Home » Pendidikan » Unsur Utama dalam Gambar Dekoratif

Unsur Utama dalam Gambar Dekoratif

unsur+unsur+gambar+dekoratif
Unsur – Unsur Gambar Dekoratif

Unsur Utama dalam Gambar Dekoratif – Gambar dekoratif adalah karya seni rupa 2 dimensi berupa gambar bercorak hias yang telah digayakan. Karya seni rupa ini tidak begitu menonjolkan jarak, ruang dan perspektif, sehingga dalam perwujudannya tampak rata.

Fungsi gambar dekoratif adalah untuk memperindah suatu benda. Benda yang awalnya tampak biasa akan menjadi lebih indah jika dibentuk dengan berbagi motif. Motif gambar dekoratif ini sering dipakai sebagai penghias kain batik, keramik lantai dan dinding ruangan.

Dalam gambar dekoratif, terdapat beberapa unsur yang sangat mempengaruhi keindahannya. Unsur utama dalam gambar dekoratif adalah titik, garis dan bidang. Namun masih dapat dikembangkan lagi menjadi beberapa unsur lainnya. Adapun unsur dalam karya dekoratif yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Unsur-Unsur dalam Gambar Dekoratif

  • Titik

Titik adalah unsur paling kecil yang tidak mempunyai dimensi. Bentuk titik yang paling umum berupa bundaran sederhana. Namun, titik jika diperjelas lagi memiliki beraneka macam bentuk seperti bundaran, lonjong, tak bersudut, bujur sangkar, segitiga dan lain sebagianya.

  • Garis
Baca Lainnya :  Ciri-Ciri Benda Cair Dan Contohnya

Garis adalah suatu hasil goresan nyata atau batasan suatu benda, ruang dan warna. Garis terbentuk oleh sekumpulan titik yang tidak memiliki arah. Beberapa bentuk garis yang umum digunakan yaitu garis lurus, lengkung, dan bersudut.

  • Bidang

Bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, hanya memiliki dimensi pajang dan lebar (luas), mempunyai kedudukan dan arah serta dibatasi oleh garis. Umumnya disebut sebagai bentuk dua dimensi.

  • Bentuk

Bentuk adalah unsur yang diperoleh dari hasil penggabungan beberapa bidang. Dapat berukuran teratur maupun sembarang. Contoh seperti bentuk segi lima, segi enam dan segi beraturan lainnya.

  • Warna

Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya pada mata. Dalam karya dekoratif, warna merupakan salah satu unsur penting untuk menampakkan perbedaan antar bidang. Meskipun ada juga karya dekoratif yang tampak lebih bagus jika tidak berwarna.

  • Struktur
Baca Lainnya :  Cara Menggambar Kupu-Kupu Sederhana

Struktur adalah susunan atau hasil penggabungan antara tiga unsur dasar, yakni titik, garis, dan bidang. Ketiga unsur tersebut melahirkan wujud baru yang disebut karya seni dekoratif. Struktur suatu karya seni merupakan aspek yang menyangkut keseluruhan sebuah karya seni yang menunjukkan hubungan tertentu antara unsur-unsur yang tersusun. Jadi, struktur adalah unsur yang tidak bisa berdiri sendiri, karena terbentuk dari susunan yang menunjukkan hubungan antara unsur fisik yang satu dengan unsur fisik lainnya melalui penggabungan yang menerapkan prinsip-prinsip dasar penyusunan.

Nah, itulah unsur-unsur yang terdapat dalam karya seni dekoratif. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Scroll to Top