Home » Pendidikan » Jenis-Jenis Gerhana Bulan Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Gerhana Bulan Dan Penjelasannya

jenis+jenis+gerhana+bulan
Jenis-Jenis Gerhana Bulan

Jenis-Jenis Gerhana Bulan Dan Penjelasannya – Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang terjadi ketika posisi bumi berada di antara matahari dan bulan. Cahaya matahari yang menuju bulan terhalang oleh bumi, sehingga bayangan bumi menutup sebagian atau keseluruhan penampang bulan. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja jenis-jenis gerhana bulan, lengkap beserta gambar dan penjelasannya.

Fenomena gerhana bulan hanya terjadi ketika fase bulan penuh yang dapat disaksikan secara langsung tanpa harus menggunakan alat pelindung. Hal itu disebabkan oleh sifat bulan yang hanya memantulkan cahaya matahari. Berbeda dengan saat terjadinya gerhana matahari yang harus menggunakan alat khusus untuk melihatnya.

Gerhana bulan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan penumbra. Untuk mengetahui perbedaan dari jenis-jenis gerhana bulan tersebut, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Baca Lainnya :  Cara Menggambar Ikan Lumba-Lumba

Jenis-Jenis Gerhana Bulan Dan Penjelasannya

1. Gerhana Bulan Total

gerhana+bulan+total
Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berada tepat di satu garis yang sama. Sehingga bayangan umbra bumi menutupi seluruh penampang bulan. Bayangan umbra merupakan bayangan bumi yang paling gelap.

Namun, sebagian cahaya matahari mampu mencapai bulan setelah melewati atmosfer bumi. Sehigga bulan akan terlihat seperti berwarna jingga atau kemerahan selama gerhana bulan total.

2. Gerhana Bulan Sebagian

gerhana+bulan+sebagian
Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian disebut juga dengan gerhana bulan parsial. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika bayangan umbra bumi hanya menutupi sebagain penampang bulan. Sehingga masih ada bagian bulan yang menerima cahaya matahari.

Fenomana gerhana bulan sebagian terjadi dalam garis yang tidak sempurna antara matahari, bumi, dan bulan. Ketika terjadi gerhana bulan, maka penampang bulan akan terlihat seperti bentuk sabit yang bercahaya.

Baca Lainnya :  Macam-Macam Garis Dalam Desain Grafis

3. Gerhana Bulan Penumbra

gerhana+bulan+penumbra
Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra terjadi ketika seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang redup. Bagian penumbra merupakan bagian luar bayangan bumi yang lebih tipis dan tidak begitu gelap.

Gerhana bulan penumbra merupakan jenis gerhana bulan yang jarang terjadi. Hanya ada kemungkinan sebanyak 9 kali dalam 100 tahun. Secara sekilas, gerhana bulan penumbra tidak begitu terlihat dan sulit untuk diamati. Karena cahaya bulan hanya akan terlihat sedikit lebih redup.

Demikianlah pembahasan mengenai apa saja jenis-jenis gerhana bulan dan penjelasannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top