Home » Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya

jenis+jenis+iklan+berdasarkan+bentuknya
Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya – Iklan merupakan suatu bentuk penyampaian pesan kepada masyarakat yang bersifat mengajak. Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk penyajiannya. Pada artikel ini akan dibahas tentang jenis-jenis iklan berdasarkan bentuknya.

Penyebaran iklan dapat melalui media cetak maupun media elektronik. Dalam iklan media cetak, iklan hanya dapat berbentuk tulisan dan gambar. Namun, iklan pada media elektronik biasanya bentuknya lebih menarik karena menampilkan perpaduan gambar dan suara.

Meskipun disajikan dalam bentuk yang beragam, namun tujuan iklan pada umumnya adalah untuk memberikan informasi atau mempromosikan suatu barang dan jasa. Lalu, apa saja jenis-jenis iklan jika dilihat dari bentuknya?

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Bentuknya

Iklan memiliki beragam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan isi, tujuan, media, dan bentuknya. Berikut merupakan jenis-jenis iklan berdasarkan bentuk penyajiannnya.

1. Iklan Berbentuk Teks

Iklan teks merupakan iklan yang dibentuk dari rangkaian kata-kata atau kalimat yang bersifat mempengaruhi, mengajak, dan membujuk masyarakat untuk membeli atau menggunakan suatu produk.

Iklan ini banyak ditemukan di dalam media cetak seperti koran, majalah, surat kabar dalam bentuk iklan baris.

2. Iklan Berbentuk Gambar

Iklan berbentuk gambar merupakan iklan yang terbuat dari sebuah gambar yang dapat menyampaikan informasi mengenai tentang suatu produk atau jasa. Dengan melihat gambar iklan, maka orang yang melihatnya akan terpengaruhi dan terbujuk untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Lainnya :   Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Media Yang Digunakan

Iklan berbentuk gambar biasanya memuat beberapa kalimat atau slogan untuk menjelaskan isi gambar. Iklan bentuk gambar ini dapat ditemui di media cetak, banner, dan televisi.

3. Iklan Berbentuk Suara

Iklan berbentuk suara merupakan iklan yang dibuat dari rekaman suara untuk menyampaikan informasi dan pesan mengenai suatu produk. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice, musik, dan efek suara.

Iklan berbentuk suara ini biasanya kita temukan di radio. Namun, banyak juga yang dijumpai di televisi atau internet yang dikolaborasikan dengan gambar dan gerak.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis iklan jika dilihat dari bentuk penyajiannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top