Home » Blog » Cara Install Theme Di WordPress

Cara Install Theme Di WordPress

cara+install+theme+di+wordPress
Cara Install Theme Di WordPress

Cara Install Theme Di WordPress – Salah satu langkah awal ketika membuat website adalah menginstall theme. Theme atau template atau tema merupakan gabungan beberapa file yang berfungsi untuk memberi tampilan website.

Menentukan theme untuk website sangat penting. Karena theme merupakan bagian dari SEO. Untuk itu, kita harus dapat memilih theme yang tepat sebelum memasang atau menggantinya pada website.

Bagi yang akan membangun website menggunakan wordPress, untuk menginstall theme sangat mudah. Namun, bagi pemula yang belum tahu caranya, silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai bagaimana cara install theme di wordPress.

Cara Install Theme Di WordPress

Untuk menginstall theme di wordPress, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan. Diantaranya yaitu menginstall langsung di wordPress dan mendownload telebih dahulu pada website penyedia theme wordPress.

Terdapat bayak sekali theme untuk wordPress, mulai dari yang gratis sampai berbayar. Jika ingin serius mengelola website, sebaiknya pilih theme premium (berbayar). Berikut adalah cara untuk menginstall theme di wordPress.

Baca Lainnya :  Cara Membuat Menu Navigasi Scroll Tampilan Mobile

A. Install Theme Di Directory WordPress

Menginstall theme di directory wordPress adalah melakukan pemasangan theme secara langsung yang tersedia di wordPress. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

Langkah pertama, silahkan masuk ke dashboard wordPress. Kemudian pilih menu Appearance > Themes. Kemudian klik Add new theme untuk memilih theme di wordPress theme directory.

Ada banyak sekali theme wordPress yang bisa dipilih. Mulailah dengan mencari nama theme pada kolom pencarian sesuai keinginan. Atau bisa cari berdasarkan kategori popular, latest dan favorites.

Jika sudah menemukan theme yang diinginkan, sebaiknya preview dulu dengan mengklik Live Preview. Jika sudah sesuai dengan yang diingikan, klik Install untuk memulai mendowloadnya.

Untuk memasang theme yang sudah didownload, tinggal klik Activate. Setelah theme terpasang, klik Customize untuk memulai penyesuaian fitur-fitur yang dimiliki oleh theme tersebut.

B. Install Theme WordPress Manual

Kita tidak harus menggunakan theme yang tersedia di directory wordPress, karena banyak sekali pilihan theme yang tersedia pada website-website penyedia theme wordPress, baik yang gratis maupun berbayar.

Baca Lainnya :  Cara Membuat Header Di WordPress

Jika memilih theme dari pihak ketiga, sebaiknya berhati-hati, pastikan website tersebut resmi. Karena memilih tema dari pihak ketiga, maka file yang didapat berbentuk zip. File zip inilah yang diupload ke wordPress. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

Langkah pertama, masuk ke dashboard wordPress. Kemudian pilih menu Appearance > Themes. Kemudian klik Add new theme untuk menuju ke halaman wordPress theme directory.

Setelah itu, klik Upload Theme > Choose File. Pilih atau temukan theme yang sudah didownload berbentuk zip. Jika sudah ketemu, klik Install Now. Tunggulah proses penginstalan beberapa saat. Jika sudah selesai, silahkan klik Activate.

Demikianlah pembahasan mengenai cara install theme di wordPress. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top