Home » Bisnis » Jenis – jenis Iklan Online Dan Penjelasannya

Jenis – jenis Iklan Online Dan Penjelasannya

jenis+jenis+iklan+online
Jenis – Jenis Iklan Online

Jenis – jenis Iklan Online Dan Penjelasannya – Iklan merupakan suatu cara berbentuk pesan singkat yang digunakan untuk menginfokan atau mempromosikan suatu produk atau jasa. Iklan memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah iklan online.

Apa itu Iklan Online?

Iklan online adalah salah satu diantara jenis-jenis iklan yang dipromosikan kepada masyarakat umum melalui jaringan internet. Isinya berupa pesan atau informasi singkat yang bersifat memperkenalkan atau mengajak kepada sesuatu yang ditawarkan agar terterik untuk mengikuti dan menggunakannya.

Tujuan dari iklan online ini sama seperti jenis iklan lainnya, yakni menyampaikan, mengajak, menghimbau, mencari relasi, serta meraih keuntungan.

Adapun media yang digunakan untuk mempublikasikan iklan online ini seperti website, youtube, aplikasi android, dan berbagai jenis media sosial (facebook, instagram, twitter, dan lain-lain).

Keuntungan Menggunakan Iklan Online

Dalam pelaksanaannya, iklan online memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bentuk iklan lainnya. Diantara keuntungan dari menggunakan iklan online adalah iklan lebih terukur dan memiliki format yang beragam.

Keterukuran pada iklan online dapat dilihat dari adanya sistem laporan data yang telah disediakan oleh penyedianya. Sehingga memudahkan kita dalam menentukan biaya, jangkauan, hingga target di mana iklan dipromosikan.

Selain kemudahan dalam penganalisaan, iklan online juga memiliki kebebasan dalam menentukan jenis dan bentuk format iklan. Misalnya bentuk teks, gambar, video, atau kombinasi dari ketiganya.

Setelah mengentahui pengertian dan keuntungan menggunakan iklan online, berikut akan dijelaskan mengenai jenis-jenis iklan online yang perlu kita ketahui beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jenis – jenis Iklan Online Dan Penjelasannya

  • Direct Advertising

Dalam menampilkan iklan online atau inisiatif promosi lainnya, pemasang iklan dan pemilik media akan berhubungan secara langsung dalam persetujuan kontrak perjanjian. Hal inilah yang dinamakan dengan direct advertising.

Media yang sering digunakan untuk iklan jenis direct advertising adalah website (blog). Biasanya website yang memiliki banyak pengunjunglah yang dijadikan sasaran oleh para pemasang iklan.

Kelebihan : Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini adalah lebih praktis dalam pemasangannya. Kita cukup memajang iklan sesuai yang diinginkan dan menyesuaikan target konsumen agar banyak yang melihatnya.

Kekurangannya : Kekurangan dari jenis iklan direct advertising ada pada ukuran iklan yang akan ditampilkan. Jika ukuran terlalu iklan kecil, maka akan kalah persaingan dari pengiklan lainnya yang memiliki ukuran iklan lebih besar. Di sisi lain, pemasangan iklan dengan ukuran besar akan membutuhkan biaya yang besar juga.

  • Self-service Advertising

Merupakan pemasangan iklan melalui metode dan proses yang dilakukan sendiri secara online dengan pendekatan iklan berdasarkan materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh si pemasang.

Jenis iklan ini dapat dilihat di berbagai situs penyedia layanan iklan. Salah satunya adalah program layanan iklan yang dimiliki oleh google, yakni Google AdWord.

Kelebihan : Dalam pemasangan iklan kita bisa lebih leluasa mengatur sesuai yang diinginkan, baik tata letak dan isi kontennya. Semua diatur oleh diri sendiri. Sedangkan untuk pembayarannya biasanya akan dikeluarkan jika ada konsumen yang mengklik iklan.

Kekurangan : Dalam pembuatan iklan, dibutuhkan keahlian khusus dan kreatifitas yang tinggi dalam mengolah kata kunci agar isinya benar-benar menarik perhatian para konsumen.

  • Ad Networks

Merupakan sebuah jaringan iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik media (website). Jaringan iklan seperti ini biasanya hanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target khusus, tetapi mengincar seberapa besar kemungkinan orang yang melihat iklan dengan biaya serendah-rendahnya.

Kelebihan : Dengan bergabung di jaringan iklan, kita memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun kita harus memiliki pengunjung website yang tinggi agar pendapatan iklan juga semakin tinggi.

Kekurangan : Adanya persyaratan dan ketentuan dalam pemasangan iklan yang harus diikuti, sehingga mengurangi kebebasan dalam memasang iklan. Kita juga tidak bisa menentukan jenis iklan yang akan ditampilkan.

  • Contextual Advertising

Merupakan jenis iklan online yang ditargetkan pada content. Iklan ini tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contohnya adalah iklan Google AdSense.

Iklan jenis ini hanya akan ditampilkan pada pengunjung yang benar-benar tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, sehingga hasil promosi akan lebih terarah sesuai target yang diinginkan.

Kelebihan : Kelebihan yang dari contextual advertising ini yaitu posisi iklan sudah terpilih secara otomatis oleh sistem dengan tepat sesuai produk yang dipromosikan. Selain itu, biaya iklan juga sangat terjangkau, karena diambil dari hitungan per klik dari iklan yang tampil.

Kekurangan : Pemasang iklan tidak dapat menentukan target konsumen, karena semua telah dipilih secara otomatis oleh sistem. Meskipun begitu, iklan tidak ditampilkan secara acak, tetapi telah disesuaikan dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.

  • Twitter Advertising

Merupakan iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis kata kunci pendek yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan kata kunci yang dipilih. Contohnya adalah Twittad.

Kelebihan : Kelebihan dari iklan ini adalah iklan yang dipromosikan akan banyak dikunjungi oleh konsumen yang akan bergabung, sehingga lebih banyak mendapatkan calon konsumen.

Kekurangan : Kekuranganya iklan ini adalah memiliki ukuran bentuk iklan yang kecil dan dibatasi oleh jumlah karakter, sehingga banyak orang yang tidak tahu. Selain itu, iklan mudah tergeser dengan adanya tweets baru yang muncul.

  • In-Text Advertising

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contohnya adalah Vibrant in-Text Ad

Kelebihan : Kelebihan dari in-text advertising ini adalah link situs promosi iklan dapat dilihat oleh semua pengguna.

Kekurangan : Sedangkan kekurangannya yaitu sasaran pasar tidak dapat diprediksi oleh si pemasang iklan.

  • Ad Network Optimization

Merupakan jasa optimasi iklan yang mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan di dalam halaman website dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan terbaik dari karakteristik visualnya.

Kelebihan : Kelibihan dari ad network optimization ini yaitu persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik, serta mendapat efek positif terhadap persaingan iklan.

Kekurangan : Sementa untuk kekurangannya yaitu pemilik biaya kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini dan tidak semua produk dapat diiklankan menggunakan ad network optimization.

  • Rep Ad Agencies

Merupakan agen periklanan yang mewakili situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan oleh brand-brand ternama atau agensi iklan besar. Contohnya seperti Federated Media dan Tribal Fusion.

Kelebihan : Kelebihan iklan ini dapat memudahkan pemasang iklan dalam mempromosikan produk/jasa mereka dan dapat memprediksikannya terlebih dahulu. Hal itu karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.

Kekurangan : Kekurangan dari rep ad agencies ini adalah besarnya biaya periklanan, karena iklan dipromosikan melalui beberapa perantara dan pihak penyedia ruang iklan.

  • Social Advertising

Social advertising adalah iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari para usernya.

Kelebihan : Kelebihan dari social advertising ini adalah promosi dilakukan pada media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Kekurangan : Sedangkan kekurangannnya kita harus mempunyai website untuk memasang iklan untuk memudahkan proses promosi.

  • Video Advertising

Merupakan bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Video advertising ini memiliki berbagai format yang tersedia, termasuk iklan dinamis yang dapat tampil sebelum, setelah, atau selama penayangan content video. Contohnya adalah AdSense for Video.

Kelebihan : Kelebihan dari iklan ini adalah iklannya lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet karena berbentuk audio visual.

Kekurangan : Sedangkan kekurangannya yaitu banyak calon konsumen uang mengabaikan iklan karena lebih fokus melihat video.

  • RSS Advertising

Merupakan iklan yang ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu.

Kelebihan : Kelebihan dari RSS advertising yaitu dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.

Kekurangan : Sedangkan kekurangannya yaitu tidak banyak dilihat oleh para pengguna internet.

  • Sponsorship

Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner. Biasanya berbentuk bantuan dana sebagai penggganti promosi terhadap suatu brand.

Kelebihan : Kelebiahan dari sponsorship ini yaitu sasaran pasarnya lebih banyak, lebih efektif, dan efisiensi terhadap waktu.

Kekurangan : Sementara untuk kekurangannya adalah biayanya yang cukup besar dan pmembutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam pembuatannya agar mampu menarik perhatian para pengunjung.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu iklan online, keuntungan menggunkannya, dan jenis-jenis iklan online yang perlu diketahui sebagai sarana bisnis dalam memperoleh keuntungan.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top