Home » Blog » Cara Menulis Artikel Di Blog Untuk Pemula

Cara Menulis Artikel Di Blog Untuk Pemula

cara+menulis+artikel+di+blog
Cara Menulis Artikel Di Blog

Cara Menulis Artikel Di Blog – Blog merupakan salah satu tempat untuk membuat artikel melalui media online di internet. Kita dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada orang lain dengan menulis artikel di blog.

Dalam membuat sebuah artikel, tentuanya kita harus mengetahui bagaimana cara menulis yang benar. Agar hasil tulisan yang kita buat, menjadi sebuah bacaan yang relevan dan enak dibaca. Sehingga pembaca tidak merasa bosan dengan tulisan kita.

Berbicara mengenai menulis artikel secara online, ada beberapa platform yang menyediakan secara gratis. Seperti blogger dan wordpress, kedua platform tersebut merupakan wadah untuk menulis yang paling populer saat ini. Sehingga, banyak sekali digunakan oleh para penulis untuk menuangkan ide tulusannya.

Namun, pada kesempatan ini, akan membahas tentang bagiamana cara menulis di blogger. Dan pasti sudah tahu bukan? Jika blogger ini diberdayakan oleh google. Dan untuk mendaftanya pun sangat mudah, hanya perlu menyiapkan akub gmail saja dan masuk ke blogger.com

Setelah berhasil membuat blog di blogger, pasti akan bingung harus memulai dari mana untuk membuat artikel. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika mempelajari terlebih dulu apa saja fungsi menu entri blogger yang digunakan untuk menulis artikel. Di bawah ini adalah gambar menu-menu yang terdapat pada entri blogger beserta penjelasannya.

cara+menulis+artikel
Cara Menulis Artikel Di Blog

Keterangan gambar :

1. Untuk membuat judul postingan
2. Untuk menulis artikel ke pilihan compose / penyusunan standar
3. Untuk menulis / mengedit HTML artikel
4. Untuk mengembalikan / melompatkan jianka terjadi kesalahan dalam penulisan artikel
5. Untuk memilih font / jenis huruf
6. Untuk memilih besar kecilnya ukuran huruf
7. Untuk memilih format paragraf antara heading, sub heading, dan minor heading
8. Untuk menebalkan huruf
9. Untuk membuat tulisan miring
10. Untuk memberi garis bawah pada kata
11. Umtuk mencoret kata
12. Untuk memberi warna huruf
13. Untuk memberi warna pada background kata
14. Untuk menambahkan dan menghapus link / tautan
15. Untuk memasukan foto pada artikel
16. Untuk menambahkan video di dalam artikel
17. Untuk menambahkan karakter spesial / emoji
18. Untuk menampilkan sebagian artikel pada blog. Artikel akan muncul keseluruhan jika menekan tombol read more / baca selengkapnya
19. Untuk memilih pola paragraf
20. Untuk memberi nomor pada artikel
21. Untuk memberi tanda bulat
22. Untuk membuat quote / kutipan pada artikel. Kutipan bisa berupa kalimat atau pesan penting
23. Untuk menghapus format artikel
24. Untuk mengecek ejaan pada artikel
25. Untuk mengubah bahasa pada artikel
26. Untuk memilih bahasa yang digunakan untuk menulis artikel
27. Untuk memilih dari sisi kiri ketika memulai penulisan artikel
28. Untuk memilih dari sisi kanan ketika memulai penulisan artikel
29. Tempat untuk menulis artikel
30. Untuk mempublikasikan jika artikel telah selesai dibuat
31. Untuk menyimpan artikel
32. Untuk meninjau artikel pada blog
33. Untuk menutup penulisan artikel
34. Untuk memberi label artikel
35. Untuk mengatur jadwal mempublikasi artikel
36. Untuk mengedit permalink / tautan permanen URL
37. Untuk menentukan lokasi
38. Untuk mengisi deskripsi penelusuran
39. Untuk mengatur komentar pembaca

Baca Juga :  Cara Setting Robot TXT Di Blogspot Yang Benar

Setelah memahami seluruh fitur menu entri yang ada di blogger, mulailah membuat sebuah artikel dengan topik yang kita kuasai. Misalnya hal-hal kecil yang ada disekitar kita. Atau bisa juga membuat artikel berita, kesehatan, tutorial, atau hobi yang kita miliki.

Jika masih bingung untuk memulainya, silahkan baca beberapa tips yang akan di uraikan berikut ini mengenai cara menulis artikel di blog untuk pemula agar hasil tulisan kita menjadi sebuah karya yang enak untuk dibaca.

Cara Menulis Artikel Di Blog Untuk Pemula

Dalam membuat sebuah artikel, sebaiknya mulailah dengan sesuatu yang memiliki manfaat untuk orang lain. Kemudian, uraikan setiap pembahasan secara detail agar pembaca mudah memahami isi artikel yang kita tulis.  Dan berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menulis artikel di blog untuk pemula.

1. Kuasai Topik Pembahasan.

Sebelum memulai menulis artikel, sebaiknya kita kuasai dulu apa yang akan kita tulis. Agar ketika menulis tidak perlu berfikir lagi. Jika memaksakan untuk menulis sebuah topik yang belum di kuasai, sebaiknya cari sumber referensi terlebih dahulu agar tidak kebingungan dalam penguraian masalahnya

2. Buatlah Judul Unik Dan Menarik

Setiap pembaca, pasti yang dilihat pertama kali pada sebuah artikel adalah judul. Oleh sebab itulah peranan judul sangat penting pada suatu artikel. Maka dari itu, buatlah judul yang unik dan menarik agar pengunjung penasaran dengan isi artikelnya.

3. Pembahasan Tema Secara Detail

Jika kita membaca sebuah artikel, pasti menginginkan pembahasan yang lengkap dari tema yang dibahas. Untuk itu, uraikanlah sedetail mungkin tema secara mendalam. Misalnya dengan menguraikan penyebab masalah, cara mengatasi masalah, dan bagaimana menghindari masalah tersebut. Serta memberi kesimpulan yang baik mengenai permasalahan yang di uraikan.

Baca Juga :  Optimasi SEO Blog Meraih Halaman Pertama

4. Menambahakan Gambar

Ketika menulis aritkel, sebaiknya tambahkan gambar pendukung yang berhubungan dengan pembahasan isi artikel, hal ini untuk memudahkan pembaca dalam menyerap inti dari artikel. Apalagi jika tema tentang tutorial, pastinya membutuhkan gambar yang benar-benar mendeskripsikan artikel tersebut.

5. Gunakan Cara Dan Tata Bahasa Yang Benar

Dalam membuat artikel, sebaiknya gunakan bahasa yang relevan, enak dibaca dan mudah dipahami. Perhatikan juga penggunaan paragraf dan tanda baca yang benar untuk memisahkan setiap pembahasan artikel. Selain itu, kita bisa menggunakan huruf tebal, miring, dan garis bawah untuk menekankan inti pembahasan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan mengenai cara menulis artikel di blog untuk pemula. Jika kita menulis dengan benar dan enak dibaca, pastinya pembaca pun akan senang dan merasa mendapat apa yang sedang di cari. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top