Home » Jenis-Jenis Iklan Media Elektronik

Jenis-Jenis Iklan Media Elektronik

jenis+jenis+iklan+media+elektronik
Jenis-Jenis Iklan Media Elektronik

Jenis-Jenis Iklan Media Elektronik – Berdasarkan media yang digunakan, iklan dibedakan menjadi dua jenis, yakni iklan media cetak dan iklan media elektronik. Jika sebelumnya telah dijelaskan mengenai jenis-jenis iklan media cetak, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis iklan media elektronik.

Iklan elektronik adalah jenis iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Beberapa jenis media elektronik yang digunakan untuk menanyangkan iklan antara lain radio, televisi, internet, dan videotron. Bentuknya dapat berupa iklan banner, iklan baris, iklan display, dan lain-lain.

Iklan media elektronik memiliki karakterisitik yang berbeda dengan jenis iklan media lainnya. Berikut merupakan ciri-ciri iklan yang penyebarannya melalui media elektronik:

  • Biasanya berbentuk cerita pendek
  • Menggunakan kata-kata yang menarik dan tertarget
  • Menggunakan kalimat persuasif dan informatif
  • Menggunakan elemen kata-kata, suara, dan gambar

Jenis-Jenis Iklan Media Elektronik

Berikut merupakan jenis-jenis media elektronik yang digunakan sebagai penyebaran iklan, diantaranya yaitu:

1. Iklan Radio

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif, artinya media yang menggunakan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh sebab itu, penyebaran iklan melalui media radio memiliki ciri khas tersendiri, yakni hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara saja.

Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan alunan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan).

Baca Lainnya :   Tips Menentukan Produk Bisnis Online

Untuk menayangkan iklan melalui radio, perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah tersebut harus sesuai dengan konsep dari suatu produk yang akan akan diiklankan, seperti pertimbangan skenario iklan yang digunakan, baik musik maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana pendukung skenario agar lebih menarik.

2. Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan yang dipublikasikan melalui media televisi. Iklan televisi lebih menarik jika dibandingkan iklan radio. Karena iklan yang ditampilkan merupakan kombinasi antara suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki ciri-ciri khusus, yaitu dapat dilihat dan didengar.

Dalam pembuatan iklan televisi selalu diawali dengan membuat rancangan terlebih dahulu. Rancangan tersebut biasanya dalam bentuk sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah iklan. Setelah mendapatkan persetujuan oleh pengiklan, barulah rancangan iklan televisi dibuat yang kemudian ditampilkan di televisi.

3. Iklan Internet

Iklan internet adalah jenis iklan elektronik yang ditampilkan melalui media internet. Iklan ini dapat kita jumpai pada sebuah gadget yang terhubung dengan jaringan internet. Iklan internet mempunyai bentuk yang beragam. Misalnya iklan yang hanya dapat didengar, ada juga yang dapat dilihat dan didengar.

Munculnya iklan internet ini di dasari oleh perkembangan teknologi informasi. Melalui media internet, iklan dapat meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi secara dramatis dan interaktif.

Baca Lainnya :   Ciri-Ciri Iklan Yang Baik Dan Menarik

4. Iklan Videotron

Iklan videotron juga dikenal sebagai baliho digital. Iklan ini merupakan salah satu iklan media elektronik yang populer di dunia periklanan. Iklan pada videotron dapat menampilkan gambar bergerak yang biasanya dilengkapi suara, sehingga telihat lebih menarik perhatian. Videotron sering dijumpai di pinggir jalan atau di tempat umum, sehingga dapat menjangkau masyarakat secara luas.

Menurut perkembangannya, videotron ini dianggap sebagai media elektronik penyebaran iklan yang efektif. Dengan ukuran layar yang besar, maka tampilan iklan akan terlihat lebih jelas. Meskipun biaya untuk memiliki videotron cukup mahal, namun manfaat yang didapat seimbang dengan harganya.

Nah, itulah berbagai macam jenis iklan yang menggunakan media elektronik sebagai penyebarannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top