Home » Pendidikan » Perubahan Wujud Benda Dan Contohnya

Perubahan Wujud Benda Dan Contohnya

perubahan+wujud+benda
Perubahan Wujud Benda

Perubahan Wujud Benda Dan Contohnya – Sebuah benda dapat mengalami perubahan wujud jika menerima kalor dan melepas kalor. Perubahan benda yang menerima kalor meliputi mencair, menguap, dan menyublim. Sedangkan perubahan benda yang melepas kalor meliputi membeku, mengembun, dan mengkristal.

Macam-macam perubahan benda seperti yang diuraikan di atas merupakan jenis perubahan fisika. Perubahan fisika adalah perubahan sementara, dimana benda yang mengalami perubahan fisika dapat berubah kembali ke bentuk semula jika suhunya diubah ke semula.

Contoh perubahan wujud benda juga sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya es batu yang dibiarkan terus menerus akan berubah menjadi air. Ini merupakan salah satu contoh bentuk perubahan benda yang menerima kalor. Nah, untuk mengetaui jenis perubahan benda lainnya, simak pembahasan berikut ini.

Macam – Macam Perubahan Wujud Benda Dan Contohnya

Seperti yang diuraikan sebelumnya, ada banyak sekali contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita amati. Berikut akan dijelaskan terjadinya perubahan wujud benda karena menerima kalor dan melepas kalor beserta contohnya.

Perubahan Wujud Benda Karena Menerima Kalor

Perubahan wujud benda dapat terjadi karena menerima atau menyerap kalor. Diantaranya yaitu mencair, menguap, dan menyublim. Ada pun penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Mencair

Mencair merupakan proses perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Ketika proses mencair, benda menerima kalor, kemudian benda yang semula berbentuk zat padat akan merubah menjadi zat cair. Dalam peristiwa mencair, zat memerlukan energi panas untuk berubah dari padat ke cair.

Baca Juga :  Macam - Macam Hutan Dan Penjelasannya

Contoh Mencair

  • Es batu yang awalnya berbentuk padat berubah menjadi air (cair) jika dibiarkan saja.
  • Lilin yang dinyalakan lama-lama akan mencair.
  • Es krim yang dibiarkan di ruang terbuka akan mencair dengan sendirinya.

Menguap

Menguap merupakan proses perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Ketika proses menguap, benda menerima kalor, kemudian benda yang semula berbentuk zat cair akan merubah menjadi gas. Dalam peristiwa menguap, zat memerlukan energi panas untuk berubah dari cair ke bentuk gas.

Contoh Menguap

  • Air akan menjadi uap air jika dipanaskan.
  • Bensin yang dibiarkan di tempat terbuka, lama-lama akan habis karen berubah menjadi gas.
  • Baju basah yang dijemur menjadi kering.

Menyublim

Menyublim merupakan proses perubahan wujud benda dari padat menjadi gas. Ketika proses menyublim, benda menerima kalor, kemudian benda yang semula berbentuk zat padat akan merubah menjadi gas. Dalam peristiwa menyublim, zat memerlukan energi panas untuk berubah dari padat ke gas.

Contoh Menyublim

  • Kapur barus yang disimpan di dalam lemari pakaian, lama-lama akan habis.
  • Pengharum ruangan lama-lama akan habis karena berubah menjadi gas.
  • Es kering (dry ice) lama-lama akan habis dalam kurun waktu tertentu.

Perubahan Wujud Benda Karena Melepas Kalor

Perubahan wujud benda juga dapat terjadi karena melepaskan kalor. Perubahan seperti ini meliputi membeku, mengembun, dan mengkristal. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Mengkristal

Mengkristal merupakan proses perubahan wujud benda dari gas menjadi padat. Ketika proses mengkristal, benda melepaskan kalor, kemudian benda yang semula berbentuk gas akan merubah menjadi zat padat. Dalam peristiwa mengkristal, zat akan melepaskan energi panas untuk berubah dari gas ke zat padat.

Contoh Mengkristal

  • Peristiwa perubahan uap menjadi butiran es di dalam freezer.
  • Proses pembuatan garam.
  • Perubahan karbondioksida menjadi pada pada pembuatan es kering (dry ice).
Baca Juga :  Rumus Keliling Persegi Panjang Dan Contoh Soal

Membeku

Membeku merupakan proses perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Ketika proses membeku, benda melepaskan kalor, kemudian benda yang semula berbentuk zat cair akan merubah menjadi zat padat. Dalam peristiwa membeku, zat akan melepaskan energi panas untuk berubah dari cair ke zat padat.

Contoh Membeku

  • Air di dalam freezer akan menjadi es batu dalam waktu tertentu.
  • Lilin cair yang dibiarkan lama-lama akan berubah menjadi keras.
  • Perubahan agar-agar yang semula berupa cairan menjadi agar-agar padat.

Mengembun

Mengembun merupakan proses perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Ketika proses mengembun, benda melepaskan kalor, kemudian benda yang semula berbentuk gas akan merubah menjadi zat cair. Dalam peristiwa mengembun, zat akan melepaskan energi panas untuk berubah dari gas ke zat cair.

Contoh Mengembun

  • Es batu yang berada di dalam gelas akan membuat bagian luar gelas menjadi basah.
  • Rumput di pagi hari menjadi basah, padahal malam harinya tidak hujan.
  • Titik embun air yang membuat kaca mobil menjadi buram saat hujan.

Demikianlah penjelasan mengenai perubahan wujud benda dan contohnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top