Home » Ciri-Ciri Iklan Yang Baik Dan Menarik

Ciri-Ciri Iklan Yang Baik Dan Menarik

ciri+ciri+iklan+yang+baik
Ciri-Ciri Iklan Yang Baik

Ciri-Ciri Iklan Yang Baik dan Menarik – Dalam pembuatannya, iklan haruslah memiliki bahasa yang baik. Sehingga dapat menumbuhkan keyakinan dan ketertarikan pada calon konsumen terhadap kebenaran suatu produk atau jasa yang diiklankan. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan seperti apa ciri-ciri iklan yang baik dan menarik.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa iklan adalah bentuk promosi yang sifatnya berbayar dan dilakukan oleh non-personal melalui berbagi jenis media, seperti koran, majalah, radio, televisi, dan lain-lain. Iklan memiliki beberapa jenis. Namun, pada dasarnya iklan yang baik akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Persuasif, bersifat mengajak, membujuk untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
  • Informatif, memberikan informasi yang benar tentang apa yang diiklankan
  • Komunikatif, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
  • Menonjolkan inti pesan, iklan dibuat dengan menonjolkan pesan utama dari suatu yang diiklankan
  • Menarik, setiap iklan dibuat semenarik mungkin dari segi tata bahasa dan gambar

Sebuah iklan dikatakan baik jika mampu manarik perhatian hingga calon konsumen membeli atau menggunakan apa yang diiklankan. Lalu seperti apa ciri-ciri iklan yang baik dan menarik?

Ciri-Ciri Iklan Yang Baik Dan Menarik

Setelah mengetahui ciri-ciri iklan, kita juga harus tahu apa saja ciri-ciri iklan yang baik dan manarik perhatian orang banyak. Berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Bahasa Iklan Yang Tepat

Hal paling penting dalam pembuatan sebuah iklan yaitu cara penulisan atau penggunaan bahasa iklan yang tepat. Suatu iklan akan memberikan nilai lebih jika di dalamnya menggunakan kata-kata yang tepat dan menarik, sehingga mudah diingat dan dipahami oleh khalayak umum. Akan berbeda dengan iklan yang meggunakan bahasa bertele-tele, pasti calon konsumen merasa malas untuk melihatnya.

2. Memiliki Gambar Yang Menarik

Ciri-ciri iklan yang baik selalu menggunakan atau memiliki gambar yang menarik. Dalam pembuatan iklan yang benar, tentunya harus dapat memadukan teks dan gambar pendukung yang menarik. Jika suatu iklan hanya berisi sebuah kata-kata saja, pasti banyak yang mengabaikannya. Namun, jika dipadukan dengan variasi gambar-gambar yang menarik, maka calon konsumen akan lebih berminat untuk melihat iklan tersebut.

Baca Lainnya :  Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

3. Menjelaskan Produk Dengan Jelas

Penjelasan produk dalam suatu iklan merupakan hal sangat penting untuk dilakukan, karena dengan menjelaskan produk dengan jelas, maka masyarakat akan mengetahui informasi terkait produk yang diiklankan. Dalam iklan yang baik, pasti terdapat uraian produk yang dituliskan secara singkat, padat, dan jelas terkait informasi keunggulan dari suatu produk yang diiklankan.

4. Menonjolkan Inti Pesan

Iklan yang dibuat dengan benar adalah iklan yang di dalamnya menunjukkan apa inti dari informasi yang disampaikan iklan. Karena informasi inti dari sebuah iklan akan menjadi pusat perhatian dan fokus utama yang dicari masyarakat. Jadi, suatu iklan yang baik pasti akan menonjolkan inti dari informasi utamanya. Hal itu biasanya dilakukan melalui cara penulisan yang berbeda, misalnya ukuran yang lebih besar, warna yang sangat mencolok, atau gambar pendukung yang unik yang mewakili isi iklan.

5. Disampaikan Secara Komunikatif Dan Informatif

Dalam menyampaikan iklan harus menggunakan bahasa yang komunikatif dan informatif agar pesan yang tersampaikan dalam iklan tersebut tepat sesuai harapan masyarakat. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bahasa iklan yang baik dan mudah dimengerti untuk menjelaskan produk atau layanan secara detail.

6. Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang didalamnya bersifat mengajak, merayu, atau membujuk. Ciri-ciri iklan yang baik pasti terdapat rangkaian kata-kata atau kalimat persuasif di dalamnya. Hal ini bertujuan agar pesan iklan yang dipublikasikan mampu mendorong dan mempengaruhi masyarakat agar semakin tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Lainnya :  Jenis-Jenis Iklan TV Yang Perlu Diketahui

7. Bersifat Jujur dan Objektif

Pembuatan iklan yang baik harus bersifat jujur dan objektif. Tujuannya adalah agar calon konsumen semakin percaya kualitas prosuk yang diiklankan. Meskipun dalam penyampaiannya biasanya menggunakan kata-kata yang melebih-lebihkan, namun pada intinya harus jujur sesuai fakta dan segmentasi dari sesuatu yang ditawarkan.

8. Tidak Menyinggung Produk Kompetitor Lain

Iklan yang baik dan benar adalah iklan yang di dalamnya tidak mengandung unsur-unsur menyinggung atau menjelek-jelekkan produk dari kompetitor lain. Meskipun untuk berkompetisi dalam merebut pasar sangat ketat, namun tidak diperbolehkan untuk merendahkan produk-produk lain. Baik itu produk yang sejenis maupun produk-produk yang berbeda.

9. Menarik Perhatian

Ciri-ciri iklan yang baik dan efektif selalu memiliki nilai-nilai khusus yang mampu menarik perhatian sasaran konsumen. Pembuatan iklan yang dibuat secara menarik pasti akan mudah untuk diingat dan selalu mengajak masyarakat agar terpengaruh dengan pesan iklan. Hal ini biasanya diterapkan melalui adegan atau gaya bahasa tertentu agar iklan lebih menarik perhatian khalayak umum.

10. Sesuai Target Sasaran

Setiap iklan yang dibuat pasti memiliki sasaran target pasar. Iklan yang baik adalah iklan yang selalu tepat sesuai dengan sasaran targetnya. Sebagai contoh, produk yang ditawarkan target pasarnya adalah ibu-ibu rumah tangga, maka dalam pembuatan iklannya harus menggunakan kata-kata yang semenarik mungkin agar iklan tersebut dapat diterima oleh ibu-ibu rumah tangga dengan baik.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri iklan yang baik dan menarik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top