Home » Informasi » Ucapan Apa Kabar Dalam Bahasa Jepang

Ucapan Apa Kabar Dalam Bahasa Jepang

apa+kabar+dalam+bahasa+jepang
Apa Kabar Dalam Bahasa Jepang

Apa Kabar Dalam Bahasa Jepangお元気ですか?Ogenki desuka? merukapan kosakata apa kabar bahasa Jepang yang sering diucapkan ketika berjumpa dengan seseorang yang lama tidak bertemu.

Sebenarnya, ucapan ini memiliki arti apakah Anda sehat? Namun juga dapat berarti bagaimana kabarnya? atau bagaimana keadaannya? Sehingga bisa juga digunakan untuk menanyakan kabar kepada seseorang.

Selain untuk menanyakan kabar, ogenki desuka juga sering digunakan sebagai pembuka penulisan surat, mengawali percakapan telephone, atau kata sapaan ketika berpidato untuk menyapa lawan bicaranya.

Namun, tidak hanya ogenki desuka saja, karena ada beberapa kata lain yang dapat digunakan untuk menyatakan apa kabar dalam bahasa Jepang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Apa Kabar Dan Menjawab Kabar Dalam Bahasa Jepang

1. Ogenki Desuka?
おげんき ですか?

Ogenki desuka? merupakan kata salam yang dapat digunakan untuk menayakan apa kabar kepada seseorang. Jika diterjemahkan, ogenki desuka berasal dari kata genki yang artinya sehat. Awalan o di awal kata memiliki makna sopan, sedangkan desuka adalah bentuk pertanyaan formal. Jadi, kata ini sangat tepat untuk menanyakan kabar kepada siapa pun.

Untuk bentuk informalnya, biasanya hanya akan diucapkan genki? saja kepada lawan bicara yang sudah akrab. Namun, bentuk sederhana ini tidak diperbolehkan untuk ditujukan kepada orang yang lebih tua atau atasan kerja, karena memiliki kesan tidak sopan.

2. Saikin wa dou desuka?
さいきん は どう ですか?

Selain ogenki desuka, ada juga kata lain yang digunakan sebagai sapaan apa kabar dalam bahasa Jepang, yaitu saikin wa dou desuka? yang memiliki arti akhir-akhir ini bagaimana? atau selama ini bagaimana?

Jika diterjemahkan satu per satu, saikin memilik arti akhir-akhir ini, dou adalah kata tanya yang artinya bagaimana, dan desuka? merupakan bentuk pertanyaan yang sopan. Dengan begitu, salam apa kabar ini akan tepat ditujukan untuk menanyakan kabar seseorang yang sibuk dengan aktifitasnya. Jadi, jika menggunakan kata sapaan ini, maka dapat berarti menanyakan bagaimana dengan aktivitasnya selama ini.

3. Ohisashiburi desu
おひさしぶり です

Ohisashiburi berarti sudah lama tidak bertemu dan memiliki kesan rasa gembira saat berjumpa dengan lawan bicara. Kata ini sering digunakan sebagai awal kata sapaan yang kemudian dilanjutkan dengan ogenki desuka. Misalnya, ohisashiburidesune, ogenki desuka? yang berarti sudah lama tidak bertemu ya, bagaimana kabarnya (sehatkah)?

Jika diterjemahkan, kata o di awal kalimat memiliki makna yang sopan, hisashiburi adalah kosakata yang berarti sudah lama tidak bertemu, sedangkan desu merupakan bentuk kalimat formal. Jadi, kata ini merupakan kata sapaan yang memiliki kesan yang sopan.

4. Okagesamade, genki desu
おかげさまで、げんきです

Untuk kata yang ini bukan untuk menanyakan kabar kepada seseorang, tetapi merupakan kata yang digunakan untuk menjawab kabar dalam bahasa Jepang. Okagesamade memiliki arti berkat doa-Nya atau berkat Tuhan, sedangkan genki artinya sehat atau dalam keadaan baik. Jadi jika diartikan seluruhnya menjadi, berkat doa-Nya, saya baik-baik saja.

Contoh Percakapan Menanyakan Kabar Dan Menjawab Kabar

A : おげんき ですか?
Ogenki desuka?
Bagaimana kabarnya?

B : おかげさまで、げんきです
Okagesamade, genki desu
Berkat doa-Nya, saya baik-baik saja

Demikianlah pembahasan belajar bahasa Jepang kali ini mengenai apa kabar dan menjawab kabar dalam bahasa Jepang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Bagikan ke :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top