Home » Tips Menentukan Produk Bisnis Online

Tips Menentukan Produk Bisnis Online

tips+menentukan+produk+bisnis+online
Tips Menentukan Produk Bisnis Online

Tips Menentukan Produk Bisnis Online – Bisnis online merupakan usaha yang paling banyak diminati saat ini. Meskipun begitu, ketika akan memulainya, kita harus pandai memilih produk apa saja yang cocok dipasarkan secara online. Nah, pada artikel ini akan diberikan beberapa tips tentang bagaimana cara menentukan produk bisnis online untuk pemula.

Selain menentukan produk-produk apa yang paling laku di pasaran, kita juga harus dapat mengatur strategi pemasaran dengan benar. Sehingga dapat bersaing secara sehat dengan para pebisnis online lainnya.

Dalam menentukan produk online, kita harus benar-benar memilih produk yang unik, sehingga mampu menarik pembeli melalui internet. Nah, berikut merupakan beberapa tips untuk menentukan produk jualan online yang cepat laku dan menguntungkan.

Tips Menentukan Produk Bisnis Online

Bukan rahasia lagi jika kegiatan jual beli online memiliki persaingan yang sangat tinggi. Namun, dari banyaknya produk online yang dijual, pasti terdapat peluang jika kita dapat menentukan produk dengan tepat. Perhatikanlah hal-hal yang ada disekitar, kira-kira solusi apa yang tepat untuk menghadirkan sebuah peluang. Berikut merupakan langkah-langkah menentukan produk untuk dijual secara online.

1. Melihat Trends

Sebagian besar orang-orang selalu menginginkan barang-barang yang sedang populer (ngetrends). Kita dapat memanfaatkan situasi seperti itu untuk mengambil keputusan menentukan produk online yang dijual. Karena datang perginya suatu trends tidak ada yang bisa memastikan kapan akan berakhir.

Sebagai contoh, produk yang sedang populer adalah penjualan tanaman aglonema. Jika biasanya tanaman tersebut hanya tanaman biasa saja, namun karena sedang ngetrends maka harganya menjadi naik drastis dan banyak yang mencarinya. Oleh sebab itu, dalam menentukan produk online sangat disarankan untuk melihat trends yang sedang naik daun.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya

2. Kebutuhan Pokok

Setiap manusia tentu tidak akan lepas dari yang namanya kebutuhan pokok. Mulai dari sandang, pangan dan papan. Dengan begitu, tentu kita dapat mengambil kesimpulan untuk menentukan produk kebutuhan pokok yang diperlukan terus menerus oleh manusia.

Kebutuhan pokok merupakan produk bisnis online yang menjanjikan. Karena akan selalu dicari oleh konsumen setiap harinya. Namun, perlu kita ketahui juga bahwa semakin tinggi nilai jual suatu produk, maka akan semakin tinggi persaingannya. Sehingga kita harus benar-benar pintar dalam mempromosikan produk-produk kebutuhan pokok.

Sebagai contoh, produk yang dijual adalah pakaian. Jika kita menjualnya secara online, tentu akan sangat susah mencari konsumen. Nah, kita dapat mencari alternatif lain seperti memilih pakaian yang sedang populer atau mengambil produk dari brand terkenal yang sudah terjamin kualitasnya.

3. Produk Musiman

Menjual produk-produk musiman memang tidak bisa dijadikan patokan untuk berbisnis online. Karena produk semacam ini biasanya hanya akan mendapatkan keuntungan maksimal pada musim-musim tertentu saja. Tetapi, pilihan ini bisa sangat menjanjikan sebagai pendamping penjualan produk utama.

Diantara produk bisnis musiman yang dapat dijual secara online antara lain baju gamis, jilbab, baju hijab, jas hujan, kue lebaran, aksesoris, dan lain-lain. Jika kita mampu memposisikannya, maka produk musiman tersebut dapat meningkatkan pendapatan secara drastis di waktu-waktu tertentu.

4. Produk Unik

Mencari keunikan pada sebuah produk juga dapat dijadikan sebagai ide dalam menentukan barang yang akan dijual secara online. Meskipun produk yang dijual belikan memiliki dasar yang sama dengan produk lain, namun dengan menentukan keunikan dari suatu produk akan menjadikan nilai tersendiri.

Baca Lainnya :   5 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal

Sebagai contoh, kita sama-sama menjual barang dengan brand yang sama dengan orang lain. Namun, karena produk online yang kita miliki dikemas dengan rapi dan unik, maka konsumen akan menjadi tertarik untuk membelinya.

5. Produk Hobi

Memiliki hobi yang kebetulan juga digemari banyak orang, merupakan ide yang dapat dituangkan untuk menentukan produk online yang akan dijual. Meskipun hanya barang-barang tertentu, namun produk yang melibatkan hobi memiliki tingkat persaingan yang tidak begitu tinggi.

Memilih produk sesuai hobi juga memiliki keuntungan tersendiri, yaitu menguasai barang-barang dengan mudah. Perdagangan produk hobi juga tergolong loyal, karena hampir sama dengan trends produk, yaitu memiliki ketertarikan pada orang-orang yang memiliki hobi.

Contoh produk online berdasarkan hobi antara lain produk-produk keperluan pemeliharaan burung, alat-alat pancing, peralatan tanaman hias, alat-alat aquarium, dan lain sebagainya. Atau bisa juga mengambil produk-produk elektronik seperti smartphone, laptop, dan PC. Karena di zaman modern seperti sekarang ini banyak yang memiliki hobi bermain game online.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menentukan produk bisnis online. Semoga dapat menjadi referensi bagi yang akan memulai bisnis jual beli online.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top