Home » Blog » Cara Setting Robot TXT Di Blogspot Yang Benar

Cara Setting Robot TXT Di Blogspot Yang Benar

setting+robot+txt
Cara Setting Robot TXT Di Blogspot

Cara Setting Robot TXT Di Blogspot – Melakukan setting robot txt di blogspot dapat meningkatkan nilai SEO pada blog. Selain itu, jika kita mengaturnya dengan benar, maka akan memudahkan mesin pencari dalam merayapi seluruh isi blog yang kita miliki. Sehingga, artikel demi artiekel yang telah dipublikasikan, akan lebih cepat terindek oleh mesin pencari.

Mengkonfigurasi setelan robot txt khusus di blogspot, haruslah dilakukan dengan benar. Agar mesin pencari dapat mengetahui dan membedakan halaman mana yang boleh dirayapi dan yang tidak boleh dirayapi. Kesalahan dalam mengatur robot txt di blogspot, akan mengakibatkan artikel blog akan diabaikan atau malah hilang di mesin pencari google.

Untuk itu, bagi yang belum tahu cara setting robot txt, silahkan ikuti panduan berikut ini. Karena akan menguraikan secara lengkap mengenai cara setting robot txt dan juga tag tajuk robot khusus di blogspot. Simak dengan teliti ya.

Cara Setting Robot TXT Di Blogspot Yang Benar

Cara Setting Robot TXT

Ketika pertama kali kita membuat blog, secara otomatis robot txt khusus sebenarnya telah aktif pada settingan default. Perlu kita ketahui bahwa settingan default merupakan pengaturan yang paling aman untuk blog, karena merupakan settingan langsung dari blogger yang diberdaya oleh google. Namun, jika ingin mengaktifkan dengan setting sendiri, silahkan ikuti cara berikut ini.

setting+robot+txt+blogger
Cara Setting Robot TXT Di Blogspot

1. Silahkan masuk ke dashboard blogger⇒setelan⇒pereferensi penelusuran⇒robor txt khusus⇒klik edit. Kemudian pilih ya.

2. Setelah itu salin settingan robot txt di bawah ini.

  • User-agent: *
  • Allow: /
  • Disallow: /search
  • Sitemap: https://www.blogkamu.com/sitemap.xml

3. Klik simpan perubahan. Selesai

Keterangan :

  • User-agent : robot mesin pencari (Googlebot, Bing, Yandex).
  • Allow : halaman yang diizinkan dirayapi oleh robot mesin pencari (crawl)
  • Disallow : halaman yang tidak diizinkan untuk dirayapi oleh robot mesin pencari (no index).
  • Sitemap : peta situs (ganti blogkamu.com dengan nama blog anda.

Untuk mengecek apakah robot txt khusus telah tersetting dengan benar, kita dapat mengeceknya langsung pada mesin pencarian dengan mengetikan https://www.blogkamu.com/robot txt.

Jika muncul settingan seperti salinan di atas tadi, maka robot txt khusus telah berhasil diaktifkan di blog kita. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan settingan disallow untuk memanfaatkan halaman yang tidak ingin dirayapi oleh robot mesin pencari, misalnya halaman about dan kontak. Maka dapat mengatur robot txt khusus seperti berikut :

  • User-agent: *
  • Allow: /
  • Disallow: /search
  • Disallow: /p/about.html
  • Disallow: /p/contact.html
  • Sitemap: https://www.blogkamu.com/sitemap.xml

Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus

Masih seputar mengenai pengaturan robot mesin pencari. Untuk mengaktifkan tag tajuk robot khusus, silahkan masuk ke dashboard blogger⇒setelan⇒pereferensi penelusuran⇒robor txt khusus⇒klik edit. Kemudian perhatikan gambar berikut ini dan ikuti settingannya dengan benar agar tidak salah dalam memilih pengaturannya

setting+tag+tajuk+robot+khusus+blogger
Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus Di Blog

Dengan melakukan settingan seperti gambar di atas, berarti kita membolehkan robot mesin pencari untuk merayapi seluruh isi blog yang terdapat di beranda, postingan, dan halaman statis. Namun tidak membolehkan mesin pencari untuk merayapi halaman arsip dan penelusuran.

Begitulah cara setting robot txt di blogspot yang benar. Dengan melakukan hal tersebut, maka blog kita akan aman dari berbagai masalah pengindekan mesin pencari. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top