Home » Bisnis » Unsur-Unsur Iklan Dan Penjelasannya

Unsur-Unsur Iklan Dan Penjelasannya

unsur+unsur+iklan
Unsur-Unsur Iklan

Unsur-Unsur Iklan Dan Penjelasannya – Iklan adalah suatu bentuk penyampaian pesan kepada masyarakat yang isinya berupa pengumuman, ajakan, atau himbauan. Untuk mencapai tujuannya, iklan selalu dibuat dengan unsur yang baik. Nah, berikut akan dijelaskan apa saja unsur-unsur dari sebuah iklan.

Sebelum membahas unsur-unsur pada iklan, perlu diketahui bahwa iklan memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu iklan niaga, iklan layanan masyarakat, dan iklan pengumuman.

Iklan Niaga

Iklan niaga merupakan jenis iklan yang berisi penawaran barang atau jasa dengan tujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang diiklankan. Contohnya iklan makanan, barang elektronik, dan pakaian.

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang dibuat untuk menarik perhatian masyarakat agar memiliki rasa simpati atau memberikan dukungannya terhadap hal yang diiklankan. Contohnya iklan lingkungan hidup, tertib lalu lintas, dan penyuluhan KB.

Baca Lainnya :  Contoh Iklan Bahasa Jawa Beserta Gambarnya

Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman amerupakan jenis iklan yang berisi pengumuman atau permintaan tentang suatu kegiatan. Contohnya iklan konser musik, jalan santai, dan lowongan pekerjaan.

Unsur-Unsur Iklan Dan Penjelasannya

Setiap iklan haruslah memiliki unsur yang baik agar yang melihatnya semakin tertarik, simpatik, dan menimbulkan minat yang tinggi. Berikut merupakan unsur-unsur dari sebuah iklan beserat penjelasannya masing-masing.

  • Kalimat deskriptif: merupakan kalimat yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan.
  • Kalimat persuasif: merupakan kalimat yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk masyarakat untuk menggunakan suatu produk atau jasa yang diiklankan.
  • Attention (Perhatian): iklan yang baik harus mampu menarik perhatian masyarakat umum.
  • Interest (Minat): menimbulkan minat dan rasa ingin tahu secara rinci dalam konsumen.
  • Desire (Keinginan): menumbukan rasa keinginan yang besar dari konsumen.
  • Conviction (Rasa Percaya): untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus didukung dengan berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  • Action (Tindakan): tindakan merupakan tujuan akhir dari pembuat iklan untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk atau jasanya.
  • Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Sasaran dapat ditujukan pada anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua.
Baca Lainnya :  Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Demikianlah pembahasan mengenai unsur-unsur dari sebuah iklan dan penjelasannya masing-masing. Semoga bermenfaat.

Scroll to Top