Home » Bisnis » Iklan Kolom : Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contohnya

Iklan Kolom : Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contohnya

iklan+kolom
Iklan Kolom

Iklan Kolom – Iklan kolom merupakan salah satu jenis iklan media cetak yang sering dimuat pada koran. Dari segi ukurannya, iklan kolom umumnya lebih besar dari iklan baris. Lalu, apa yang dimaksud iklan kolom? Simak pembahasan berikut ini mengenai pengertian, ciri-ciri, contoh iklan kolom, dan perbedaan iklan kolom dengan iklan baris.

Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom adalah jenis iklan medai cetak yang memiliki ukuran lebih besar dari iklan baris. Iklan kolom hampir mirip dengan iklan baris, namun iklan ini umumnya terdiri dari teks dan gambar ilustrasi yang menjadikannya lebih menarik jika dibandingkan dengan iklan baris.

Bentuk iklan kolom umumnya berupa susunan kalimat yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi, atau kata-kata dengan jenis huruf yang menonjol. Iklan kolom memiliki ukuran lebih besar dari iklan baris dan dibuat dalam petakan, bahkan ada yang sampai satu halaman penuh.

Iklan kolom termasuk dalam iklan display, karena terdiri dari kalimat dan gambar ilustrasi. Selain berisi penawaran suatu produk, jenis iklan juga dapat berisi informasi pribadi atau iklan layanan masyarakat. Contohnya seperti ucapan terima kasih, berita duka, ucapan pernikahan, iklan KB, hingga penyuluhan kesehatan.

Iklan kolom merupakan jenis iklan yang dikategorikan berdasarkan ruangan iklannya. Biaya pemasangannya tergantung dari ukurannya. Semakin besar kolom yang digunakan, maka akan semakin mahal harganya. Berbeda dengan iklan baris yang harganya ditetapkan berdasarkan jumlah kata.

Baca Lainnya :  Contoh Iklan Baris Penawaran Dan Permintaan

Ciri-Ciri Iklan Kolom

Dari penjelasan iklan kolom di atas, maka dapat kita ketahui seperti apa karakteristiknya. Berikut merupakan ciri-ciri iklan kolom yang perlu kita ketahui, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan kata-kata singkat dan jelas
  • Informasi bisa berbentuk kata-kata dan gambar
  • Bentuknya lebih menarik dari iklan kolom
  • Ukuran iklan kolom lebih besar dari pada iklan baris, bahkan ada yang satu halaman penuh
  • Berisi penawaran barang/jasa, pengumuman, atau iklan layanan masyarakat
  • Banyak dijumpai pada koran dan majalah

Contoh Iklan Kolom

contoh+iklan+kolom
Contoh Gambar Iklan Kolom

Gambar di atas merupakan contoh iklan kolom yang dipublikasikan melalui media koran dan berdampingan dengan iklan baris. Iklan tersebut berisi informasi tentang promosi penjualan mobil edisi paket lebaran dengan penawaran banyak bonusnya.

Pengiklan menjelaskan bahwa menawarkan mobil produk susuki dengan berbagai pilihan tipe dan warna, seperti APV, PICK UP, SWift, dan lain-lain yang siap dikirim karena stocknya tersedia tanpa harus inden terlebih dahulu. Pengiklan juga menyantumkan nomer Hp yang bisa dihubungi bagi siapa saja yang berminat.

Perbedaan Iklan Baris Dan Iklan Kolom

Dari uraian di atas, secara tidak langung telah terlihat apa saja perbedaan antara iklan baris dan iklan kolom. Perbedaan antara iklan baris dan iklan kolom dapat dilihat dari beberapa segi. Berikut penjelasannya.

Baca Lainnya :  5 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal

1. Tek Kalimat

Iklan baris umumnya menggunakan teks singkat berupa singkatan-singkatan kata, sedangkan pada iklan kolom menggunakan kata-kata singkat dengan variasi bentuk font yang menarik.

2. Penggunaan Gambar

Iklan baris umunya hanya berupa kata-kata tanpa adanya gambar dalam pembuatannya, sedangkan iklan kolom menggunakan gambar/ilustrasi agar semakin menarik.

3. Ukuran Ruang Iklan

Iklan baris memiliki ukuran ruang iklan yang kecil yang dikategorikan berdasarkan sub-sub menu tertentu, sedangkan iklan kolom memiliki ruang iklan yang lebih besar, bahkan bisa sampai satu halaman.

4. Biaya Periklanan

Karena ukurannya lebih kecil, harga pemasangan iklan baris lebih murah tergantung jumlah kata-kata yang digunakan. Sedangkan biaya iklan kolom relatif lebih mahal, karena ukurannya yang lebih besar dan menggunakan gambar dalam pembuatannya.

Demikianlah pembahasan mengenai iklan kolom serta perbedaanya dengan iklan baris. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top