Home » Jenis-Jenis Mikroskop Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Mikroskop Dan Fungsinya

jenis+jenis+mikroskop
Jenis-Jenis Mikroskop

Jenis-Jenis Mikroskop – Seiring berkembangnya teknologi, ternyata memberi pengaruh yang besar terhadap munculnya berbagai jenis mikroskop. Namun, hal tersebut tidak mengubah fungsi dan peranan terhadap penggunaan mikroskop. Nah, pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi tentang jenis-jenis mikroskop dan fungsinya.

Terdapat berbagai macam jenis mikroskop yang kini bermunculan, mulai dari yang sederhana sampai yang bertehnologi canggih. Diantara jenis mikroskop dengan fungsi sederhana antara lain mikroskop cahaya dan mikroskop stereo. Sedangkan untuk jenis mikroskop canggih contohnya yaitu mikroskop elektron.

Selain itu, ada juga jenis mikroskop yang didasari oleh penampakan objek yang diamati, yaitu mikroskop dua dimensi (mikroskop cahaya) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop elektron). Nah, untuk memahami apa saja jenis-jenis mikroskop, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Jenis-Jenis Mikroskop Dan Fungsinya

Berikut ini merupakan jenis-jenis mikroskop yang sering digunakan dalam pengamatan beserta penjelasan dan fungsinya masing-masing.

1. Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya merupakan jensi mikroskop yang sering digunakan di laboratorium sekolah-sekolah maupun universitas. Mikroskop jenis ini memiliki perbesaran objek hingga seribu kali. Pada mikroskop cahaya, terdapat tiga buah lensa, yaitu lensa okuler, lensa objektif dan lensa kondensor.

Lensa objektif berfungsi untuk membentuk bayangan pertama pada objek yang diamati. Lensa okuler berfungsi untuk memperbesar bayangan objek yang ditangkap oleh lensa objektif. Ada tiga jenis lensa okuler pada mikroskop cahaya, yaitu lensa okuler tunggal (monokuler), lensa okuler ganda (binokuler), dan lensa okuler berjumlah tiga (trinokuler). Sedangkan lensa kondensor berfungsi sebagai penerang objek yang sedang diamati.

Baca Lainnya :   Wisata Havana Hills Cilacap: Rute Dan Harga Tiket Masuk

2. Mikroskop Stereo

Mikroskop stereo merupakan jenis mikroskop yang dapat digunakan untuk mengamati objek dengan perbesaran hingga 7 sampai 10 kali. Objek yang diamati bisa terlihat lebih jelas secara 3 dimensi. Karena memiliki ruang ketajaman lensa lebih tinggi dan spesifik dibandingkan denhan mikroskop cahaya.

3. Mikroskop Medan Gelap

Mikroskop medan gelap merupakan mikroskop yang digunakan untuk pengamatan mikroorganik yang hidup. Terutama untuk bakteri yang berukuran tipis dan sangat kecil. Mikroskop medan gelap ini memiliki bagian yang dikenal sebagai penghasil cahaya dari kerucut hampa. Bagian tersebut dapat dilihat oleh mata secara langsung.

4. Mikroskop Elektron

Mikroskop jenis ini merupakan jenis mikroskop yang paling canggih diantara lainnya. Karena mempunyai perbesaran objek hingga dua juta kali dari bentuk aslinya. Mikroskop elektron ini memiliki bagian-bagian berupa elektro magnetik dan elektro statik. Kedua bagian tersebut berfungsi untuk mengontrol pencahayaan tampilan objek yang diamati.

Adapun jenis-jenis dari mikroskop elektron meliputi mikroskop pemindai lingkungan elektron, mikroskop transmisi elektron. Dan keduanya memiliki fungsi masing-masing yang berbeda.

Ituah penjelasan mengenai jenis-jenis mikroskop dan fungsinya masing-masing. Semoga artikel ini menambah wawasan bagi kita dalam dunia tehnologi modern.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top