Home » Pendidikan » Pengertian Energi Dan Contoh Perubahan Energi

Pengertian Energi Dan Contoh Perubahan Energi

contoh+perubahan+energi
Contoh Perubahan Energi

Pengertian Energi Dan Contoh Perubahan Energi – Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali contoh perubahan energi yang terjadi tanpa kita sadari. Sebagai contoh ketika kita menyalakan kipas angin, maka terjadilah perubahan dari energi listrik menjadi energi gerak.

Nah, untuk contoh perubahan lainnya, simak pada pembahasan berikut ini mengenai pengertian energi, sifat-sifat energi, bentuk-bentuk energi, dan contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Energi

Pengertian energi adalah kemampuan dalam melakukan usaha, yakni dengan cara membuat sesuatu berpindah dari tempat semula ke tempat lain. Berdasarkan Satuan Internasional (SI), satuan energi adalah joule.

Energi berasal dari kata ergon (bahasa Yunani) yang berarti kerja. Dengan kata lain sama halnya dengan kita melakukan sebuah pekerjaan, yang tentunya menggunakan energi secara sadar ataupun tidak sadar.

Dalam ilmu fisika berdasarkan hukum kekekalan energi, energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, akan tetapi akan dapat diubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Perubahan energi terjadi karena energi memiliki sifat-sifat tertentu. Dan diantara sifat-sifat energi yaitu sebagai berikut.

Baca Juga :  Satuan Waktu Dan Cara Menghitung Soal Satuan Waktu

Sifat – Sifat Energi

Transformasi Energi

Transformasi energi adalah energi dapat diubah ke bentuk energi yang lain. Contohnya yaitu energi panas yang terjadi pada sistem pembakaran berubaha menjadi energi mekanik mesin.

Transfer Energi

Transfer energi adalah energi panas dari suatu tempat atau benda dapat di transferkan ke tempat atau benda lain. Contohnya yaitu ketika memasak air. Energi panas yang berasal dari api ditransferkan melalui panci, sehingga air akan menguap dan mendidih.

Perpindahan Energi

Energi dapat dipindahkan, yakni dari benda lain melalui suatu gaya yang menyebabkan pergeseran. Hal inilah yang sering disebut dengan energi mekanik.

Bentuk – Bentuk Energi

Energi memiliki beberapa macam bentuk, dan bentuk energi inilah yang dapat berubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Diantara bentuk-bentuk energi yaitu sebagai berikut.

Energi Mekanik

Energi mekanik adalah energi yang dihasilkan akibat dari sebuah usaha yang berkaitan dengan sebuah gerakan pada benda-benda tertentu.

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda berdasarkan kedudukannya terhadap sebuah acuan tertentu.

Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang tersimpan pada persenyawaan kimia uang berasal dari proses kimia yang terjadi. Besarnya jumlah energi kimia yang dihasilkan dapat dihitung berdasarkan jumlah dan jenis pereaksi pada suatu reaksi kimia tertentu. Contoh bentuk energi kimia yaitu baterai dan aki.

Energi Panas

Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari matahari. Bentuk energi ini juga sering disebut dengan energi kalor. Matahari merupakan sumber energi panas yang paling besar kapasitasnya. Hal itu dapat dinyatakan dari energi matahari yang mampu memenuhi kebutuhan seluruh makhluk hidup di dunia.

Energi Bunyi

Energi bunyi adalah bentuk energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian. Misalnya bunyi petir, bunyi gitar, bunyi petasan dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Contoh Bilangan Cacah Dan Opersi Perhitungannya

Energi Listrik

Energi listrik merupakan bentuk energi yang banyak digunakan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Energi listrik ini dapat diubah ke dalam bentuk energi lainnya, seperti energi gerak, energi panas, energi bunyi, dan bentuk-bentuk energi lainnya.

Energi Cahaya

Energi cahaya adalah bentuk energi yang dihasilkan oleh benda-benda yang dapat memancarkan cahaya. Cahaya merupakan energi yang berbentuke gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380 – 750 nm.

Energi Gerak

Energi gerak adalah energi yang dihasilkan suatu benda untuk bergerak. Sebagai contoh yaitu angin yang berhembus dan memutar baling-baling.

Contoh Perubahan Energi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Namun, energi dapat diubah bentuknya dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Dan berikut merupakan contoh-contoh perubahan energi yang ada di sekitar kita.

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas diantaranya yaitu penggunaan setrika, oven, kompor listrik, rice cooker, solder, hair dryer, dan microwave.

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Kimia

Contoh perubahan dari energi listrik menjadi energi kimia diantaranya yaitu alat pengisian aki atau accu dan charger batu baterai.

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi gerak diantaranya yaitu penggunakan kipas angin, penggunaan AC, mixer, dan blender.

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi bunyi diantaranya yaitu gitar listrik, radio listrik, dan televisi.

Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Panas

Contoh perubahan energi gerak menjadi energi panas diantaranya yaitu sepeda motor atau mobil yang dikendarai perjalanan jauh akan menjadi panas.

Perubahan Energi Cahaya Menjadi Energi Listrik

Contoh perubahan energi cahaya menjadi energi listrik diantaranya yaitu penggunaan teknologi penerangan menggunakan tenaga matahari.

Baca Juga :  Cara Menggambar Pantai Dan Gunung

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi cahaya diantaranya yaitu penggunaan lampu listrik di rumah.

Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi

Contoh perubahana energi gerak menjadi energi bunyi diantaranya yaitu memetik gitar, menabuh gendang, dan bertepuk tangan.

Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas

Contoh perubahan dari energi kimia menjadi energi panas diantaranya yaitu makanan yang dimakan akan menjadi panas atau kalor di dalam tubuh. Penggunaan kompor gas juga merupakan contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas yang juga menghasilkan energi cahaya berupa api.

Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Bunyi

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi bunyi diantaranya yaitu radio yang menggunakan baterai dan mainan anak-anak.

Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Cahaya

Contoh perubahan kimia menjadi energi cahaya diantaranya yaitu penggunaan senter, lampu petromaks, dan lilin yang menyala.

Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Listrik

Contoh perubahan energi gerak menjadi energi listrik diantaranya yaitu dinamo sepeda dan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Angin).

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian energi dan contoh perubahan energi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top