ada pada SMS Banking. Kita hanya perlu login menggunakan User-id dan nomor PIN, kemudian memilih menu transaksi sesuai kebutuhan. Meskipun begitu, mobile banking masih memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat digunakan ketika jaringan internet mengalami gangguan.

3. Melalui Internet Banking

Sama halnya dengan mobile banking, untuk menggunakan layanan internet banking terlebih dahulu harus melakukan registrasi ke kantor bank. Melalui Internet banking, kita dapat melakukan berbagai transaksi melalui website dari bank terkait. Layanan ini dapat digunakan melalui berbagai perangkat, contohnya hp android, laptop, hingga komputer.

Baca Lainnya :  Cara Memulai Bisnis Tukang Kayu Untuk Pemula

Keunggulan menggunakan internet banking adalah memiliki tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan layanan transaksi lainnya. Karena website yang dimiliki oleh pihak bank biasanya selalu dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis-lapis. Sehingga tidak perlu khawatir saat melakukan transfer uang secara online.

4. Melalui E-Wallet

E-wallet atau dompet digital merupakan salah satu produk financial technologi yang paling populer saat ini. Diantara e-wallet yang sudah terkenal yaitu OVO, Go-Pay, DANA, dan DOKU. Dengan menggunakan e-wallet, kita dapat melakukan transfer uang melaui hp android dengan cepat dan mudah, namun dengan catatan sama-sama memiliki aplikasi e-wallet.

Selain digunakan untuk melakukan transfer uang, aplikasi e-wallet juga memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di outlet retail offline seperti alfamart, indomart, dan market lainnya. Misalnya melakukan pembelian pulsa, membayar tagihan, dan lain-lain.

Demikian pembahasan mengenai cara transfer uang lewat hp android. Semua cara di atas dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan transaksi keuangan secara online. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top