Home » Macam-Macam Garis Dalam Gambar Dekoratif

Macam-Macam Garis Dalam Gambar Dekoratif

macam+macam+gambar+garis+dalam+gambar+dekoratif
Macam-Macam Garis Gambar Dekoratif

Macam-Macam Garis Dalam Gambar Dekoratif – Dalam dunia seni rupa, terdapat jenis gambar yang disebut dengan dekoratif. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian, unsur-unsur, dan macam-macam garis dalam gambar dekoratif.

Pengertian Gambar Dekoratif

Gambar dekoratif adalah gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata. Jenis gambar ini tidak ada kesan ruang, jarak, jauh dekat, mau pun unsur gelap terang.

Gambar dekoratif memiliki dua macam bentuk, yakini bentuk geometris dan stilasi. Bentuk geometris mencerminkan keteraturan. Contoh bentuk geometris seperti segitiga, segiempat, dan lingkaran. Sedangkan bentuk stilasi adalah bentuk yang telah dimodifikasi dengan berbagai gaya. Contoh bentuk stilasi seperti berbagai variasi bentuk flora, fauna, dan manusia.

Selain digunakan dalam seni rupa, gambar dekoratif biasanya digunakan untuk menghias berbagai macam bidang datar, seperti gambar dinding, hiasan keramik, motif batik, kain bordir, dan sulaman.

Unsur-Unsur Gambar Dekoratif

Dalam pembuatannya, kita harus mengetahui unsur-unsur yang ada di dalam gambar dekoratif. Diantara, unsur yang terdapat di dalam gambar dekoratif antara lain:

  • Titik, yaitu unsur gambar dekoratif yang memiliki ukuran paling kecil
  • Garis, yaitu unsur gambar dekoratif yang diperoleh dari gabungan antar titik
  • Bidang, yaitu unsur yang diperoleh dari pertemuan antara ujung-ujung garis
  • Bentuk, yaitu unsur yang diperoleh dari hasil penggabungan beberapa bidang. Contoh seperti bentuk lonjong, segi beraturan, dan lainnya
  • Warna, yaitu unsur pembentuk warna pada titik, garis, bentuk, dan bidang
  • Tekstur, yaitu wujud permukaan dari gambar dekoratif
Baca Lainnya :   Contoh Kata Tanya Kapan Dan Jawabannya

Macam-Macam Garis Dalam Gambar Dekoratif

Seperti yang disebutkan di atas bahwa garis merupakan salah satu unsur pembentuk gambar dekoratif. Dan berikut merupakan macam-macam jenis garis yang digunakan dalam gambar dekoratif.

1. Garis Lurus

Garis lurus adalah suatu garis yang berdiri tegak lurus dan membentuk pola tertentu. Garis lurus ini terdiri dari garis vertikal, garis horizontal dan garis diagonal.

2. Garis Lengkung

Garis lengkung adalah suatu garis yang memiliki pola melengkung. Garis lengkung ini terdiri dari tiga jenis, yaitu garis lengkung untuk kubah, garis lengkung untuk busur, garis lengkung mengapung.

3. Garis Majemuk

Garis majemuk adalah suatu garis yang bersifat majemuk. Contohnya seperti garis zig-zag yang awalnya merupakan garis lurus yang arahnya berbeda dan bersambung, garis S atau garis berombak yang merupakan garis lengkung bersambung.

4. Garis Gabungan

Garis gabungan adalah salah satu jenis yang terdiri dari gabungan beberapa garis lainnya. Mulai dari gabungan garis lurus, garis lengkung dan garis majemuk.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, unsur-unsur dan macam-macam garis dalam gambar dekoratif. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top