Home » Bisnis » Jenis-Jenis Iklan Media Cetak Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Iklan Media Cetak Dan Penjelasannya

jenis+jenis+iklan+media+cetak
Jenis-Jenis Iklan Media Cetak

Jenis-Jenis Iklan Media Cetak – Iklan merupakan bentuk promosi barang atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat. Berdasarkan medianya, iklan dibedakan menjadi iklan media cetak dan iklan media elektronik. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa itu iklan media cetak dan apa saja jenis-jenis iklan media cetak.

Apa Itu Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan melalui media percetakan. Iklan media cetak berwujud nyata secara fisik. Contoh iklan media cetak yaitu iklan kolom dan iklan baris yang ada di koran, surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain.

Dalam perkembangannya, jenis iklan media cetak telah mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh munculnya media baru dalam dunia periklanan, yakni media elektronik yang jauh lebih menarik untuk menyebarkan iklan.

Perbedaan iklan media cetak dan media elektronik adalah iklan media cetak berbentuk nyata yang bisa disentuh, sedangkan iklan media elektronik berbentuk non-fisik yang hanya bisa didengar dan dilihat. Berikut merupakan ciri-ciri iklan media cetak yang perlu diketahui, diantaranya yaitu:

  • Bersifat tertulis (nyata)
  • Biasanya menggunakan bahasa formal
  • Pemasangannya dibatasi oleh kolom dan baris
  • Berbentuk tulisan atau gambar, atau perpaduan keduanya
  • Berisi bujukan yang mempengaruhi
  • Dapat disimpan dan dibaca kapan saja
  • Hanya bisa ditangkap melalui pengelihatan
  • Disebarkan melalui media cetak

Jenis-Jenis Iklan Media Cetak Dan Penjelasannya

Berdasarkan bentuk dan tampilannya, iklan media cetak dibedakan menjadi iklan baris, iklan display, sisipan pracetak, pengumuman publik, dan ruang media koran. Berikut penjelasannya.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

1. Iklan Baris

Iklan baris merupakan iklan yang banyak ditemukan di koran. Biasanya dikemas dalam bentuk baris dan kolom. Peletakannya biasanya berada di bawah subjudul tertentu yang mengilustrasikan promosi barang atau jasa atau informasi lainnya.

Harga pembiayaan dari iklan baris secara umum ditentukan oleh jumlah baris yang digunakan dan disesuaikan dengan seberapa banyak jumlah kemunculan iklan di setiap halaman.

2. Iklan Display

Iklan display banyak dijumpai di seluruh media cetak, seperti koran, majalah, tabloid, brosur, dan lain-lain. Jenis iklan media cetak ini secara umum menggunakan bentuk gambar, ilustrasi, atau jenis visual lainnya sebagai tambahan materi tulisan yang bertujuan untuk menarik perhatian publik.

3. Sisipan Pracetak

Sisipan pracetak merupakan iklan yang tidak secara langsung dicetak pada media cetak, tetapi dibuat sendiri oleh pengiklan, kemudian disisipkan ke dalam halaman pada media cetak sebelum dikirim. Iklan pracetak banyak dijumpai pada majalah dan tabloid.

4. Pengumuman Publik

Pengumuman publik adalah suatu pernyataan tentang informasi berbagai laporan atau pengumuman dari badan pemerintah dan badan keuangan. Pengumungan publik ini biasanya berisi tentang keuangan, perubahan dalam bisnis, atau hubungan pribadi.

5. Ruang Media Koran

Ruang media iklan merupakan sebuah ruang atau halaman pada media cetak yang dibeli oleh pengiklan secara langsung. Kemudian ruang tersebut digunakan oleh pengiklan untuk memasang penawaran merk suatu barang tertentu.

Baca Lainnya :   Iklan Media Cetak: Ciri-Ciri, Jenis, Dan Contohnya

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian iklan media cetak dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top