Home » Apa Itu Google Adsense?

Apa Itu Google Adsense?

apa+itu+google+adsense
Apa Itu Google Adsense

Apa Itu Google Adsense? – Google adsense merupakan fitur yang dimiliki oleh google di bidang periklanan. Fitur ini merupakan bentuk layanan kerjasama antara google dengan para publisher. Publisher yang dimaksud yaitu para konten kreator yang ingin memperoleh penghasilan melalui internet.

Konten yang dapat didaftarkan ke google adsense dapat berupa konten tulisan (blog), konten video (youtube) dan konten aplikasi (play store). Jika konten-konten tersebut didaftarkan dan disetujui google adsense, maka nantinya akan memperoleh penghasilan.

Agar lebih jelas mengenai apa itu google adsense, berikut akan dijelaskan secara singkat tentang pengertian, jenis-jenis konten dan metode pembayaran google adsense.

Apa Itu Google Adsense?

Googe adsense ini merupakan bentuk kemitraan berupa layanan periklanan antara google, advertiser, dan para publiser. Cara kerja google adsense ibarat sebuah papan reklame yang di pasang iklan. Iklan merupakan pengajuan dari para advertiser (pengiklan) yang sedang mempromosikan produk mereka yang mempercayakannya ke pihak google.

Kemudian, pihak google akan mempublikasikan iklan-iklan tersebut melalui blog, channel video dan aplikasi playstore yang dimiliki oleh para publisher. Dengan catatan blog, channel dan aplikasi tidak melanggar kebijakan google adsense.

Jika konten-konten para publisher yang didaftarkan ke google adsense dan menerima persetujuan, barulah google adsense akan menampilkan iklan pada konten-konten tersebut. Untuk mendaftarkan konten ke google adsense, silahkan kunjungi website google adsense. Di situ akan dipandu secara detail cara pendaftarannya.

Baca Lainnya :   Cara Mengganti Nama Website Di Blog WordPress

Jenis-Jenis Konten Google Adsense

Konten yang dapat didaftarkan ke google adsense yaitu konten yang tidak melanggar program kebijakan adsense. Selain itu, konten harus bersifat original buatan sendiri. Berikut merupakan jenis-jenis konten yang dapat didaftarkan ke google adsense.

Konten Artikel (Blog)

Konten tulisan yang dapat didaftarkan ke google adsense dapat berupa blog atau website. Website tersebut harus benar-benar original (bukan copy paste) dan dikelola dengan baik.

Konten Video (YouTube)

Selain konten tulisan, google adsense juga memberikan peluang penghasilan bagi mereka yang memiliki hobi membuat video. Namun dengan catatan konten video tersebut merupakan hasil dari karya sendiri dan bukan dari hasil download video orang lain yang memiliki hak cipta.

Konten Aplikasi (Admob)

Dengan membuat aplikasi mobile yang unik dan mengunggahnya di Play Store, kita juga dapat memperoleh pundi-pundi uang dari google adsense. Admob sendiri merupakan layanan periklanan google adsense khusus untuk memonetisasi aplikasi mobile.

Metode Pembayaran Google Adsense

Setelah konten yang didaftarkan ke google adsense dan disetujui, nantinya akan terlihat penghasilan pada dashboar adsense. Dari situ kdapat terlihat secara detail penghasilan per hari, per minggu, dan per bulan.

Untuk metode pembayaran adalah melaui metode transfer bank secara langsung. Dalam prosesnya, publisher akan dikirim surat yang berisi PIN konfirmasi bank terlebih dahulu. Pembayaran yang dilakukan google adsense biasanya sekitar tanggal 21 tiap bulannya.

Baca Lainnya :   Cara Memasang Recent Post Di Blog WordPress

Kita akan menerima pembayaran dari google adsense dengan catatan penghasilan telah memenuhi batas ambang pembayaran. Untuk batas ambang pembayaran yaitu $100. Jika penghasilan belum memenuhinya, maka akan ditunda sampai mencapai batas tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai apa itu google adsense dan bagaimana memperoleh penghasilan dari google adsense. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top