Home » Bisnis » Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Medianya, Dan Tujuannya

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Medianya, Dan Tujuannya

jenis+jenis+iklan
Jenis-Jenis Iklan

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Medianya, Dan Tujuannya – Iklan merupakan suatu bentuk promosi yang bersifat mengajak. Iklan memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis iklan dapat dibedakan berdasarkan isinya, medianya, dan tujuannya.

Dari berbagai jenis iklan yang ada, umumnya iklan berisi kata-kata atau kalimat yang menarik. Karena tujuan iklan adalah untuk membujuk dan mendorong masyarakat agar tertarik dengan apa yang diiklankan.

Pengelompokan jenis iklan sebenarnya didasari oleh untuk apa sebenarnya iklan dibuat. Karena sebuah iklan dapat bersifat komersial maupun non-komersial. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai apa saja jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, medianya, dan tujuannya.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, iklan dibedakan menjadi 4 jenis, yakni iklan pemberitahuan, iklan penawaran, iklan permintaan, dan iklan layanan masyarakat.

1. Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

Iklan pemberitahuan atau pengumuman adalah jenis iklan yang bertujuan memberi informasi kepada masyarakat mengenai suatu hal. Contoh isi iklan pemberitahuan yaitu pemberitahuan acara, berita kehilangan, berita duka cita, reuni akbar, hingga pernikahan.

Selain itu, iklan ini juga dapat berisi pemberitahuan peraturan baru, informasi perubahan peraturan, pemberitahuan pembubaran perusahaan, atau rapat pemegang saham dalam suatu perusahaan.

2. Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan penawaran adalah iklan yang berisi tentang penawaran suatu produk atau jasa untuk mempengaruhi masyarakat agar menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan penawaran disebut juga dengan iklan niaga.

Secara garis besar, tujuan dari iklan penawaran adalah untuk mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu, jenis iklan ini termasuk dalam kategori iklan komersial.

Contoh iklan penawaran antara lain iklan jual beli rumah, iklan penjualan mobil, iklan sepeda motor, iklan barang-barang elektronik, serta iklan-iklan penawaran jasa yang sering dijumpai di berbagai media cetak maupun media elektronik.

Baca Lainnya :  Toko Pakaian Duta Mode Cilacap

3. Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah iklan yang ditujukan kepada masyarakat tertentu agar mau bekerja sama dengan pihak pengiklan. Tujuannya adalah untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Iklan ini juga dapat digunakan untuk mencari barang atau jasa yang sedang dibutuhkan, contohnya seperti iklan lowongan pekerjaan.

4. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang isinya berupa informasi atau himbauan kepada masyarakat mengenai suatu ide atau gagasan untuk kepentingan masyarakat. Tujuannya yaitu untuk memberi penerangan atau meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai suatu hal.

Iklan layanan masyarakat termasuk dalam jenis iklan non-komersial dan bersifat umum. Contoh iklan layanan masyarakat antara lain iklan peduli lingkungan, iklan mentaati peraturan lalu lintas, anti hoax, program KB, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Berdasarkan medai yang digunakan, iklan dibedakan menjadi iklan media cetak dan iklan elektronik.

1. Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak. Iklan ini dibuat dalam bentuk nyata secara fisik. Iklan ini dapat ditemui di dalam koran, majalah, surat kabar, tabloid, baleho, poster, stiker, spanduk, selebaran, dan lain-lain.

Berdasarkan ukuran dan ruangannya, iklan media cetak dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Iklan Baris, merupakan iklan yang dibuat hanya beberapa baris. Biasanya terdiri dari 2 sampai 4 baris dengan ukuran luasnya tidak sampai melebihi satu kolom.
  • Iklan Kolom, merupakan iklan yang dibuat dengan bentuk kolom. Biasanya iklan ini memiliki luas satu kolom dan disertai gambar
  • Iklan Display, iklan ini hampir sama dengan iklan kolom, tetapi tampilan tulisan dan gambarnya memiliki ukuran yang lebih besar

2. Iklan Media Elektronik

Iklan media elektronik adalah iklan yang dipublikasikan menggunakan media elektronik. Contohnya yaitu iklan-iklan yang ditayangkan melalui radio, televisi, billboard, hingga internet.

Baca Lainnya :  Mobile Banking Dan Fungsi Mobile Banking

Jenis iklan ini dapat didengar, dilihat, atau perpaduan dari keduanya. Sehingga lebih menarik dari iklan media cetak. Namun, iklan media elektronik hanya dapat dilihat saat ditayangkan saja. Berbeda dengan iklan media cetak yang dapat dilihat kapan saja.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, iklan dibedakan menjadi iklan komersial dan iklan non-komersial.

1. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan penawaran yang digunakan untuk memasarkan suatu produk. Iklan komersial termasuk iklan niaga, karena memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi melalui peningkatan penjualan.

Iklan komersial terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan strategis dan iklan taktis. Iklan strategis bertujuan untuk membangun sebuah merek produk agar semakin terkenal. Sedangkan iklan taktis lebih ke penawaran jangka pendek melalui diskon, limited edition, bonus, dan lain-lain.

2. Iklan Non-Komersial

Iklan non-komersil adalah jenis iklan yang bertujuan menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat untuk kepentingan bersama. Tujuan dari iklan ini bukanlah untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan agar masyarakat mendapat suatu wawasan, kesadaran diri, serta perubahan sikap dan perilaku.

Pada umumnya, iklan non-komersial berisi suatu ajakan dan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu hal demi kepentingan umum. Contohnya seperti iklan lingkungan hidup, penyuluhan penghijauan, ajakan hemat energi, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, medianya, dan tujuannya beserta masing-masing penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top