Home » Bisnis » Cara Memulai Bisnis Tukang Kayu Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Tukang Kayu Untuk Pemula

cara+memulai+bisnis+tukang+kayu
Cara Memulai Bisnis Tukang Kayu

Tips Memulai Bisnis Tukang Kayu – Di era modern seperti ini, bisnis tukang kayu bisa dikatakan sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Kenapa begitu? Coba lihat di sekeliling kita, sebagian besar barang-barang furniture dibuat oleh pabrikan dan memiliki motif yang serupa. Sehingga banyak orang yang jatan meminati karena modelnya hanya itu-itu saja.

Dalam memulai setiap bisnis, pastinya harus memiliki bakat dan ketrampilan. Tanpa adanya unsur tersebut, kemungkinan besar akan mengalami kegagalan di tengah jalan. Tak jauh berbeda jika akan memulai bisnis tukang kayu, tentunya skil dan mental pun harus diutamakan dalam pelaksanaannya.

Untuk itu, bagi yang sudah membulatkan tekadnya untuk menjalankan bisnis di bidang perkayuan, berikut ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Apa saja tips tersebut? Simak uraian di bawah ini mengenai tips memulai bisnis tukang kayu.

Tips Memulai Bisnis Tukang Kayu Yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa aspek penting yang perlu dilakukan untuk mengawali menjalankan bisnis sebagai tukang kayu, diantaranya yaitu :

1. Bakat Dan Ketrampilan

Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk memulai bisnis tukang kayu, perlu adanya bakat dan ketrampilan yang cukup. Bakat dan ketrampilan tersebut biasanya telah terlihat dari hobi yang sering dikerjakan, misalnya mahir dalam membuat sebuah desain, terampil dalam merakit benda, dan teliti dalam melakukan pengukuran dengan alat ukur.

2. Memiliki Modal Yang Cukup

Modal merupakan peranan utama dalam memulai bisnis apa pun. Dalam bisnis tukang kayu, modal ini tentu saja digunakan untuk membeli alat-alat, perlengkapan, dan bahan yang digunakan untuk membuat aneka jenis kerajian kayu. Dengan adanya modal yang cukup, tentu saja pelaksanan bisnis akan berjalan lancar.

Baca Juga :  Cara Transfer Uang Melalui Hp Android

3. Penguasaan Materi Usaha

Dalam menjalankan bisnis apa pun, penguasaan terhadap materi usaha merupakan langkah awal yang harus ditempuh. Jika akan berkecimpung di dunia tukang kayu, kita harus dapat memilih peralatan yang bagus, menentukan bahan yang berkualitas, penguasaan materi ilmu perkayuan, perhitungan keuangan , dan menentukan media pemasaran.

4. Menyiapkan Alat – Alat Tukang Kayu

Alat-alat tukang kayu juga harus disiapkan sebelum memulai usaha. Karena peralatan ini juga sangat penting dalam masalah operasional kerja. Diantara alat-alat tukang kayu yang perlu disiapkan antara lain :

  • Gergaji / mesin cyrcle, digunakan untuk memotong atau membelah kayu.
  • Serut kayu / mesin planner, digunakan untuk meratakan permukaan kayu.
  • Mesin profil / trimmer, digunakan untuk membuat list (variasi tepian kayu).
  • Mesin gerinda, merupakan alat multifungsi yang dapat digunakan untuk memotong, meratakan, menghaluskan, dan lain sebagainya.
  • Mesin bor, digunakan untuk membuat lubang.
  • Mesin sender atau mesin amplas, digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu.
  • Tatah, palu, alat ukur, pensil kayu, lem kayu.
  • Peralatan pengecatan, seperti mesin kompresor dan spraygun.

5. Memulai Pekerjaan Yang Ringan

Untuk memulai usaha perkayuan, sebaiknya mulailah dengan pekerjaan yang ringan yang tidak begitu membutuhkan banyak bahan, misalnya seperti kandang burung, hiasan dinding, tempat bunga, meja, dan kursi. Jika usaha mulai berkembang, barulah memikirkan untuk membuat barang-barang berukuran besar, seperti lemari pakaian, bufet, dipan, dan lain-lain.

6. Memasarkan Melalui Media Online

Di zaman sekarang ini, media online merupakan tempat yang paling tepat untuk memasarkan produk. Kita dapat memanfaatkan berbagai media sosial online yang populer, seperti facebook, instagram, youtube, twitter, what up, dan lain sebagainya. Atau kita juga dapat membuat sebuah website untuk memasarkan produk-produk barang kerajinan kayu yang kita kelola.

Baca Juga :  Cara Menghitung Persentase Keuntungan Dan Diskon

Bagaimana, berminat untuk memulai bisnis perkayuan? Itulah 6 cara memulai bisnis tukang kayu yang wajib diperhatikan dan diterapkan untuk mengawali langkah usaha Anda. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top