Home » Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress

Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress

cara+membuat+kategori+di+blog+wordpress
Cara Membuat Kategori di WordPress

Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress – Kategori pada wordPress digunakan untuk mengelompokkan postingan artikel. Banyak website yang menjadikan kategori sebagai menu navigasi agar pembaca lebih mudah menemukan artikel yang sedang dicari. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara membuat kategori di blog wordPress.

Untuk membuat kategori postingan di blog wordPress, caranya sangat mudah. Kita tidak memerlukan plugin atau penguasaan bahasa pemograman. Cukup dengan mengisi nama kategori, slug/URL, setting parent category, dan descripstion, maka kategori sudah dapat dibuat.

Di wordPress, kita dapat membuat kategori utama maupun sub kategori baru sesuai keinginan. Adapaun jika kategori yang dibuat tidak sesuai dengan yang diharapkan, kita dapat mengedit atau menghapusnya dengan mudah. Nah, berikut merupakan pembahasan langkah-langkah membuat kategori di wordPress.

Cara Membuat Kategori Di Blog WordPress

Bagi yang memiliki blog wordPress dan ingin postingan artikelnya rapih sesuai dengan kategori pembahasannya, silahkan simak langkah-langkah membuat kategori di wordPres berikut ini.

  • Silahkan login ke dashboar wordPress
  • Pada menu sebelah kiri pilih Post, kemudian pilih Categories
  • Maka akan diarahkan ke halaman pembuatan kategori
  • Terdapat beberapa kolom pengisian, seperti name, slug, parent category, dan description
  • Name: diisi denan nama kategori
  • Slug: diisi dengan url kategori
  • Parent Category: digunakan untuk membuat sub kategori atau turunan dari kategori utama
  • Description: diisi dengan penjelasan kategori
  • Setelah semua terisi, pilih Add New Category, selesai
Baca Lainnya :   Cara Install Plugin di WordPress

Untuk membuat sub kategori langkah-langkahnya sama, hanya mengisi kolom Parent Category dengan kategori utama yang akan diberi sub kategori. Dengan catatan kategori utama telah dibuat sebelumnya.

Dari sini, kita telah selesai membuat sebuah kategori postingan di blog wordPress. Setelah kategori dibuat, maka akan muncul pada tabel di sebalah kanannya. Jika ingin mengedit atau menghapus kategori yang tidak diperlukan, bisa langsung mengklik tombol yang ada di bawahnya.

Nah, jika ingin memasukan postingan-postingan ke dalam kategori, silahkan masuk ke dashboard post editor pada postingan yang telah dibuat. Pada menu sebelah kanan, silahkan centang nama kategori yang diinginkan, kemudian klik Update.

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah membuat kategori di blog wordPress. Semoga bermafaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top