Home » Blog » Cara Menulis Artikel Berkualitas Dan Enak Dibaca

Cara Menulis Artikel Berkualitas Dan Enak Dibaca

cara+menulis+artikel+berkualitas
Cara Menulis Artikel Berkualitas

Cara Menulis Artikel Berkualitas Dan Enak Dibaca – Menulis artikel berkualitas memang sangat disarankan bagi seluruh blogger. Karena, sebuah artikel dapat menentukan seberapa besar kualitas dari blog tersebut. Sehingga, untuk membuat artikel yang berkualitas, sebaiknya kuasai dulu topik pembahasan yang akan ditulis.

Salah satu contoh artikel blog berkualitas yaitu berisi uraian yang singkat, jelas, dan tidak terlalu basa-basi. Namun, memiliki informasi yang akurat dan mudah untuk dipahami. Sehingga, dengan membaca artikel tersebut, kita akan memperoleh jawaban paling relevan dari apa yang sedang dicari.

Meskipun tidak semua orang dapat menulis artikel yang berkualitas, tetapi tidak ada salahnya jika sebelum memulai menulis, sebenarnya artikel yang akan kita buat untuk siapa? Dan apa yang akan diperoleh setelah membaca artikel tersebut. Dengan cara seperti itu, secara lambat laun pasti kita akan memahami bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas.

Cara Menulis Artikel Berkualitas Dan Enak Dibaca

Untuk dapat menulis artikel yang berkualitas, ada beberapa hal yang mungkin dapat dijadikan referensi sebelum memulainya. Apa saja hal tersebut? Silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Menguasai Topik Pembahsan Dengan Baik

Hal yang paling penting sebelum memulai membuat artikel yaitu menguasai topik yang akan ditulis. Jelas ini yang paling utama, karena tanpa penguasaan ide pembahasan, jangankan artikel berkualitas, untuk merangkai kata menjadi kalimat pun akan mengalami kesulitan.

Baca Juga :  Cara Submit Artikel Ke Google Webmaster

2. Tentukan Kata Kunci (Keyword)

Setelah menemukan topik pembahasan, langkah selanjutnya yaitu mencari kata kunci yang sesuai dengan ide pembahasan tersebut. Untuk mencari kata kunci, kita dapat memakai tool keyword online gratis seperti, keyword planner dan ubersugest.

3. Tentukan Judul Artikel yang Mengandung Keyword

Pengaruh judul sangat menentukan kualitas dari artikel SEO. Oleh karena itu, buatlah judul yang menarik yang di dalamnya terdapat kata kunci. Misalkan kita membidik keyword membuat artikel, maka gunakanlah judul artikel seperti cara mudah membuat artikel SEO dalam 10 menit.

4. Isi Artikel Tersetruktur Dengan Baik

Membuat artikel yang tertata rapi dan memiliki tata bahasa yang relevan, akan membuat pembaca semakin nyaman. Berbeda dengan artikel yang dibuat asal, pasti baru melihat sekilas saja, pasti pengunjung akan pergi dari blog kita.

Struktur artikel yang baik akan terlihat pada judul, pembukaan, isi konten, dan penutup artikel. Dimana pembahasan dari setiap bagian tersebut, haruslah saling berhuhungan satu sama lain dalam pembahasannya.

5. Gambar Pemanis yang Unik

Menambahkan gambar di dalam artikel merupakan hal yang sangat disarankan. Karena dengan adanya gambar tersebut, akan memudahkan pembaca dalam menangkap informasi yang disampaikan artikel tersebut. Selain itu dengan adanya gambar, maka pembaca tidak cepat merasa bosan dalam menelusuri dan membaca setiap artikel.

6. Menambahkan Konten Video

Meskipun jarang yang mengisi artikel dengan konten video dengan alasan memberatkan kecepatan loading blog. Namun, sebenarnya pengaruh video memiliki peranan yang besar, yaitu memudahkan pengunjung untuk menyerap isi artikel.

Bagaimana? Sudah memiliki gambaran mengenai cara menulis artikel berkualitas dan enak dibaca. Silahkan terapkan ketika hendak memulai menulis artikel. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top