Home » Bisnis » Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

perbedaan+iklan+baris+dan+iklan+kolom
Perbedaan Iklan Baris Dan Iklan Kolom

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom – Iklan baris dan iklan kolom merupakan jenis iklan yang dikelompokan berdasarkan ruang iklannya. Kedua iklan ini biasanya dimuat di dalam media cetak, seperti koran dan majalah. Nah, kali ini akan dijelaskan tentang perbedaan antara iklan baris dan iklan kolom.

Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, akan diuraikan terlebih dahulu mengenai pengertian iklan baris dan iklan kolom yang meliputi pengertian, ciri-ciri, dan contohnya. Berikut penjelasannya.

Pengertian Iklan Baris

Iklan baris adalah iklan berbentuk baris yang dimuat menggunakan kata-kata singkat yang terdiri dari 3 sampai 6 baris. Iklan ini merupakan jenis yang tidak menggunakan gambar ilustrasi, melainkan berbentuk kata-kata singkatan yang lebih mengutamakan inti informasi pesan iklan.

Iklan baris memiliki jenis yang sangat banyak, namun biasanya dikelompokan menjadi sub-sub kategori tertentu, seperti iklan penawaran, iklan penjualan, iklan permintaan, dan iklan lowongan kerja. Biaya pembuatan iklan baris cukup murah jika dibandingkan dengan iklan kolom. Hal ini dikarenakan jenis iklan ini memiliki ukuran yang kecil dan sederhana, serta tidak membutuhkan desain grafis.

Ciri-Ciri Iklan Baris

Berikut merupakan karaktersitik yang dimiliki oleh iklan sebagai ciri khasnya, diantaranya yaitu:

  • Berupa baris dan memakai kata-kata singkat
  • Tampilan iklan berwana hitam putih
  • Tidak menggunakan gambar ilustrasi
  • Terdiri dari 3 sampai 6 baris
  • Ukuran kolom kurang lebih 3 x5 cm
  • Isi iklan merupakan inti penawaran
  • Terdapat informasi pembuat iklan, seperti nama, alamat, dan no hp
  • Biayanya pemasangan dihitung per kata

Contoh Iklan Baris

Iklan barsi biasanya digunakan untuk penawaran, penjualan, dan permintaan, seperti, iklan jual motor/mobil, penjualan barang-barang elektronik, jual beli rumah/tanah, iklan lowongan kerja. Dan berikut merupakan beberapa contoh iklan baris.

  • JUAL RUMAH BARU Blok 10, Puri Indah,Bogor,dekat mall,Lt.130/Lb.100,SHM,Siap huni,jual cepat!hrg.nego!! Hub.082345678890.
  • Jaua Cpt VARIO 2017 W.merah, a/n sendiri, srt lkp, mulus trwat, harga 10jt nego. Hub:082345678890.
  • BTH SGR P/W U/CLEANING SERVICE & PRT Gj 4-5Jt/bln . Pend min SMA sdrjt. Usia min20, mak 35. dbrkn pelatihan, U/ krja di BRUNEI Hub 082345678890 (WA).

Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom adalah iklan yang dimuat di dalam kolom. Iklan ini hampir sama dengan iklan baris, tetapi umumnya terdiri atas teks dan gambar ilustrasi untuk memperjelas dan menarik perhatian khalayak umum. Ciri-ciri iklan kolom paling utama adalah terdapat gambar atau display.

Ukuran iklan kolom lebih besar dari iklan baris, bahkan bisa satu halaman penuh di koran. Selain gambar, terdapat juga kata-kata penjelasan dan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Biaya pemasangan iklan kolom berdasarkan per milimeter kolom, semakin besar ukuran kolom maka semakin tinggi biaya pemasangannya.

Ciri-Ciri Iklan Kolom

Berikut merupakan ciri khas iklan kolom:

  • Berisi informasi singkat dan foto/gambar ilustrasi.
  • Ukurannya lebih besar dari pada iklan baris, bahkan ada yang satu halaman penuh.
  • Berisi tentang promosi/penawaran barang dan jasa, pengumuman pribadi/keluarga, serta ajakan/himbauan mengenai suatu hal.

Contoh Iklan kolom

Iklan kolom biasan berisi tentang promosi produk baru, ucapan keluarga, dan iklan layanan masyarakat. Berikut merupakan beberapa contoh iklan kolom:

  • Iklan promosi barang-barang elektronik
  • Iklan penawaran mobil atau sepeda motor baru
  • Iklan ucapan bela sungkawa
  • Iklan layanan masyarakat tentang bahaya rokok, anti narkoba,lingkungan hidup, dan lain-lain.

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Berdasarkan penjelasan singkat dari kedua jenis iklan diatas, maka dapat disimpulkan beberapa perbedaan iklan baris dan iklan kolom yaitu sebagai berikut:

1. Berdasarkan Tampilan

Perbedaan yang pertama dari kedua iklan tersebut terlihat dari tampilan iklan yang disajikan. Iklan baris jarang atau tidak memuat gambar ilustrasi dalam pembuatannya. Sedangkan iklan kolom selalu disajikan menggunakan gambar atau display yang menjadikannya terlihat lebih menarik.

2. Berdasarkan Ukuran

Perbedaan yang kedua antara iklan baris dan iklan kolom terlihat pada ukuran penyajiannya. Iklan baris memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan iklan kolom. Karena iklan baris hanya berisi kata-kata singkat yang terdiri sekitar 3 sampai 6 baris saja. Sedangkan ukuran iklan kolom lebih besar, bahkan ada yang ukurannya mencapai satu lembar halaman penuh pada koran.

3. Berdasarkan Biaya Pemasangan

Perbedaan yang ketiga dapat dilihat dari biaya pemasangannya. Iklan baris memiliki biasa pemasangan yang lebih murah jika dibandingkan dengan iklan kolom. Biaya pemasangan iklan baris ditentukan berdasarkan jumlah baris yang digunakan. Sedangkan biaya pemasangan iklan kolom dihitungan berdasarkan ukuran per milimeter kolom.

4. Berdasarkan Ketertarikan

Perbedaan iklan baris dan iklan kolom selanjutnya dapat dilihat dari segi ketertarikan pembaca. Biasanya, pembaca lebih tertarik melihat iklan kolom yang ada gambarnya daripada melihat iklan baris yang hanya berbentuk tulisan. Namun, banyak juga yang melihat iklan baris karena terdapat beberapa sub-sub kategori yang lebih leluasa untuk mencari apa yang diiinginkan.

Setelah mengetahui perbedaannya, jenis iklan apa yang paling baik digunakan? Ya, semua tergantung budget dan kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh, barang yang dijual adalah bekas, tentu lebih baik menggunakan iklan baris karena biayanya yang lebih murah. Sementara itu, jika produk yang ditawarkan memiliki jumlah yang banyak, maka iklan kolom lebih tepat untuk dipilih karena memiliki daya tarik yang tinggi dibanding iklan baris.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara iklan baris dan iklan kolom. Semoga bermanfatat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top