Home » Bisnis » Contoh Iklan Baris Penawaran dan Permintaan

Contoh Iklan Baris Penawaran dan Permintaan

contoh+iklan+baris
Iklan Baris Penawaran dan Permintaan

Contoh Iklan Baris Penawaran dan Permintaan – Suatu kegiatan yang paling tepat untuk melakukan penawaran ataupun permintaan baik barang atau jasa kepada khalyak adalah dengan cara beriklan. Namun, kita juga harus mengetahui jenis-jenis iklan yang ada. Karena setiap jenisnya memiliki biaya yang berbeda-beda.

Salah satu jenis iklan yang memiliki biaya murah adalah iklan baris. Media penyebaran iklan ini umumnya melalui koran. Namun, dengan berkembangnya tehnologi, jenis iklan ini sekarang mengalami perkembangan pada media yang digunakan, yaitu melalui internet (iklan online).

Iklan baris itu sendiri adalah iklan yang menggunakan kata-kata singkat, umunya hanya dibuat 2 sampai 4 baris. Dahasa inggris, iklan ini disebut classsified advertising, merupakan jenis iklan yang tidak menggunakan ilustrasi/gambar, dan isinya langsung mengarah ke inti dari penawaran atau permintaan.

Untuk mengetahui lebih lengkap seperti apa karakterisitik iklan baris, simak ciri-ciri iklan baris berikut ini:

  • Berisi inti informasi dari pesan iklan.
  • Berupa kata-kata singkat atau singkatan.
  • Umumnya tersusun dari 2 sampa 4 baris.
  • Dimuat berdasarkan sub-sub kategori, seperti penjualan rumah/tanah, jual beli hp, penjualan mobil, lowongan kerja, dan lainnya.
  • Tidak membutuhkan ilustrasi/gambar.
  • Harga pemasangannya lebih murah dibanding iklan lainnya.
  • Biayanya dihitung berdasarkan jumlah kata.
  • Dilengkapi kontak yang bisa dihubungi.
  • Terdapat fakta atau kejelasan, seperti: nama produk dan nomer hp.
  • Terdapat opini agar lebih menarik, seperti, barang bagus, terawat, dan lain-lain.

A. Contoh Iklan Baris Penawaran

Iklan penawaran disebut juga sebagai iklan niaga, karena berisi tentang perdagangan suatu barang atau jasa. Karena faktor biaya yang murah, banyak pengiklan yang menggunakan iklan baris untuk menawarkan barang yang dijual. Dan berikut merupakan contoh iklan baris penawaran yang sering dijumpai:

1. Contoh Iklan Baris Jual Beli Tanah/Rumah

Contoh:
JUAL TANAH MURAH (SHM) Jl Gerilya 100A, Rp1jt/m2, L:1.500m2, Bonus Rumah 2Lt, Lok strategis, bbs bnjr, Cck U/Ruko & Peristirahatan. Tertarik Hub: 08234567888.

Iklan di atas menunjukan bahwa dijual rumah bersertifikat hak milik dengan bonus rumah yang dibangun di atas tanah tersebut. Pengiklan dengan jelas memberikan informasi luas tanah dan lokasi rumah beserta harganya. Dengan menyertakan alamat dan nomer hp, maka memudahkan khlayak untuk menghubungi si pengiklan.

2. Contoh Iklan Baris Penawaran Sepeda Bekas

Contoh:
Dijual cpt,Spd Bks, hrg 500k (Nego), kond:mulus,terawat,siap pakai, almt:jl.pisang No.25,kaliwatu,Smg telp: 08211223344 (WA).

Dalam iklan tersebut diberitahukan bahwa dijual secara cepat sepeda bekas dengan kondisi terawat dan siap pakai. Pengiklan juga menyertakan alamat dan nomer yang bisa dihubungi bagi siapa saja yang tertarik untuk membelinya dengan harga nego.

B. Contoh Iklan Baris Permintaan

Pengertian iklan permintaan adalah iklan yang ditujukan kepada khlayak untuk menjalin suatu hubungan kerjasama yang saling menguntungkan. Jenis iklan baris permintaan yang sering ditemukan adalah iklan lowongan pekerjaan. Namun, jenis iklan ini juga dapat ditujukan untuk mencari barang/jasa yang sedang dibutuhkan. Berikut merupakan beberapa contoh iklan baris permintaan, diantaranya yaitu:

1. Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

Contoh:
DICARI BABYSITTER, wanita, gaji 2-3jt,umur 25-35th, jujur, wlyh Smg, Hub:Rina:082211445050.

Iklan lowongan kerja tersebut menjelaskan bahwa membutuhkan seorang wanita sebagai babysister dengan spesifikasi umur dan gaji yang tertertera dengan jelas untuk ditempatkan di wilayah Semarang. Si pengiklan juga menyertakan nama dan nomer hp untuk memudahkan menghubunginya bagi siap saja yang berminat.

2. Contoh Iklan Baris Permintaan Barang

Contoh:
DiBELI MOBIL th 2008 keats,kond:lyk pakai,trm mbl Jkrta/daerah, byr tunai/trnsfr dtempt, Tlp:08228888990.

Iklan permintaan tersebut menjelaskan bahwa dicari atau mencari mobil bekas dengan ketentuan tahun pembuatan di atas 2008. Si pengiklan juga menerima mobil dari Jakarta atau daerah lainnya. Untuk masalah pembayarannya bisa tunai atau melalui transfer bank. Jika memiliki mobil dengan ketentuan tersebut dan ingin dijual, pengiklan telah menyertakan no.telp untuk menghubunginya.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh iklan baris penawaran dan permintaan beserta penjelasannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top