Home » Blog » Cara Cek Kecepatan Loading Blog Atau Speed Blog

Cara Cek Kecepatan Loading Blog Atau Speed Blog

cara+cek+kecepatan+blog
Cara Cek Kecepatan Blog

Cara Cek Kecepatan Loading Blog Atau Speed Blog – Kecepatan suatu blog merupakan salah satu bagian dari materi SEO yang harus diperhatikan. Selain itu, para pengunjung umumnya sangat menyukai blog yang loadingnya cepat. Nah, pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai bagaimana cara cek kecepatan blog atau speed blog.

Blog yang cepat, tentu saja akan membuat pengunjung merasa nyaman ketika berpindah ke halaman lain tanpa harus menunggu loading lama. Berbeda jika kecepatan blog lambat, pasti pengunjung akan merasa kesal dan segera meninggalkan blog serta memilih website yang lain.

Untuk mengecek kecepatan blog atau performa website, kita bisa menggunakan menggunakan tools gratis yang ada di mesin pencari google, salah satunya yaitu page speed insight. Namun, ada juga tools gratis lainnya yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan blog. Berikut pembahasannya.

Cara Cek Kecepatan Loading Blog Atau Speed Blog

Sebelum mengecek kecepatan blog, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa hal dasar yang menjadikan blog menjadi lambat. Misalnya menggunakan ukuran gambar terlalu besar atau penggunaan plugin yang tidak perlukan. Nah, berikut merupakan beberapa tools gratis yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan blog atau performa website.

Baca Lainnya :  Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Blogger

1. Pagespeed Insight

Alat tes kecepatan loading blog yang pertama yaitu pagespeed insight. Ini merupakan tools gratis yang sangat direkomendasikan oleh google untuk mengecek speed blog. Dengan menggunakan pagespeed insight, kita dapat mengukur kecepatan blog versi seluler dan desktop. Sehingga kita dapat menganalisa perbandingan kecepatan web kita di kedua perangkat lunak tersebut.

Pada situs pagespeed insight ini juga terdapat terdapat saran yang membantu agar kecepatan blog menjadi lebih cepat. Sehingga, kita cukup mengikuti panduan yang telah ada untuk memperbaikinya.

2. Web.Dev

Tool gratis yang kedua untuk mengukur kecepatan loading blog adalah web.dev. Situs ini merupakan kelanjutan dari pagespeed insight, Dimana tools ini lebih kumplit dalam menganalisa performance, accebilitily, best pactices, dan juga SEO pada blog.

Sama seperti pagespeed insight, web.dev juga memberikan solusi terbaik jika kita ingin memperbaiki kekurangan yang ada di dalam blog. Dan di situ akan dijelaskan secara rinci mengenai solusi yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan performa blog.

Baca Lainnya :  Cara Install Theme Di WordPress

3. GTmetrix

GTmetrik merupakan situs pengukur kecepatan loading blog yang sangat populer saat ini. Fitur yang disediakan sangat detail dalam pengecekan page speed sebuah blog atau website. Sehingga banyak blogger yang memanfaatkan tool gratis ini untuk mengecek situs mereka.

Dengan melihat hasil penganalisaan blog dengan GTmatrik, kita akan mendapat arahan-arahan secara langsung untuk memperbaiki hal-hal apa saja yang membuat blog menjadi lambat. Dengan begitu, maka langkah-langkah dalam memperbaiki kecepatan loading blog pun akan semakin mudah.

Demikianlah pembahasan mengenai cara cek kecepatan loading blog atau speed blog. Untuk menggunakanya, silahkan kunjungi situ-situs tersebut dan masukan alamat blog yang Anda miliki, kemudian lakukan menganalisaan secara gratis dan lakukan perbaikan-perbaikan yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top