Home » Bahasa Jepang » Ucapan Maaf Dalam Bahasa Jepang

Ucapan Maaf Dalam Bahasa Jepang

maaf+dalam+bahasa+jepang
Maaf Dalam Bahasa Jepang

Ucapan Maaf Dalam Bahasa Jepang – Pembahasan sebelumnya telah dipelajari mengenai kata-kata untuk mengungkapkan terima kasih menggunakan bahasa Jepang. Pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan dengan membahas tentang beberapa ucapan kata maaf dalam bahasa Jepang.

Kata maaf merupakan hal penting yang perlu dipelajari dalam bahasa Jepang. Meskipun termasuk negara maju, namun negara Jepang juga dikenal memiliki tingkat keramahan yang tinggi. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana cara orang Jepang ketika mengungkapkan kata maaf.

Di Jepang, terdapat berbagai macam ucapan kata maaf dengan tingkat kesopanan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut didasari oleh situasi dan kondisi dari kesalahan yang dilakukan dan kepada siapa permintaan maaf ditujukan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Ucapan Maaf Dalam Bahasa Jepang

Berikut merupakan ucapan kata permintaan maaf dalam bahasa jepang, baik menggunakan bahasa formal maupun informal.

1. Sumimasen すみません

Sumimasen adalah kata yang paling umum yang sering digunakan untuk meminta maaf dalam bahasa Jepang. Namun, penggunaan kata maaf ini biasanya ditujukan untuk teman, rekan kerja, dan orang yang lebih muda dari kita.

Sumimasen juga sering diucapkan untuk mengawali suatu pertanyaan atau meminta bantuan kepada orang lain. Selain sebagai kata maaf, sumimasen juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih yang memberi kesan telah merepotkan.

Baca Lainnya :  Partikel Kalimat Bahasa Jepang Dan Fungsinya

Bentuk lampau dari sumimasen adalah sumimasen deshita (すみませんでした) yang memiliki arti lebih sopan dan dapat digunakan untuk menyatakan maaf kepada atasan kerja atau orang yang lebih tua dari kita.

2. Gomenasai ごめんなさい

Gomenasai adalah kata permintaan maaf bentuk formal yang hanya ditujukan untuk teman akrab dan keluarga. Namun, menjadi bentuk yang informal jika diucapkan untuk atasan kerja.

Penggunaan kata ini sering diucapkan untuk teman yang sudah sangat kenal dengan kata yang lebih sederhana, yaitu gomen atau gomen ne (ごめん, ね).

3. Moushiwake Arimasen もうしわけ ありません

Moushiwake arimasen adalah bentuk yang formal untuk memohon maaf. Kata ini memiliki kesan yang sangat mendalam dan diucapkan sambil membungkukkan badan secara penuh (ojigi).

Penggunaan kata maaf ini biasanya diucapakan ketika telah melakukan kesalahan yang besar. Ada pun bentuk yang lebih sopan, yaitu moushiwake arimasen deshita yang merupakan bentuk lampau dari moushiwake arimasen. Atau bentuk yang sangat formalnya adalah moushiwake gozaimasen deshita (もうしわけ ございません)

Baca Lainnya :  Kata Tanya Dalam Bahasa Jepang

4. Shitsureishimasu しつれいします

Shitsureishimasu merupakan kata yang digunakan untuk meminta maaf dan juga permisi. Kata ini merupakan permintaan maaf sederhana yang memiliki arti maaf atas ketidaknyamanannya.

Penggunaan shitsureishimasu dalam bahasa jepang biasanya digunakan untuk meminta izin ketika memasuki ruangan. Untuk bentuk lampaunya adalah shitsureishimashita (しつれいしました) yang diucapkan ketika akan meninggalkan ruangan.

Contoh Penggunaan Kata Maaf

すみません, おくれました
Sumimasen, okuremashita
Maaf, saya terlambat

すみません, ちょっと たすけて くださいませんか?
Sumimasen, chotto tasukete kudasaimasen ka?
Maaf, bisakah tolong bantu sebentar?

もうしわけありません、わたしのせいです
Moushiwake arimasen, watashi no seidesu
Maafkan kesalahan saya.

きのう は しつれしました
Kinou wa shitsureishimashita
Maaf untuk yang kemarin

おくれて, ごめん ね
Okurete, gomen ne
Maaf ya, aku telat

ごめん, ちょっとようじ が ある
Gomen, chotto youji aru
Maaf, ada urusan sebentar

しつれいします
Shitsureishimasu
Permisi (ketika memasuki ruangan)

しつれいしました
Shitsureishimashita
Permisi (ketika meninggalkan ruangan)

Demikianlah pembahasan mengenai ucapan kata maaf dalam bahasa Jepang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top