Home » Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya dan Contohnya

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya dan Contohnya

jenis+jenis+iklan+berdasarkan+isinya
Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya dan Contohnya – Seperti yang kita tahu bahwa iklan merupakan suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan isi, tujuan, dan media yang digunakan. Pada artikel ini akan dibahas apa saja jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, lengkap beserta contohnya.

Penyebaran iklan dapat melalui berbagi jenis media, seperti media cetak dan media elektronik. Pada media cetak, iklan dapat ditemukan pada koran, surat kabar, majalah, dan lain-lain. Sedangkan pada media elektronik dapat dijumpai di radio, televisi, dan internet. Isi sebuah iklan dapat bersifat komersial atau pun non-komersial tergantung tujuannya masing-masing.

Pada umumnya, tujuan iklan adalah untuk mempromosikan barang atau jasa. Isinya berupa informasi yang bersifat mengajak kepada masyarakat. Berdasarkan isinya, iklan dibedakan menjadi iklan pemberitahuan, iklan penawaran, iklan layanan masyarakat, dan iklan permintaan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya Dan Contohnya

1. Iklan Pemberitahuan

Iklan pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau pemberitahuan tentang suatu hal kepada masyarakat umum agar informasi tersebut diketahui oleh khalayak umum. Iklan ini sering disebut juga dengan iklan pengumuman.

Contoh iklan pemberitahuan antara lain iklan berita duka cita, iklan berita kehilangan, iklan kepemilikan merek, pemberitahuan peraturan baru, informasi perubahan peraturan, iklan pemberitahuan pembubaran perusahaan, iklan rapat pemegang saham, dan iklan reuni akbar.

Baca Lainnya :   Jenis Usaha Perikanan Yang Potensial di Indonesia

2. Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang berisi tentang penawaran suatu produk atau jasa untuk mempengaruhi masyarakat agar menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan ini juga disebut dengan iklan niaga.

Secara garis besar, tujuan dari iklan penawaran adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan. Sehingga dapat dikatakan iklan ini termasuk jenis iklan komersial.

Contoh iklan penawaran antara lain iklan jual beli tanah dan rumah, iklan penjualan mobil, iklan sepeda motor, iklan barang-barang elektronik, dan berbagai jenis iklan penawaran bentuk jasa.

3. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang isinya berupa informasi atau himbauan kepada masyarakat umum tentang suatu ide atau gagasan untuk kepentingan masyarakat. Tujuannya yaitu untuk memberikan penerangan atau pencerahan mengenai sesuatu hal.

Iklan ini biasanya diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga pemerintah. Contoh iklan layanan masyarakat antara lain ajakan menjauhi narkoba, iklan program KB, menaati peraturan lalu lintas, larangan merokok, anti hoax, peduli lingkungan dan lain sebagainya.

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah iklan yang ditujukan kepada masyarakat tertentu agar mau bekerja sama dengan pihak pengiklan. Tujuannya yaitu untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan. Iklan ini juga bisa digunakan untuk mencari barang/jasa yang sedang dibutuhkan. Contoh iklan permintaan seperti iklan lowongan pekerjaan.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Slogan Dan Contohnya

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya beserta contohnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top