Home » Bisnis » Iklan Media Cetak : Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Iklan Media Cetak : Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

iklan+media+cetak
Iklan Media Cetak

Iklan Media Cetak : Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya – Berdasarkan media penyebarannya, iklan terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan dijelaskan mengenai iklan media cetak yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contohnya. Langsung saja simak pembahasannya.

Apa Yang Dimaksud Iklan Media Cetak?

Sebelum menjelaskan apa yang dimaksud dengan iklan media cetak, sedikit akan diberikan pemahaman mengenai apa itu iklan. Karena siapa tahu masih ada yang belum tahu pengertian dari iklan itu sendiri.

Iklan dapat didefinisikan sebagai bentuk penyampaian informasi mengenai produk atau jasa kepada khalayak umum. Penyampaian tersebut dapat dilakukan melalui berbagai macam media, salah satunya adalah media cetak.

Pembuatan iklan selalu menggunakan bahasa persuasif dan komunikatif. Persuasif adalah kata-kata yang bersifat mengajak, merayu, membujuk agar terpengaruh oleh pesan yang disampaikan. Sedangkan komunikatif adalah kata-kata singkat, padat, dan mudah dimengerti.

Sementara itu, media cetak adalah suatu media tertulis berwujud nyata yang dibuat dengan cara dicetak. Contoh media cetak seperti koran, majalah, tabloid, surat kabar, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas, dapat diperoleh kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan iklan media cetak adalah iklan yang disampaikan atau dikampanyekan melalui media percetakan. Iklan ini paling sering ditemukan di halaman koran.

Ciri – Ciri Iklan Media Cetak

Meskipun terdapat berbagai macam jenis iklan, iklan yang banyak dijumpai pada koran ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan iklan lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-cirinya, diantaranya yaitu:

  • Cenderung ditulis menggunakan bahasa formal
  • Pemasangannya dibatasi oleh kolom dan baris
  • Kalimat iklan dapat dibuat panjang dan rinci
  • Bisa berbentuk tulisan saja, bisa juga gabungan tulisan dan gambar
  • Disebarkan melalui media cetak
  • Hanya bisa ditangkap melalui pengelihatan saja

Jenis – Jenis Iklan Media Cetak

Iklan yang dipublikasikan melalui media tertulis berbentuk nyata ini secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Iklan Baris, adalah jenis iklan yang terdiri atas beberapa baris saja (biasanya 2 sampai 4 baris). Iklan ini biasanya diletakkan dalam satu halaman bersama dengan iklan baris lainnya yang dikelompokan berdasarakan sub-sub kategori periklanan. Biaya pemasangan iklan ini tergolong paling murah dibanding iklan lainnya.
  • Iklan Kolom, adalah jenis iklan yang dibuat di dalam kolom. Iklan ini dapat dikatakan lebih kompleks dari iklan baris, karena biasanya selalu dilengkapi dengan gambar ilustrasi pendukung materi iklan. Oleh sebab itulah iklan ini sering disebut juga dengan iklan display. Untuk biaya pemasangannya, tentu saja lebih mahal daripada iklan baris.

Contoh Iklan Media Cetak

Berikut merupakan beberapa contoh iklan berbentuk iklan baris dan iklan kolom yang sering ditemukan di media koran berserta gambarnya.

a. Contoh Iklan Baris

contoh+iklan+media+cetak
Contoh Iklan Baris

Contoh iklan media di atas adalah jenis iklan baris. Iklan baris biasanya terdapat pada koran dan hanya terdiri antara 2 sampai 4 baris saja. Dengan jumlah karakter yang terbatas, biasanya iklan dibuat singkat, padat, dan jelas.

Iklan baris biasanya digunakan untuk menjual produk, penawaran jasa, dan lowongan pekerjaan. Harga pemasangan iklan baris ditentukan dari jumlah karakter atau baris yang digunakan.

Dari gambar di atas, iklan tersebut sangat sederhana, hanya menggunakan bahasa yang singkat tanpa adanya gambar. Penempatannya biasanya satu halaman dengan sub-sub kategori yang telah ditentukan. Sehingga memudahkan si pembaca dalam mencari produk /jasa yang sedang dicari.

b. Contoh Iklan Kolom

contoh+iklan+media+cetak
Contoh Iklan Kolom

Iklan kolom juga banyak ditemukan di koran. Perbedaan antara iklan baris dan iklan kolom adalah iklan kolom tidak hanya terdiri dari tulisan saja, tetapi juga dilengkapi dengan gambar agar terlihat lebih menarik.

Pemasangan iklan kolom juga dapat dipesan sesuai permintaan dengan kolom yang lebih luas, bahkan bisa sampai satu halaman penuh. Iklan kolom biasanya digunakan untuk mempromosikan produk elektronik dan otomotif. Namun ada juga yang isinya berupa berita lelayu atau iklan layanan masyarakat.

Contoh gambar iklan di atas merupakan jenis iklan kolom yang mempromosikan produk mobil mitsubishi strada triton. Iklan tersebut lebih menarik dibanding dengan iklan baris karena dilengkapi dengan adanya gambar.

Demikianlah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan iklan media cetak beserat ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh gambarnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top