Home » Pendidikan » Cara Membuat Magnet Dan Gambarnya

Cara Membuat Magnet Dan Gambarnya

cara+membuat+magnet
Cara Membuat Magnet

Cara Membuat Magnet Dan Gambarnya – Magnet adalah suatu benda yang dapat menghasilkan gaya tarik dan gaya dorong terhadap benda lainnya. Magnet dapat dibuat dengan beberapa cara. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat magnet beserta gambarnya.

Berdasarkan proses pembuatannya, magnet terbagi menjadi dua macam, yaitu magnet alam dan magnet buatan. Terbentuknya magnet alam merupakan proses alami tanpa adanya bantuan manusia. Magnet alam bersifat permanen.

Sedangkan magnet buatan merupakan magnet yang dibuat oleh manusia. Untuk membuat magnet buatan ini biasanya menggunakan benda ferromagnetik, seperti besi dan baja.

Sebelum mempelajari langkah-langkah membuat magnet, kita juga perlu mengetahui sebenarnya apa itu benda yang memiliki gaya magnet. Nah, berikut adalah sifat-sifat magnet:

  • Magnet memiliki dua kutub, yaitu uatar dan selatan
  • Jika kutub sejenis didekatkan, maka terjadi gaya tolak-menolak
  • Jika kutub yang tidak sejenis didekatkan, maka akan terjadi gaya tarik-menarik
  • Jika sebuah magnet bergerak bebas, maka kedua kutubnya akan selalu menunjukan kutub utara dan kutub selatan
  • Gaya magnet dapat menembus suatu benda, seperti kertas, kaca, dan kain
  • Magnet dapat menarik benda yang tebuat dari logam, misalnya besi, baja, dan nikel
  • Magnet tidak dapat menarik benda selain logam, seperti almunium, kayu, plastik, dan lain-lain
  • Sifat kemagnetan suatu benda dapat hilang karena terbakar dan terjatuh

Cara Membuat Magnet Dan Gambarnya

Prinsip dasar membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur. Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk membuat magnet, yaitu dengan menggosok, induksi, dan mengalirkan arus listrik.

Baca Lainnya :  Ciri-Ciri Benda Padat Dan Contohnya

A. Membuat Magnet Dengan Cara Menggosok

cara+membuat+magnet
Menggosok

Pembuatan magnet dengan cara menggosok merupakan cara yang paling sederhana. Caranya yaitu dengan menggosokan benda ferromagnetik (besi, baja) dengan salah satu ujung magnet permanen.

Cara menggosoknya tidak boleh sembarangan, penggosokkan harus dilakukan secara searah dan berulang-ulang. Tujuannya adalah agar magnet elementer yang ada pada besi atau baja tersebut menjadi teratur dan mengarah ke satu arah.

Setelah beberapa waktu tertentu, besi atau baja yang digosok akan membentuk kutub-kutub magnet dan menghasilkan sifat kemagnetan. Dan akhirnya besi atau baja tersebut akan menjadi magnet yag dapat menarik benda magnetik lainnya.

Semakin lama gosokan yang dilakukan, maka sifat kemagnetannya pun semakin kuat. Akan tetapi, sifat kemagnetan yang terbentuk dengan cara menggosok ini hanya berlangsung sementara.

B. Membuat Magnet Dengan Cara Induksi

cara+membuat+magnet
Induksi

Membuat magnet dengan cara induksi adalah dengan meletakkan besi atau baja di dekat magnet permanen. Hal itu akan membuat magnet elementer di dalam besi atau baja menjadi teratur dan mengarah ke satu arah karena terinduksi gaya magnet.

Ujung besi atau baja yang berdekatan dengan kutub magnet, akan membentuk kutub yang berlawanan dengan kutub magnet penginduksi. Jika melakukannya dengan benar, maka besi atau baja yang didekatkan ke magnet akan berubah menjadi magnet, sehingga dapat menarik benda magnetik lainnya.

Baca Lainnya :  Akibat Revolusi Bumi Terhadap Matahari

Pembuatan magnet dengan cara induksi menghasilkan magnet yang bersifat sementara. Karena jika besi atau baja tersebut dilepaskan dari magnet, sifat kemagnetannya akan menghilang dan kembali seperti semula.

C. Membuat Magnet Dengan Arus Listrik

cara+membuat+magnet
Elektromagnetik

Magnet yang terbuat dengan mengalirkan arus listrik disebut dengan elektromagnetik. Membuat magnet dengan cara elektromagnetik dapat dilakukan dengan cara melilitkan kawat pada besi atau baja yang dihubungkan dengan arus listrik searah.

Dengan adanya pengaruh arus listrik searah, maka magnet elementer pada besi atau baja menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Sehingga, besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik benda magnetik lainnya yang berada di dekatnya.

Sifat kemagnetan benda elektromagnetik ini hanya berlangsung sementara. Karena jika arus listrik terputus, maka sifat kemagnetannya pun akan menghilang.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat magnet dan gambarnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top